E. BAHASA ARAB
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menyadari
pentingnya kejujuran dan percaya diri sebagai anugerah Allah dalam
berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan madrasah
1.2 Meyakini adanya
motivasi internal (intrinsik) sebagai anugerah Allah untuk pengembangan
kemampuan berbahasa Arab
1.3 Mengamalkan
sikap amanah sebagai anugerah Allah untuk mempraktikkan bahasa Arab sebagai
bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji hazanah
keislaman
|
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1 Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan
lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah
2.2 Menunjukkan perilaku motivasi internal (intrinsik) untuk pengembangan
kemampuan berbahasa
2.3 Menunjukkan sikap
bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi
internasional dan pengantar dalam mengkaji hazanah keislaman
|
3. Memahami dan menerapkan
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
|
3.1 Memahami bunyi, makna, dan gagasan dari kata, frase, kalimat bahasa
Arab sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan topik :
التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة؛
baik secara lisan maupun tertulis
3.2 Memahami bunyi, makna, dan
gagasan dari kata, frase, kalimat bahasa Arab sesuai dengan struktur kalimat
yang berkaitan dengan topik :
المرافق والأدوات المدرسية
baik secara lisan maupun tertulis
3.3 Memahami bunyi, makna, dan gagasan dari kata, frase, kalimat bahasa
Arab sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan topik :
الألوان؛
baik secara lisan maupun tertulis
|
4. Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam
sudut pandang/teori.
|
4.1 Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan
dan tulisan sederhana tentang topik
التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة؛
dengan memperhatikan struktur teks dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.2 Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan
dan tulisan sederhana tentang topik
المرافق والأدوات المدرسية
dengan memperhatikan struktur teks dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.3 Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan
dan tulisan sederhana tentang topik
الألوان؛
dengan memperhatikan struktur teks dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
Tarkib:
|
المبتدأ (ضمائرمفردة)؛ إشارة مفردة + الخبر
(الصفة) والجهات؛ الضمائر
المفردة المتصلة
|
E.2.
KELAS: VII SEMESTER GENAP – B. ARAB
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menyadari
pentingnya kejujuran dan percaya diri sebagai anugerah Allah dalam
berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan madrasah
1.2 Meyakini adanya
motivasi internal (intrinsik) sebagai anugerah Allah untuk pengembangan
kemampuan berbahasa Arab
1.3 Mengamalkan
sikap amanah sebagai anugerah Allah untuk mempraktikkan bahasa Arab sebagai
bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji hazanah
keislaman
|
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1 Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan
lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah
2.2 Menunjukkan perilaku motivasi internal (intrinsik) untuk pengembangan
kemampuan berbahasa
2.3 Menunjukkan sikap
bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi
internasional dan pengantar dalam mengkaji hazanah keislaman
|
3. Memahami dan menerapkan
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
|
3.1 Memahami bunyi, makna, dan gagasan dari kata, frase, kalimat bahasa
Arab sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan topik :
العنوان
baik secara lisan maupun tertulis
3.2 Memahami bunyi, makna, dan gagasan dari kata, frase, kalimat
bahasa Arab sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan topik :
بيتي
baik secara lisan maupun tertulis
3.3 Memahami bunyi, makna, dan gagasan dari kata, frase, kalimat bahasa
Arab sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan topik :
من
يوميات الأسرة
baik secara lisan maupun tertulis
|
4. Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam
sudut pandang/teori.
|
4.1 Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan
dan tulisan sederhana tentang topik
العنوان ؛
dengan memperhatikan struktur teks dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.2 Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan
dan tulisan sederhana tentang topik
بيتي ؛
dengan memperhatikan struktur teks dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.3 Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan
dan tulisan sederhana tentang topik
من
يوميات الأسرة ؛
dengan memperhatikan struktur teks dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
Tarkib:
|
الأرقام 1 - 100؛ خبر مقدم
(الجهات ،
عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛
النعت المفرد؛ المبتدأ
(المفرد/نحن) +
الخبر (فعل
مضارع)
|
E.3. KELAS: VIII SEMESTER GANJIL B. ARAB
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menyadari
pentingnya kejujuran dan percaya diri sebagai anugerah Allah dalam
berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan madrasah
1.2 Meyakini adanya
motivasi internal (intrinsik) sebagai anugerah Allah untuk pengembangan
kemampuan berbahasa Arab
1.3 Mengamalkan
sikap amanah sebagai anugerah Allah untuk mempraktikkan bahasa Arab sebagai
bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji hazanah
keislaman
|
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1 Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan
lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah
2.2 Menunjukkan perilaku motivasi internal (intrinsik) untuk pengembangan
kemampuan berbahasa
2.3 Menunjukkan sikap bertanggung
jawab dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional
dan pengantar dalam mengkaji hazanah keislaman
|
3. Memahami dan menerapkan
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
|
3.1 Memahami bunyi, makna, dan gagasan dari kata, frase, kalimat bahasa
Arab sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan topik :
الساعة
baik secara lisan maupun tertulis
3.2 Memahami bunyi, makna, dan
gagasan dari kata, frase, kalimat bahasa Arab sesuai dengan struktur kalimat
yang berkaitan dengan topik :
يومياتنا في المدرسة
baik secara lisan maupun tertulis
3.3 Memahami bunyi, makna, dan gagasan dari kata, frase, kalimat bahasa
Arab sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan topik :
يومياتنا
في البيت
baik secara lisan maupun tertulis
|
4. Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam
sudut pandang/teori.
|
4.1 Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan
dan tulisan sederhana tentang topik
الساعة
dengan memperhatikan struktur teks dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.2 Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan
dan tulisan sederhana tentang topik
يومياتنا في المدرسة ؛
dengan memperhatikan struktur teks dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.3 Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan
dan tulisan sederhana tentang topik
يومياتنا
في البيت ؛
dengan memperhatikan struktur
teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
Tarkib:
|
أسئلة عن الساعة؛ الجملة
الاسمية؛ الجملة الفعلية والفاعل المفرد؛ المفعوليه؛
الجملة أنواع الجمع
|
E.4. KELAS: VIII SEMESTER GENAP B. ARAB
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menyadari
pentingnya kejujuran dan percaya diri sebagai anugerah Allah dalam
berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan madrasah
1.2 Meyakini adanya
motivasi internal (intrinsik) sebagai anugerah Allah untuk pengembangan
kemampuan berbahasa Arab
1.3 Mengamalkan
sikap amanah sebagai anugerah Allah untuk mempraktikkan bahasa Arab sebagai
bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji hazanah
keislaman
|
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1 Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan
lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah
2.2 Menunjukkan perilaku motivasi internal (intrinsik) untuk pengembangan
kemampuan berbahasa
2.3 Menunjukkan sikap
bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi
internasional dan pengantar dalam mengkaji hazanah keislaman
|
3. Memahami dan menerapkan
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
|
3.1 Memahami bunyi, makna, dan gagasan dari kata, frase, kalimat bahasa Arab
sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan topik :
المهنة والمهنيون الرياضيون
baik secara lisan maupun tertulis
3.2 Memahami bunyi, makna, dan gagasan dari kata, frase, kalimat
bahasa Arab sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan topik :
المهنة
الطبية
baik secara lisan maupun tertulis
3.3 Memahami bunyi, makna, dan gagasan dari kata, frase, kalimat bahasa
Arab sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan topik :
عيادة المرضى
baik secara lisan maupun tertulis
|
4. Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam
sudut pandang/teori.
|
4.1 Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan
dan tulisan sederhana tentang topik
المهنة والمهنيون الرياضيون
dengan memperhatikan struktur teks dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.2 Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan
dan tulisan sederhana tentang topik
المهنة
الطبية
dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan
yang benar dan sesuai konteks
4.3 Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan
dan tulisan sederhana tentang topik
عيادة المرضى
dengan memperhatikan struktur teks dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
Tarkib:
|
(أن–لن–لِـ) + فعل مضارع؛ المصدر الصريح؛ الفعل الماضي والجملة الفعلية
|
E.5. KELAS : IX SEMESTER GANJIL B. ARAB
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menyadari
pentingnya kejujuran dan percaya diri sebagai anugerah Allah dalam
berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan madrasah
1.2 Meyakini adanya
motivasi internal (intrinsik) sebagai anugerah Allah untuk pengembangan
kemampuan berbahasa Arab
1.3 Mengamalkan
sikap amanah sebagai anugerah Allah untuk mempraktikkan bahasa Arab sebagai
bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji hazanah
keislaman
|
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1 Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan
lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah
2.2 Menunjukkan perilaku motivasi internal (intrinsik) untuk pengembangan
kemampuan berbahasa
2.3 Menunjukkan sikap
bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi
internasional dan pengantar dalam mengkaji hazanah keislaman
|
3. Memahami dan menerapkan
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
|
3.1 Memahami bunyi, makna, dan gagasan dari kata, frase, kalimat bahasa
Arab sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan topik :
رأس
السنة الهجرية
baik secara lisan maupun tertulis
3.2 Memahami bunyi, makna, dan gagasan dari kata, frase, kalimat
bahasa Arab sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan topik :
الحفل
بمولد الرسول
baik secara lisan maupun tertulis
3.3 Memahami bunyi, makna, dan gagasan dari kata, frase, kalimat bahasa
Arab sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan topik :
نزول
القرآن والعيدان
baik secara lisan maupun tertulis
|
4. Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam
sudut pandang/teori.
|
4.1 Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan
dan tulisan sederhana tentang topik
رأس
السنة الهجرية
dengan memperhatikan struktur teks dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.2 Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan
dan tulisan sederhana tentang topik
الحفل
بمولد الرسول
dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan
yang benar dan sesuai konteks
4.3 Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan
dan tulisan sederhana tentang topik
نزول
القرآن والعيدان
dengan
memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
Tarkib:
|
(تصريف الفعل الماضي؛
كان واسمها وخبرها
المفرد؛ (لاالناهية،لم) + الفعل
المضارع؛ المجرد والمزيد
من الفعل الثلاثي
|
E.6. KELAS : IX SEMESTER GENAP B ARAB
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menyadari
pentingnya kejujuran dan percaya diri sebagai anugerah Allah dalam berkomunikasi
dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan madrasah
1.2 Meyakini adanya
motivasi internal (intrinsik) sebagai anugerah Allah untuk pengembangan
kemampuan berbahasa Arab
1.3 Mengamalkan
sikap amanah sebagai anugerah Allah untuk mempraktikkan bahasa Arab sebagai
bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji hazanah
keislaman
|
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1 Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan
lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah
2.2 Menunjukkan perilaku motivasi internal (intrinsik) untuk pengembangan
kemampuan berbahasa
2.3 Menunjukkan sikap
bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi
internasional dan pengantar dalam mengkaji hazanah keislaman
|
3. Memahami dan menerapkan
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
|
3.1 Memahami bunyi, makna, dan gagasan dari kata, frase, kalimat bahasa
Arab sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan topik :
جمال
الطبيعة
baik secara lisan maupun tertulis
3.2 Memahami bunyi, makna, dan gagasan dari kata, frase, kalimat
bahasa Arab sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan topik :
خالق
العالم
baik secara lisan maupun tertulis
3.3 Memahami bunyi, makna, dan gagasan dari kata, frase, kalimat bahasa
Arab sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan topik :
الحفاظ
على البيئة
baik secara lisan maupun tertulis
|
4. Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam
sudut pandang/teori.
|
4.1 Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan
dan tulisan sederhana tentang topik
رأس
السنة الهجرية
dengan memperhatikan struktur teks dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.2 Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan
dan tulisan sederhana tentang topik
الحفل
بمولد الرسول
dengan memperhatikan struktur teks dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.3 Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan
dan tulisan sederhana tentang topik
نزول
القرآن والعيدان
dengan
memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
Tarkib:
|
فعل الأمر
و تصريفه؛ الموصول
(الذي، التي، الذين،
اللاتي)؛ اسم التفضيل
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar