A.
FIKIH
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1. Meyakini pentingnya bersuci dari hadas dan najis
1.2. Menghayati hikmah dari ketentuan salat lima waktu
1.3. Menghayati hikmah dari ketentuan waktu salat lima waktu
1.4. Menghayati makna azan dan ikamah
1.5. Meyakini hikmah salat berjamaah
1.6. Meyakini pentingnya sujud sahwi
1.7. Meyakini manfaat zikir dan doa
|
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri,
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1
Membiasakan diri berperilaku bersih sebagai implementasi dari pemahaman
tentang tata cara bersuci
2.2
Membiasakan diri berperilaku tertib dan disiplin sebagai implementasi
dari pemahaman tentang salat lima waktu
2.3
Membiasakan berperilaku disiplin dan tepat waktu sebagai implementasi
dari pemahaman tentang waktu-waktu salat fardlu
2.4
Membiasakan diri berperilaku peduli sebagai implementasi dari pemahaman
tentang azan dan ikamah
2.5
Membiasakan sikap kebersamaan dan kekeluargaan sebagai implementasi
dari pemahaman tentang salat berjamaah
2.6
Membiasakan diri berperilaku taat dan tanggungjawab sebagai
implementasi dari pemahaman tentang ketentuan sujud sahwi.
2.7
Membiasakan diri berperilaku santun dan percaya diri sebagai
implementasi dari pemahaman tentang zikir dan doa setelah salat
|
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1
Memahami hadas
dan najis dan tata cara menyucikanya
3.2
Memahami ketentuan
salat lima waktu
3.3
Memahami
waktu-waktu salat lima waktu
3.4
Memahami
ketentuan azan dan ikamah
3.5
Menganalisis
ketentuan salat berjamaah
3.6
Memahami
ketentuan sujud sahwi
3.7
Memahami tatacara berzikir dan berdoa setelah salat
|
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori
|
4.1
Mendemonstrasikan tata cara bersuci dari hadas dan najis
4.2
Mempraktikkan
salat lima waktu
4.3
Menpresentasikan
penentuan waktu salat lima waktu
4.4
Mempraktikkan
azan dan ikamah
4.5
Mendemonstrasikan
tata cara salat berjamaah
4.6
Memperagakan
sujud sahwi
4.7
Mendemonstrasikan zikir dan berdoa setelah salat
|
C.2. KELAS VII SEMESTER GENAP - FIQIH
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Meyakini kewajiban melaksanakan
salat Jum’at
1.2
Menghayati hikmah dari ketentuan
salat Jamak dan Qasar
1.3
Menghayati
hikmah dari ketentuan salat dalam berbagai keadaan
1.4
Menghayati hikmah dari salat
sunah
|
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan
dan keberadaannya
|
2.1
Membiasakan diri berperilaku
disiplin sebagai implementasi dari pemahaman tentang ketentuan salat Jum’at
2.2
Membiasakan diri berperilaku
tanggungjawab sebagai implementasi dari pemahaman tentang ketentuan salat
Jamak dan Qasar
2.3
Membiasakan diri berperilaku
tertib sebagai implementasi dari pemahaman tentang kaifiat salat wajib dalam
berbagai keadaan
2.4
Membiasakan diri berperilaku
memiliki semangat dalam melakukan kebaikan sebagai implementasi dari
pemahaman tentang salat sunah
|
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1
Memahami
ketentuan salat Jum’at
3.2
Memahami
ketentuan salat Jamak dan Qasar
3.3
Memahami
kaifiat salat dalam berbagai keadaan
3.4
Memahami
salat sunah muakkad dan shalat
sunah gairu muakkad
|
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
4.1
Mempraktikkan
salat Jum’at
4.2
Mempraktikan
salat Jamak dan Qasar
4.3
Memperagakan
salat dalam keadaan sakit
4.4
Memsimulasikan
salat sunah muakkad dan salat sunah gairu muakkad
|
C.3.
KELAS VIII SEMESTER GANJIL - FIQIH
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya
|
1.1
Meyakini hikmah bersukur
1.2
Menghayati hikmah sujud tilawah
1.3
Menghayati hikmah ibadah puasa
1.4
Menghayati hikmah zakat
|
2.
Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,
percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1
Membiasakan sikap bersyukur kepada Allah Swt,. sebagai
implementasi dari pemahaman tentang sujud syukur
2.2
Membiasakan perilaku taat dan patuh sebagai implementasi dari pemahaman
tentang sujud tilawah
2.3
Memiliki sikap empati dan simpati sebagai
implementasi dari pemahaman tentang hikmah puasa
2.4
Membiasakan sikap dermawan sebagai implementasi
dari pemahaman tentang hikmah zakat
|
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1
Memahami
ketentuan sujud syukur
3.2
Memahami
ketentuan sujud tilawah
3.3
Menganalisis
ketentuan ibadah puasa
3.4
Menganalisis
ketentuan pelaksanaan zakat
|
4. Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
4.1
Memperagakan
tata cara sujud syukur
4.2
Memperagakan
tata cara sujud tilawah
4.3
Mensimulasikan
tatacara melaksanakan puasa
4.4
Mendemonstrasikan pelaksanaan zakat
|
C.4.
KELAS VIII SEMESTER GENAP - FIQIH
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Menghayati
nilai-nilai ibadah haji dan umrah
1.2
Menyakini hikmah
bersedekah, hibah, dan memberikan hadiah
1.3
Meyakini manfaat
mengonsumsi makanan yang palwlan hayyiban
|
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan
dan keberadaannya
|
2.1
Membiasakan
sikap tanggungjawab sebagai implementasi dari pemahaman tentang ibadah haji
dan umrah
2.2
Membiasakan
sikap peduli sebagai implementasi dari pemahaman tentang sedekah, hibah, dan
hadiah
2.3
Membiasakan sikap selektif dan hati-hati sebagai implementasi dari
pemahaman tentang makanan dan minuman yang halal dan baik
|
3.
Memahami dan
menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1
Memahami tata cara melaksanakan
haji dan umrah
3.2
Memahami ketentuan sedekah, hibah, dan hadiah
3.3
Menganalisis ketentuan
halal-haram makanan dan minuman
|
4.
Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam
sudut pandang/teori
|
4.1
Mendemonstrasikan tata cara haji dan umrah
4.2
Mensimulasikan
tata cara sedekah, hibah, dan hadiah
4.3
Membuat peta konsep mengenai ketentuan makanan dan minuman yang halal
dan baik
|
C.5.
KELAS IX SEMESTER GANJIL - FIQIH
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Menghayati nilai-nilai dari ketentuan menyembelih binatang
1.2
Meyakini
perintah berkurban dan akikah
1.3
Menghayati ketentuan jual beli dan qirad
1.4
Menyadari manfaat dan hikmah larangan riba dalam jual beli
|
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri,
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1
Membiasakan sikap selektif dan hati-hati sebagai implementasi dari
pemahaman ketentuan menyembelih binatang menurut syariat Islam.
2.2
Membiasakan sikap dermawan sebagai implementasi dari pemahaman
ketentuan kurban dan akikah
2.3
Membiasakan sikap jujur sebagai implementasi dari pemahaman ketentuan
jual beli dan qirad
2.4
Membiasakan sikap tanggung jawab sebagai implementasi dari pemahaman
riba
|
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata
|
3.1
Memahami ketentuan menyembelih binatang
3.2
Memahami ketentuan kurban dan akikah
3.3
Memahami ketentuan jual beli dan qirad
3.4
Menganalisis larangan riba
|
4.
Mengolah,menyaji, dan menalar dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat)
dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam
sudut pandang/teori
|
4.1
Mendemonstrasikan tata cara menyembelih binatang
4.2
Menyajikan contoh tata cara pelaksanaan kurban akikah
4.3
Mempraktikkan pelaksanaan jual beli dan qirad
4.4
Menyajikan tata cara menghidari riba
|
C.6.
Kelas IX Semester Genap - FIQIH
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Menghayati
hikmah ketentuan pinjam meminjam
1.2
Menghayati
hikmah ketentuan hutang piutang
1.3
Menghayati
hikmah ketentuan gadai
1.4
Menyadari
pentingnya pemberian upah
1.5
Menghayati
hikmah ketentuan perawatan jenazah
1.6
Meyakini nilai
keadilan dalam waris
|
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan
dan keberadaannya
|
2.1
Membiasakan
sikap peduli sebagai implementasi dari pemahaman tentang ketentuan
pinjam-meminjam,
2.2
Membiasakan
sikap tanggungjawab sebagai implementasi dari pemahaman tentang ketentuan
hutang-piutang
2.3
Membiasakan sikap selektif dan hati-hati sebagai implementasi dari
pemahaman tentang ketentuan gadai
2.4
Membiasakan sikap amanah sebagai implementasi dari pemahaman tentang
ketentuan upah
2.5
Membiasakan sikap peduli sebagai implementasi dari pemahaman tentang
pengurusan jenazah
2.6
Membiasakan
sikap adil terhadap sesama sebagai implementasi dari pemahaman tentang
ketentuan waris
|
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1
Memahami
ketentuan pinjam- meminjam
3.2
Memahami
ketentuan hutang-piutang
3.3
Menganalisis
ketentuan gadai
3.4
Menjelaskan
ketentuan upah
3.5
Memahami ketentuan
pengurusan jenazah, (memandikan, mengkafani, menyalati, menguburkan)
3.6
Memahami
ketentuan waris
|
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
4.1
Mendemonstrasikan
pelaksanaan pinjam-meminjam
4.2
Mendemonstrasikan
tata cara pelaksanaan hutang-piutang
4.3
Mensimulasikan
tata cara gadai
4.4
Mensimulasikan
tata cara pelaksanaan pemberian upah
4.5
Mendemonstrasikan
tata cara merawat jenazah
4.6
Mensimulasikan
tata cara pembagian waris
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar