H. KOMPETENSI DASAR DAN KOMPETENSI INTI SENI BUDAYA
KELAS VII SENI
MUSIK
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
|
3.5 Memahami
konsep
latihan
peningkatan
derajat kebugaran
jasmani yang
terkait dengan
keterampilan
(kecepatan, kelincahan, keseimbanga, dan
koordinasi)
serta pengukuran
hasilnya
|
4.5 Mempraktikkan latihan
peningkatan
derajat kebugaran
jasmani yang
terkait dengan
keterampilan
(kecepatan, kelincahan, keseimbanga, dan
koordinasi)
serta pengukuran
hasilnya
|
|
3.6 Memahami kombinasi keterampilan
berbentuk rangkaian gerak sederhana dalam aktivitas spesifik senam lantai
|
4.6 Mempraktikkan kombinasi
keterampilan berbentuk
rangkaian gerak
sederhana dalam aktivitas spesifik senam lantai
|
|
3.7
Memahami variasi dan
kombinasi gerak
berbentuk rangkaian
langkah
dan ayunan lengan
mengikuti irama
(ketukan) tanpa/dengan musik
sebagai
pembentuk gerak
pemanasan
dan inti latihan
dalam aktivitas gerak
berirama
|
4.7
Mempraktikkan
prosedur variasi
dan kombinasi gerak
berbentuk
rangkaian langkah
dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik sebagai
pembentuk
gerak pemanasan
dan inti latihan
dalam aktivitas
gerak berirama
|
|
3.8 Memahami
gerak spesifik salah
satu gaya renang dalam permainan
air
dengan
atau tanpa alat ***)
|
4.8 Mempraktikkan gerak spesifik
salah satu gaya renang dalam permainan
air dengan atau tanpa alat
***)
|
|
3.9 Memahami perlunya
pencegahan
terhadap “bahaya pergaulan
bebas”
|
4.9 Memaparkan perlunya pencegahan
terhadap “bahaya pergaulan
bebas”
|
|
3.10 Memahami cara menjaga
keselamatan
diri
dan orang lain
di jalan raya
|
4.10 Memaparkan cara menjaga
keselamatan
diri
dan orang lain
di jalan raya
|
|
3. memahami
pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu
pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata
|
4. mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari
di sekolah dan
sumber lain
yang sama dalam sudut pandang/teori
|
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
|
3.1
memahami konsep dasar bernyanyi
satu suara secara berkelompok dalam bentuk
unisono
|
4.1
menyanyikan lagu
dengan satu suara secara berkelompok dalam
bentuk unisono
|
|
3.2
memahami dasar bernyanyi
dengan
dua suara atau
lebih
secara berkelompok
|
4.2 menyanyikan lagu
dengan dua
suara atau lebih dalam bentuk
kelompok vokal
|
|
3.3
memahami
konsep dasar permainan alat
musik sederhana
secara perorangan
|
4.3
memainkan
alat musik sederhana secara perorangan
|
|
3.4 memahami
konsep
dasar ansamble
musik.
|
4.4
memainkan
ansamble
musik sejenis
dan campuran.
|
KELAS VII SENI
TARI
|
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
|
3. memahami
pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu
pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata
|
4. mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari
di sekolah dan
sumber lain
yang sama dalam sudut pandang/teori
|
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
|
3.1
memahami gerak
tari berdasarkan unsur ruang waktu
dan tenaga
|
4.1 memeragakan
gerak tari berdasarkan unsur ruang
waktu dan tenaga
|
|
3.2
memahami gerak
tari berdasarkan ruang
waktu dan tenaga sesuai iringan
|
4.2
memeragakan
gerak tari berdasarkan
ruang waktu
dan tenaga sesuai
iringan
|
|
3.3 memahami gerak tari
sesuai dengan level
dan pola lantai
|
4.3
memeragakan
gerak tari sesuai dengan level
dan pola lantai
|
|
3.4 memahami gerak tari
sesuai level,
dan pola lantai
sesuai iringan
|
4.4
memeragakan
gerak tari berdasarkan level
dan pola lantai
sesuai iringan
|
KELAS VII SENI
TEATER
|
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
|
3. memahami
pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu
pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata
|
4. mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari
di sekolah dan
sumber lain
yang sama dalam sudut pandang/teori
|
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
|
3.1 memahami konsep, teknik dan
prosedur dasar seni
peran untuk pementasan
fragmen
|
4.1
emeragakan adegan fragmen
sesuai
konsep, teknik dan
prosedur
seni peran
|
|
3.2 memahami
teknik menyusun
naskah fragmen
|
4.2 menyusun naskah sesuai
kaidah pementasan fragmen
|
|
3.3
memahami perancangan pementasan
fragmen sesuai
konsep, teknik dan
prosedur
|
4.3
merancang pementasan fragmen
sesuai
konsep, teknik dan
prosedur
|
|
3.4
memahami pementasan
fragmen sesuai konsep, teknik, dan
prosedur
|
4.4
mementaskan fragmen sesuai
konsep, teknik, dan prosedur
|
KELAS VIII
SENI RUPA
|
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
|
3. memahami
dan menerapkan
pengetahuan
(faktual, konseptual,
dan prosedural)
berdasarkan
rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
|
4. mengolah, menyaji, dan menalar
dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan
membuat)
dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan
mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari
di sekolah dan
sumber lain
yang sama dalam sudut pandang/teori
|
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
|
3.1 memahami unsur, prinsip, teknik, dan
prosedur menggambar
menggunakan model dengan berbagai bahan
|
4.1 menggambar menggunakan
model dengan berbagai
bahan dan teknik
berdasarkan pengamatan
|
|
3.2
memahami prosedur menggambar illustrasi
dengan teknik manual
atau digital
|
4.2 menggambar illustrasi dengan teknik manual
atau digital
|
|
3.3
memahami prosedur menggambar poster dengan berbagai
teknik
|
4.3 membuat poster dengan
berbagai
bahan dan teknik
|
|
3.4
memahami prosedur menggambar komik
dengan berbagai
teknik
|
4.4 menggambar komik
dengan berbagai teknik
|
SENI MUSIK KELAS
VIII
|
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
|
3. memahami
dan menerapkan
pengetahuan
(faktual, konseptual,
dan prosedural)
berdasarkan
rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
|
4. mengolah, menyaji, dan menalar
dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari
di sekolah dan
sumber lain
yang sama dalam sudut pandang/teori
|
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
|
3.1 memahami
teknik dan gaya menyanyi lagu-lagu
daerah
|
4.1 menyanyikan lagu-lagu daerah
yang sesuai
dengan teknik dan
gayanya sesuai dialektika atau
intonasi kedaerahan
|
|
3.2
memahami teknik
dan gaya lagu daerah
dengan dua suara atau lebih secara berkelompok
|
4.2
menyanyikan lagu-lagu daerah
dengan dua suara atau
lebih
secara berkelompok
|
|
3.3
memahami teknik permainan
salah satu alat musik tradisional
secara perorangan
|
4.3
memainkan
salah satu alat
musik
tradisional
secara perorangan
|
|
3.4
memahami teknik
permainan
alat-
alat musik
tradisional secara
berkelompok
|
4.4
memainkan
alat-alat musik tradisional
secara berkelompok
|
SENI TEATER
KELAS VIII
|
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
|
3. memahami
dan menerapkan
pengetahuan
(faktual, konseptual,
dan prosedural)
berdasarkan
rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
|
4. mengolah, menyaji, dan menalar
dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat)
dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan
mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari
di sekolah dan
sumber lain
yang sama dalam sudut pandang/teori
|
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
|
3.1 memahami konsep, teknik dan
prosedur dasar seni peran sesuai kaidah
pementasan pantomim
|
4.1
meragakan gerak
pantomim sesuai konsep, teknik, dan
prosedur seni
peran
|
|
3.2
memahami teknik
menyusun
naskah sesuai kaidah pementasan
pantomim
|
4.2 menyusun naskah
sesuai
kaidah pementasan pantomim
|
|
3.3
memahami
perancangan pementasan
pantomim sesuai konsep, teknik
dan prosedur
|
4.3
merancang pementasan pantomim sesuai
konsep, teknik dan
prosedur
|
|
3.4
memahami pementasan
pantomim sesuai
konsep, teknik, dan
prosedur
|
4.4
mementaskan pantomim sesuai konsep, teknik, dan
prosedur
|
KELAS
IX : SENI BUDAYA
|
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
|
3. memahami dan
menerapkan pengetahuan
(faktual, konseptual,
dan prosedural)
berdasarkan
rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
|
4. mengolah, menyaji, dan
menalar
dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan
mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari
di sekolah dan
sumber lain
yang sama dalam sudut pandang/teori
|
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
|
3.1
memahami unsur, prinsip, teknik,
dan prosedur berkarya seni
lukis
dengan berbagai
bahan
|
4.1 membuat karya seni lukis
dengan
berbagai
bahan dan teknik
|
|
3.2 memahami prosedur berkarya
seni patung dengan berbagai bahan dan
teknik
|
4.2 membuat karya seni
patung
dengan
berbagai
bahan dan teknik
|
|
3.3 memahami prosedur berkarya
seni grafis
dengan
berbagai bahan
dan teknik
|
4.3 membuat karya seni grafis
dengan berbagai bahan dan
teknik
|
|
3.4
memahami prosedur penyelenggaraan
pameran karya seni
rupa
|
4.4
menyelenggarakan pameran
seni
rupa
|
SENI
MUSIK IX
|
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
|
3. memahami dan
menerapkan pengetahuan
(faktual, konseptual,
dan prosedural)
berdasarkan
rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
|
4. mengolah, menyaji, dan
menalar
dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari
di sekolah dan
sumber lain
yang sama dalam sudut pandang/teori
|
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
|
3.1
memahami teknik
pengembangan
ornamentasi
melodis
dan
ritmis
lagu
dalam bentuk
vokal solo/tunggal
|
4.1 mengembangkan
ornamentasi
ritmis
maupun
melodis
lagu dalam
bentuk vokal solo/tunggal
|
|
3.2 memahami teknik
pengembangan
ornamentasi
ritmis
maupun melodis lagu dalam bentuk kelompok vokal
|
4.2 mengembangkan
ornamentasi
ritmis
maupun melodis
lagu
dalam bentuk kelompok
vokal
|
|
3.3 memahami konsep, bentuk, dan
ciri-ciri
musik populer
|
4.3
memainkan
karya-karya musik populer dengan vokal dan
atau alat
musik secara individual
|
|
3.4 memahami pertunjukan
musik populer
|
4.4 menampilkan hasil
pengembangan ornamentasi ritmis maupun
melodis musik populer dalam
bentuk ansambel
|
SENI TARI IX
|
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
|
3. memahami dan
menerapkan pengetahuan
(faktual, konseptual,
dan prosedural)
berdasarkan
rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
|
4. mengolah, menyaji, dan
menalar
dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan
mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari
di sekolah dan
sumber lain
yang sama dalam sudut pandang/teori
|
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
|
3.1 memahami keunikan gerak
tari kreasi
berdasarkan unsur pendukung tari
|
4.1 memeragakan
keunikan gerak
tari kreasi
berdasarkan unsur pendukung tari
|
|
3.2 memahami tari kreasi dengan
menggunakan unsur pendukung tari
sesuai
iringan
|
4.2 memeragakan
tari kreasi dengan
menggunakan unsur pendukung tari
sesuai
iringan
|
|
3.3
memahami penerapan pola lantai dan
unsur pendukung gerak tari
kreasi
|
4.3 memeragakan
cara menerapkan
gerak tari
kreasi berdasarkan pola
lantai dengan
menggunakan unsur
pendukung tari
|
|
3.4
memahami penerapan pola lantai tari
kreasi berdasarkan unsur
pendukung tari
sesuai iringan
|
4.4 memeragakan
tari kreasi berdasarkan
pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari
sesuai
iringan
|
SENI TEATER IX
|
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
|||
|
3. memahami dan
menerapkan pengetahuan
(faktual, konseptual,
dan prosedural)
berdasarkan
rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
|
4. mengolah, menyaji, dan
menalar
dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan
mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari
di sekolah dan
sumber lain
yang sama dalam sudut pandang/teori
|
|||
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
|||
|
3.1
memahami
konsep, teknik dan
prosedur dasar seni
peran sesuai kaidah
pementasan drama musikal dan
atau operet
|
4.1
memeragakan
adegan drama
musikal
dan/atau operet sesuai
konsep, teknik dan
prosedur seni
peran
|
|||
|
3.2
memahami teknik
menyusun
naskah sesuai kaidah pementasan drama musikal dan
atau operet
|
4.2
menyusun naskah sesuai
kaidah pementasan drama musikal
dan/atau operet
|
|||
|
3.3
memahami perancangan pementasan
drama musikal
dan atau operet sesuai konsep, teknik, dan
prosedur
|
4.3
merancang pementasan drama
musikal
dan atau operet
sesuai konsep, teknik, dan
prosedur
|
|||
|
3.4
memahami pementasan
drama musikal
dan atau operet
sesuai konsep, teknik
dan prosedur
|
4.4
mementaskan drama
musikal
dan/atau operet
sesuai konsep,
teknik, dan
prosedur
|
|||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar