E.
KOMPETENSI INTI DAN KOMPTENSI
DASAR ILMU PENGETAHUAN ALAM
KELAS: VII
Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi,
yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan
(4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran
intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu
“Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan
Kompetensi Sikap Sosial yaitu “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, dan percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui
pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu
keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik
mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap
dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai
pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi
Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.
|
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
|
|
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata
|
4. Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
|
3.1 Menerapkan konsep pengukuran berbagai
besaran dengan
menggunakan satuan
standar (baku)
|
4.1 Menyajikan data hasil pengukuran dengan
alat ukur yang sesuai pada diri sendiri, makhluk hidup lain, dan benda-benda
di sekitar dengan menggunakan satuan tak baku dan satuan baku
|
|
3.2 Mengklasifikasikan makhluk
hidup dan benda berdasarkan karakteristik yang diamati
|
4.2 Menyajikan hasil pengklasifikasian makhluk
hidup dan benda di lingkungan sekitar
berdasarkan
karakteristik yang diamati
|
|
3.3 Menjelaskan konsep campuran dan zat
tunggal (unsur dan senyawa), sifat
fisika dan kimia, perubahan fisika dan kimia dalam kehidupan
sehari-hari
|
4.3 Menyajikan hasil penyelidikan atau karya
tentang sifat larutan, perubahan fisika dan perubahan kimia, atau pemisahan
campuran
|
|
3.4 Menganalisis konsep suhu, pemuaian, kalor,
perpindahan kalor, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari termasuk
mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan
|
4.4 Melakukan percobaan untuk menyelidiki
pengaruh kalor terhadap suhu dan wujud benda serta perpindahan kalor
|
|
3.5 Menganalisis konsep energi,
berbagai sumber energi, dan perubahan bentuk energi dalam kehidupan
sehari-hari termasuk fotosintesis
|
4.5 Menyajikan hasil
percobaan tentang perubahan bentuk
energi, termasuk fotosintesis
|
|
3.6 Mengidentifikasi sistem
organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme dan komposisi
utama penyusun sel
|
4.6 Membuat model struktur sel
tumbuhan/hewan
|
|
3.7 Menganalisis interaksi antara
makhluk hidup dan lingkungannya serta dinamika populasi akibat interaksi
tersebut
|
4.7 Menyajikan hasil pengamatan terhadap
interaksi makhluk hidup dengan lingkungan sekitarnya
|
|
3.8 Menganalisis terjadinya pencemaran
lingkungan dan dampaknya bagi ekosistem
|
4.8 Membuat tulisan tentang gagasan
penyelesaian masalah pencemaran di
lingkungannya berdasarkan hasil pengamatan
|
|
3.9 Menganalisis perubahan iklim dan dampaknya
bagi ekosistem
|
4.9 Membuat tulisan tentang gagasan
adaptasi/penanggulangan masalah perubahan iklim
|
|
3.10 Menjelaskan lapisan bumi, gunung api, gempa
bumi, dan tindakan pengurangan resiko sebelum, pada saat, dan pasca bencana
sesuai ancaman bencana di daerahnya
|
4.10 Mengomunikasikan upaya pengurangan resiko
dan dampak bencana alam serta tindakan penyelamatan diri pada saat terjadi
bencana sesuai dengan jenis ancaman bencana di daerahnya
|
|
3.11 Menganalisis sistem tata surya, rotasi dan
revolusi bumi, rotasi dan revolusi
bulan, serta dampaknya bagi kehidupan di bumi
|
4.11
Menyajikan karya tentang dampak rotasi dan revolusi bumi dan bulan bagi
kehidupan di bumi, berdasarkan hasil pengamatan atau penelusuran berbagai
sumber informasi
|
KELAS VIII IPA
|
KOMPETENSI INTI 3
(PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
|
|||
|
3. Memahami
dan menerapkan
pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata
|
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam
sudut pandang/teori
|
|||
|
|
|
|||
|
KOMPETENSI DASAR
|
|
KOMPETENSI DASAR
|
||
|
3.1 Menganalisis gerak pada makhluk hidup,
sistem gerak pada manusia, dan upaya menjaga kesehatan sistem gerak
|
4.1
|
Menyajikan karya tentang
berbagai gangguan pada sistem gerak, serta upaya menjaga kesehatan sistem
gerak manusia
|
||
|
3.2 Menganalisis gerak lurus,
pengaruh gaya terhadap gerak berdasarkan Hukum Newton, dan penerapannya pada
gerak benda dan gerak makhluk hidup
|
4.2
|
Menyajikan hasil penyelidikan
pengaruh gaya terhadap gerak benda
|
||
|
3.3 Menjelaskan konsep usaha, pesawat
sederhana, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari termasuk kerja otot
pada struktur rangka manusia
|
4.3
|
Menyajikan hasil penyelidikan atau
pemecahan masalah tentang manfaat penggunaan pesawat sederhana dalam kehidupan
sehari-hari
|
||
|
3.4 Menganalisis keterkaitan struktur
jaringan tumbuhan dan fungsinya,
serta
teknologi yang terinspirasi oleh struktur tumbuhan
|
4.4
|
Menyajikan karya dari hasil
penelusuran berbagai sumber informasi tentang teknologi yang terinspirasi
dari hasil pengamatan struktur tumbuhan
|
||
|
3.5 Menganalisis sistem pencernaan pada
manusia dan memahami gangguan yang berhubungan dengan sistem pencernaan,
serta upaya menjaga kesehatan sistem pencernaan
|
4.5 Menyajikan hasil penyelidikan tentang
pencernaan mekanis dan kimiawi
|
|||
|
3.6 Menjelaskan berbagai zat
aditif dalam makanan dan minuman, zat adiktif, serta dampaknya terhadap
kesehatan
|
4.6 Membuat karya tulis tentang
dampak penyalahgunaan zat aditif dan zat adiktif bagi kesehatan
|
|||
|
3.7 Menganalisis sistem
peredaran darah pada manusia dan memahami gangguan pada sistem peredaran
darah, serta upaya menjaga kesehatan sistem peredaran darah
|
4.7 Menyajikan hasil percobaan pengaruh
aktivitas (jenis, intensitas, atau durasi) pada
frekuensi denyut jantung
|
|||
|
3.8 Menjelaskan tekanan zat dan penerapannya
dalam kehidupan sehari-hari, termasuk tekanan darah,
osmosis,
dan kapilaritas jaringan angkut pada tumbuhan
|
4.8 Menyajikan data hasil
percobaan untuk menyelidiki tekanan zat cair pada kedalaman tertentu, gaya
apung, dan kapilaritas, misalnya dalam batang tumbuhan
|
|||
|
3.9 Menganalisis sistem pernapasan pada
manusia dan memahami gangguan pada sistem pernapasan, serta upaya menjaga
kesehatan sistem pernapasan
|
4.9 Menyajikan karya tentang
upaya menjaga kesehatan sistem pernapasan
|
|||
|
3.10 Menganalisis
sistem ekskresi pada manusia dan memahami gangguan pada sistem ekskresi serta
upaya menjaga kesehatan sistem ekskresi
|
4.10 Membuat karya tentang sistem ekskresi pada
manusia dan penerapannya dalam menjaga kesehatan diri
|
|||
|
3.11 Menganalisis
konsep getaran, gelombang, dan bunyi dalam kehidupan sehari-hari termasuk
sistem pendengaran manusia dan sistem sonar pada hewan
|
4.11
Menyajikan hasil percobaan
tentang getaran, gelombang, dan bunyi
|
|||
|
3.12 Menganalisis sifat-sifat cahaya,
pembentukan bayangan pada bidang datar dan lengkung serta penerapannya untuk
menjelaskan proses penglihatan manusia, mata serangga, dan prinsip kerja alat
optik
|
4.12
Menyajikan hasil percobaan tentang pembentukan bayangan pada cermin
dan lensa
|
|||
KELAS IX IPA
|
KOMPETENSI INTI 3
(PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
|
|
3. Memahami
dan menerapkan
pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata
|
4. Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
|
|
KOMPETENSI DASAR
|
|
KOMPETENSI DASAR
|
|
3.1
|
Menghubungkan sistem reproduksi
pada manusia dan gangguan pada sistem reproduksi dengan penerapan pola hidup
yang menunjang kesehatan reproduksi
|
4.1
|
Menyajikan hasil
penelusuran informasi dari berbagai sumber terkait kesehatan dan upaya
pencegahan gangguan pada organ reproduksi
|
|
3.2
|
Menganalisis sistem
perkembangbiakan pada tumbuhan dan hewan serta penerapan teknologi pada
sistem reproduksi tumbuhan dan hewan
|
4.2
|
Menyajikan karya hasil
perkembangbiakan pada tumbuhan
|
|
3.3
|
Menerapkan konsep pewarisan
sifat dalam pemuliaan dan kelangsungan makhluk hidup
|
4.3
|
Menyajikan hasil penelusuran informasi dari
berbagai sumber terkait tentang tanaman dan hewan hasil pemuliaan
|
|
3.4
|
Menjelaskan konsep listrik
statis dan gejalanya dalam kehidupan sehari-hari, termasuk kelistrikan pada
sistem saraf dan hewan yang mengandung listrik
|
4.4
|
Menyajikan hasil pengamatan tentang gejala
listrik statis dalam kehidupan sehari-hari
|
|
3.5 Menerapkan konsep rangkaian listrik, energi dan daya listrik, sumber energi
listrik dalam kehidupan sehari-hari termasuk sumber energi listrik
alternatif, serta berbagai upaya menghemat energi listrik
|
4.5 Menyajikan hasil rancangan dan pengukuran
berbagai rangkaian listrik
|
||
|
3.6 Menerapkan konsep kemagnetan, induksi
elektromagnetik, dan pemanfaatan medan magnet dalam kehidupan sehari-hari
termasuk pergerakan/navigasi hewan
untuk mencari makanan dan migrasi
|
4.6 Membuat karya sederhana yang
memanfaatkan prinsip elektromagnet dan/atau induksi elektromagnetik
|
||
|
3.7 Menerapkan konsep
bioteknologi dan perannya dalam kehidupan manusia
|
4.7 Membuat
salah satu produk bioteknologi konvensional yang ada di lingkungan sekitar
|
||
|
3.8 Menghubungkan konsep partikel materi
(atom, ion,molekul), struktur zat sederhana dengan sifat bahan yang digunakan
dalam kehidupan sehari- hari, serta dampak penggunaannya terhadap kesehatan
manusia
|
4.8 Menyajikan hasil penyelidikan tentang
sifat dan pemanfaatan bahan dalam kehidupan
sehari-hari
|
||
|
3.9 Menghubungkan sifat fisika dan kimia
tanah, organisme yang hidup dalam tanah, dengan pentingnya tanah untuk
keberlanjutan kehidupan
|
4.9 Menyajikan hasil penyelidikan tentang
sifat-sifat tanah dan pentingnya tanah bagi kehidupan
|
||
|
3.10 Menganalisis proses dan produk teknologi ramah lingkungan untuk
keberlanjutan kehidupan
|
4.10 Menyajikan karya tentang proses dan produk teknologi sederhana
yang ramah lingkungan
|
||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar