Rabu, 08 April 2020

KI KD SENI BUDAYA MTS KELAS 7 8 9 TAHUN 2020

SENI BUDAYA MTS KELAS 7 8 9 TAHUN 2020

H. KOMPETENSI DASAR DAN KOMPETENSI INTI SENI BUDAYA

KELAS VII SENI MUSIK


KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR
3.5    Memahami konsep latihan peningkatan derajat kebugaran
jasmani yang terkait dengan keterampilan (kecepatan, kelincahan, keseimbanga, dan koordinasi) serta pengukuran hasilnya
4.5    Mempraktikkan latihan peningkatan derajat kebugaran
jasmani yang terkait dengan keterampilan (kecepatan, kelincahan, keseimbanga, dan koordinasi) serta pengukuran hasilnya
3.6    Memahami kombinasi keterampilan
berbentuk rangkaian gerak sederhana dalam aktivitas spesifik senam lantai
4.6    Mempraktikkan kombinasi
keterampilan berbentuk rangkaian gerak sederhana dalam aktivitas spesifik senam lantai
3.7    Memahami variasi dan kombinasi gerak berbentuk rangkaian langkah
dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik sebagai pembentuk gerak pemanasan dan inti latihan dalam aktivitas gerak berirama
4.7    Mempraktikkan prosedur variasi dan kombinasi gerak berbentuk
rangkaian langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik sebagai pembentuk gerak pemanasan dan inti latihan dalam aktivitas gerak berirama
3.8    Memahami gerak spesifik salah satu gaya renang dalam permainan air
dengan atau tanpa alat ***)
4.8    Mempraktikkan gerak spesifik salah satu gaya renang dalam permainan
air dengan atau tanpa alat ***)
3.9    Memahami perlunya pencegahan
terhadap “bahaya pergaulan bebas”
4.9    Memaparkan  perlunya pencegahan
terhadap “bahaya pergaulan bebas”
3.10  Memahami cara menjaga
keselamatan diri dan orang lain di jalan raya
4.10  Memaparkan cara menjaga
keselamatan diri dan orang lain di jalan raya

3.        memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.        mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR
3.1    memahami konsep dasar bernyanyi satu suara secara berkelompok dalam bentuk unisono
4.1    menyanyikan lagu dengan satu suara secara berkelompok dalam bentuk unisono
3.2    memahami dasar bernyanyi dengan dua suara atau lebih secara berkelompok
4.2    menyanyikan lagu dengan dua suara atau lebih dalam bentuk kelompok vokal
3.3    memahami  konsep dasar permainan alat musik sederhana secara perorangan

4.3    memainkan alat musik sederhana secara perorangan

3.4    memahami konsep dasar ansamble musik.

4.4    memainkan ansamble musik sejenis dan campuran.


KELAS VII SENI TARI

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3.        memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.        mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR

3.1    memahami gerak tari berdasarkan unsur ruang waktu dan tenaga

4.1    memeragakan gerak tari berdasarkan unsur ruang waktu dan tenaga
3.2    memahami gerak tari  berdasarkan ruang waktu dan tenaga sesuai iringan
4.2    memeragakan gerak tari berdasarkan ruang waktu dan tenaga sesuai iringan

3.3    memahami gerak tari sesuai dengan level dan pola lantai

4.3    memeragakan gerak tari sesuai dengan level dan pola lantai

3.4    memahami gerak tari sesuai level, dan pola lantai  sesuai iringan

4.4    memeragakan gerak tari berdasarkan level dan pola lantai sesuai iringan










KELAS VII SENI TEATER

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)

3.        memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

4.        mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR

3.1    memahami konsep, teknik dan prosedur dasar seni peran untuk pementasan fragmen

4.1    emeragakan adegan fragmen
sesuai konsep, teknik dan prosedur
seni peran

3.2    memahami teknik menyusun naskah fragmen

4.2    menyusun naskah sesuai kaidah pementasan fragmen

3.3    memahami perancangan pementasan fragmen sesuai konsep, teknik dan prosedur

4.3    merancang pementasan fragmen sesuai  konsep, teknik dan prosedur

3.4    memahami pementasan fragmen sesuai konsep, teknik, dan prosedur

4.4    mementaskan fragmen sesuai konsep, teknik, dan prosedur

KELAS VIII
SENI RUPA


KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)

3.        memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

4.        mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR

3.1    memahami unsur, prinsip, teknik, dan prosedur menggambar menggunakan model dengan berbagai bahan

4.1    menggambar menggunakan model dengan berbagai bahan dan teknik berdasarkan pengamatan

3.2    memahami prosedur menggambar illustrasi dengan teknik manual atau digital

4.2    menggambar illustrasi dengan teknik manual atau digital

3.3    memahami prosedur menggambar poster dengan berbagai teknik

4.3    membuat poster dengan berbagai bahan dan teknik

3.4    memahami prosedur menggambar komik dengan berbagai teknik

4.4    menggambar komik dengan berbagai teknik

SENI MUSIK KELAS VIII

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)

3.        memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

4.        mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR

3.1    memahami teknik dan gaya menyanyi lagu-lagu daerah

4.1    menyanyikan lagu-lagu daerah yang sesuai dengan teknik dan gayanya sesuai dialektika atau intonasi kedaerahan

3.2    memahami teknik dan gaya lagu daerah dengan dua suara atau lebih secara berkelompok

4.2    menyanyikan lagu-lagu daerah dengan dua suara atau lebih secara berkelompok

3.3    memahami teknik permainan salah satu alat musik tradisional secara perorangan

4.3    memainkan salah satu alat musik tradisional secara perorangan

3.4    memahami teknik permainan alat- alat musik tradisional secara berkelompok

4.4    memainkan alat-alat musik tradisional secara berkelompok

SENI TEATER KELAS VIII

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)

3.        memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

4.        mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR

3.1  memahami konsep, teknik dan prosedur dasar  seni peran sesuai kaidah pementasan pantomim

4.1    meragakan gerak pantomim sesuai konsep, teknik, dan prosedur seni peran

3.2    memahami teknik menyusun naskah sesuai kaidah pementasan pantomim

4.2    menyusun naskah sesuai kaidah pementasan pantomim

3.3    memahami  perancangan pementasan pantomim sesuai konsep, teknik dan prosedur

4.3    merancang pementasan pantomim sesuai konsep, teknik dan prosedur

3.4    memahami pementasan pantomim sesuai konsep, teknik, dan prosedur

4.4    mementaskan pantomim sesuai konsep, teknik, dan prosedur

            KELAS IX : SENI BUDAYA

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)

3.       memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

4.      mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR

3.1    memahami unsur, prinsip, teknik, dan prosedur berkarya seni lukis dengan berbagai bahan

4.1    membuat karya seni lukis dengan berbagai bahan dan teknik

3.2    memahami prosedur berkarya seni patung dengan berbagai bahan dan teknik

4.2    membuat karya seni patung dengan berbagai bahan dan teknik

3.3    memahami prosedur berkarya seni grafis dengan berbagai bahan dan teknik

4.3    membuat karya seni grafis dengan berbagai bahan dan teknik

3.4    memahami prosedur penyelenggaraan pameran karya seni rupa

4.4    menyelenggarakan pameran seni rupa
            SENI MUSIK IX

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)

3.       memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

4.      mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR

3.1    memahami teknik pengembangan ornamentasi melodis dan ritmis lagu dalam bentuk vokal solo/tunggal

4.1    mengembangkan ornamentasi ritmis  maupun melodis lagu dalam bentuk vokal solo/tunggal

3.2    memahami teknik pengembangan ornamentasi ritmis maupun melodis lagu dalam bentuk kelompok vokal

4.2    mengembangkan ornamentasi ritmis maupun melodis lagu dalam bentuk kelompok vokal

3.3    memahami konsep, bentuk, dan ciri-ciri musik populer

4.3    memainkan karya-karya musik populer dengan vokal dan atau alat musik secara individual

3.4    memahami pertunjukan musik populer

4.4    menampilkan hasil pengembangan ornamentasi ritmis maupun melodis musik populer dalam bentuk ansambel
           






SENI TARI IX

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)

3.       memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

4.      mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR

3.1    memahami keunikan gerak tari kreasi berdasarkan unsur pendukung tari

4.1    memeragakan keunikan gerak tari kreasi berdasarkan unsur pendukung tari

3.2    memahami tari kreasi dengan menggunakan unsur pendukung tari sesuai iringan

4.2    memeragakan tari kreasi dengan menggunakan unsur pendukung tari sesuai iringan

3.3    memahami penerapan pola lantai dan unsur pendukung gerak tari kreasi

4.3    memeragakan cara menerapkan gerak tari kreasi berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari

3.4    memahami penerapan pola lantai tari kreasi berdasarkan unsur pendukung tari sesuai iringan

4.4    memeragakan tari kreasi berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari sesuai iringan











SENI TEATER IX

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)

3.       memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

4.      mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR

3.1    memahami  konsep, teknik dan prosedur dasar seni peran sesuai kaidah pementasan drama musikal dan atau operet

4.1    memeragakan adegan drama musikal dan/atau operet sesuai konsep, teknik dan prosedur seni peran

3.2    memahami teknik menyusun naskah sesuai kaidah pementasan drama musikal dan atau operet

4.2    menyusun naskah sesuai kaidah pementasan drama musikal dan/atau operet

3.3    memahami perancangan pementasan drama musikal dan atau operet sesuai konsep, teknik, dan prosedur
4.3    merancang pementasan drama musikal dan atau operet sesuai konsep, teknik, dan prosedur


3.4    memahami pementasan drama musikal dan atau operet sesuai konsep, teknik dan prosedur
4.4    mementaskan drama musikal dan/atau operet sesuai konsep, teknik, dan prosedur















Tidak ada komentar:

Posting Komentar