J. KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR INFORMATIKA SMP/MTs
Kelas VII
Tujuan kurikulum mencakup
empat
kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3)
pengetahuan,
dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran
intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap
Spiritual yaitu “Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya”. Adapun
rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, dan percaya diri,
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya”. Kedua kompetensi tersebut dicapai
melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan,
dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta
kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap
dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai
pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
Kompetensi Pengetahuan dan
Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.
|
Kompetensi
Inti 3 (Pengetahuan)
|
Kompetensi
Inti 4 (Keterampilan)
|
|
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata.
|
4. Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
|
|
Kompetensi
Dasar
|
Kompetensi
Dasar
|
|
Teknik
Komputer
|
|
|
4.1.2 Mematikan komputer dengan benar.
4.1.3
Menjelaskan macam-macam
interaksi dengan antarmuka
standar
berbagai piranti.
|
|
|
Analisis
Data
|
|
|
3.2 Mengenal
data berupa angka dan hasil perhitungan rumus, dan cara menyimpan, serta
mengaksesnya.
|
4.2 Membuat
sebuah sheet yang mengandung data, rumus dan hasil pemakaian beberapa fungsi.
|
|
Algoritma
dan Pemrograman
|
|
|
3.3.1 Memahami program visual dari
demo dan tutorial.
3.3.2
Mengenal cara kerja dan objekobjek lingkungan pemrograman visual yang
dipakai.
|
4.3.1 Meniru (menulis ulang) sebuah program sederhana
di lingkungan visual, untuk berkenalan dengan lingkungan.
|
|
Dampak
Sosial Informatika
|
|
|
3.4 Memahami makna kolaborasi dalam masyarakat digital.
|
4.4. (*)
|
|
Berpikir
Komputasional (Tematis)
|
|
|
3.5 Computational Thinking untuk
menyelesaikan persoalan komputasi yang mengandung struktur data lebih
kompleks dan berpola.
|
4.5 Menyelesaikan persoalan-persoalan komputasi yang mengandung
graf/jejaring, pola sederhana, dan algoritmik (terutama untuk robot/gerakan
visual).
|
|
Praktik
Lintas Bidang (Tematis)
|
|
|
3.6 (*)
|
4.6.1
Menumbuhkan budaya kerja masyarakat digital dalam tim yang inklusif.
4.6.2
Berkolaborasi untuk melaksanakan tugas dengan tema komputing.
4.6.3
Mengenali dan mendefinisikan Persoalan yang pemecahannya dapat didukung
dengan komputer.
4.6.4 Mengembangkan dan
|
|
|
menggunakan abstraksi (model).
4.6.5 Mengembangkan
Artefak komputasional (produk TIK): Siswa menulis rumus untuk menunjang
komputasi yang dibutuhkan di pelajaran lain.
4.6.6
Mengembangkan rencana pengujian, menguji dan mendokumentasikan hasil uji
artefak Komputasional (produk TIK).
4.6.7 Mengkomunikasikan suatu proses, fenomena, solusi
TIK dengan mempresentasikan, memvisualisasikan serta memerhatikan Hak
kekayaan intelektual.
|
Keterangan:
(*) tidak ada Kompetensi Dasar
Kelas VIII
Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi,
yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan
(4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler,
kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap
Spiritual yaitu “Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya”. Adapun
rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, dan percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui
pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan,
dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta
kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan
pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran
berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter
peserta didik lebih lanjut.
Kompetensi Pengetahuan
dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.
|
Kompetensi
Dasar
|
Kompetensi
Inti 4 (Keterampilan)
|
|
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata.
|
4. Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
|
|
Kompetensi
Dasar
|
Kompetensi
Dasar
|
|
Jaringan
Komputer/Internet
|
|
|
3.1.1 Mengenal
Internet dan jaringan lokal, serta komunikasi data via HP (teknologi
komunikasi).
3.1.2 Mengenal
konektifitas internet melalui jaringan kabel dan nirkabel (bluetooth, wifi, broadband).
3.1.3 Mengenal enkripsi sebagai salah satu cara untuk
memproteksi data, merahasiakan, dan membatasi akses terhadap yang tak berhak.
|
4.1 Melakukan koneksi perangkat ke jaringan lokal maupun internet.
|
|
Algoritma
dan Pemrograman
|
|
|
3.2 Memahami
bahwa bagaimana manusia berinteraksi dengan komputer melalui algoritma, dan
bahwa algoritma dirancang untuk mengeneralisasi solusi berbagai situasi.
|
4.2.1 Membuat robot yang mampu
menggambar atau menulis dengan program sederhana.
4.2.2 Mendefinisikan
variabel, menyimpan data dan mengubahnya.
4.2.3 Memakai instruksi kondisional
|
|
Dampak
Sosial Informatika
|
|
|
3.3.1 Mengenal
lebih dalam perkembangan komputer dan teknologi yang mengubah kehidupan
sehari-hari.
3.3.2 Mengenal media sosial dan dampaknya.
|
4.3 Memakai
media sosial dengan baik dan berguna, dengan memperhatikan privasi dan hak
orang lain.
|
|
Berpikir
Komputasional (Tematis)
|
|
|
3.4 Computational Thinking untuk
persoalan komputasi yang lebih kompleks dari sebelumnya
|
4.4 Menyelesaikan persoalan-persoalan komputasi yang mengandung jejaring,
pola, dan algoritmik.
|
|
Praktik
Lintas Bidang (Tematis)
|
|
|
3.5 (*)
|
4.5.1 Menumbuhkan budaya
informatika dan TIK lewat berpikir komputasional (Fostering computing culture).
4.5.2 Kolaborasi lewat
tematik.
4.5.3 Recognizing and defining computational problems (mengenali dan
mendefinisikan problemaproblema yang dapat diselesaikan dengan model
komputasi.
4.5.4 Developing and
using abstractions (mengembangkan dan menggunakan abstraksi
4.5.5 Creating
computational artefacts: Mengembangkan atau bahkan jika mampu menciptakan
artefak/produk TIK atau model komputasi misalnya program komputer.
4.5.6 Testing and
refining computational artefacts : menguji dan
memperbaiki/menyempurnakan
|
|
|
artefak/produk TIK atau model
komputasi.
4.5.7 Communicating
about computing Mengkomunikasikan tentang informatika lewat pengungkapan
secara lisan pengalaman berpikir komputasional dan penggunaan TIK.
|
Keterangan:
(*) tidak ada Kompetensi Dasar
Kelas IX
Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi,
yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan
(4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler,
kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap
Spiritual yaitu “Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya”. Adapun
rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, dan percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui
pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan,
dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta
kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan
pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran
berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter
peserta didik lebih lanjut.
Kompetensi Pengetahuan
dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.
|
Kompetensi
Dasar
|
Kompetensi
Inti 4 (Keterampilan)
|
|
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata.
|
4. Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
|
|
Kompetensi
Dasar
|
Kompetensi
Dasar
|
|
Teknologi
Informasi dan Komunikasi
|
|
|
3.1 Mengenal fitur
lanjut browser.
|
4.1 Membuat laporan tugas dengan
paket office (terpadu).
|
|
3.2 Mengenal
fitur aplikasi CMS (Content Management System, pengelola konten web, sedapat
mungkin yang berupa freeware), dan memakai untuk membuat blog.
|
4.2 Membuat
blog untuk menunjang aktivitas siswa, contohnya membuat logbook kegiatan
terkait sekolah.
|
|
Teknik
Komputer
|
|
|
3.3 Memahami fungsi sistem komputer
|
4.3.1 Menjelaskan mekanisme di
sistem
|
|
(hardware dan OS) yang
memungkinkannya untuk menerima input, menyimpan, memroses dan mengoutputkan
data sesuai dengan spesifikasinya.
|
komputer.
4.3.2
Menjelaskan bagaimana data disimpan dan diproses (unit pengolahan logika dan
aritmatika).
|
|
Analisis
Data
|
|
|
3.4 Memahami bahwa setiap aplikasi
menyimpan data sesuai representasinya (word-doc, exceltabel, ppt- slides).
|
4.4 Mengolah
data dengan pengolah angka untuk menghilangkan error, menyatakan hubungan,
atau memudahkan untuk diproses komputer.
|
|
3.5.1 Memahami pengolahan data
menggunakan fitur lanjut aplikasi office.
3.5.2 Mengenal model komputasi
umum.
|
4.5
Merancang algoritma untjuk mengotomasi pengumpulan data dan pengolahan data.
|
|
Algoritma
dan Pemrograman
|
|
|
3.6 Memahami
bahwa sebuah program dapat didekomposisi menjadi subprogram.
|
4.6
Mengimplementasi sebuah program yang memakai atau mengandung sub-program
(prosedur, fungsi).
|
|
3.7 Memahami persoalan komputasi dan mengusulkan solusinya.
|
4.7.1
Merancang solusi untuk suatu persoalan dengan mempertimbangkan beberapa
keinginan, dan mengetes program untuk memenuhi kepentingan.
4.7.1 Jika dimungkinkan, membuat “robot” yang mampu mengerjakan tugas
sederhana dari kit yang disediakan. Catatan : "robot" berupa sistem komputer
atau hanya perangkat lunak baik visual ataupun tak ketinggalan.
|
|
Dampak
Sosial Informatika
|
|
|
3.8 Memahami
untung/rugi serta dampak positif/negatif membiarkan informasi menjadi publik,
atau private.
|
4.8 Memilah informasi.
|
|
3.9 Memahami
dampak jika data dibiarkan dapat diakses publik.
|
4.9 Mempublikasi informasi publik yang patut.
|
|
Berpikir
Komputasional (Tematis)
|
|
|
3.10 Computational Thinking untuk
persoalan komputasi dan otomasi yang lebih kompleks dari
|
4.10 Menyelesaikan persoalan-persoalan komputasi dan otomasi yang
mengandung jejaring, pola, dan
|
|
sebelumnya
|
algoritmik yang lebih
kompleks.
|
|
Praktik
Lintas Bidang (Tematis)
|
|
|
3.11
Cross-Cut
Component, Capstone (Integrasi pengetahuan dan keterampilan), Praktek
|
4.11.1 Fostering
computing culture menumbuhkan budaya komputasi lewat berpikir komputasional.
4.11.2 Kolaborasi lewat
tematik.
4.11.3 Recognizing and defining computational problems (mengenali dan
mendefinisikan problemaproblema lebih kompleks dari sebelumnya yang dapat
diselesaikan dengan model komputasi.
4.11.4 Developing and
using abstractions (mengembangkan dan menggunakan abstraksi
4.11.5 Creating
computational artefacts: Mengembangkan atau bahkan jika mampu menciptakan
artefak/produk TIK atau model komputasi misalnya program komputer.
4.11.6 Testing and refining computational artefacts : menguji dan
memperbaiki/menyempurnakan artefak/produk TIK atau model komputasi.
4.11.7 Communicating
about computing (mengkomunikasikan informatika) lewat pengungkapan secara
lisan maupun tulisan tentang produk TIK yang dihasilkan.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar