A.
AKIDAH AKHLAK
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1. Menghayati nilai-nilai akidah Islam
1.2. Meyakini sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma‘ani,
dan ma‘nawiyah, sifat-sifat
mustahil, serta sifat jaiz Allah Swt,.
1.3. Menghayati sifat ikhlas, taat, khauf, dan tobat dalam kehidupan
sehari-hari
1.4. Menghayati nilai-nilai adab salat dan zikir
1.5. Menghayati kisah keteladanan Nabi Sulaiman a.s. dan umatnya
|
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan
dan keberadaannya
|
2.1 Menampilkan perilaku orang yang mengimani akidah Islam dalam kehidupan
sehari-hari
2.2 Menampilkan perilaku mengimani sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah,
salbiyah, ma‘ani, dan ma‘nawiyah, sifat-sifat mustahil, serta sifat jaiz Allah Swt,.
2.3
Membiasakan
perilaku ikhlas, taat, khauf, dan tobat dalam kehidupan sehari-hari
2.4
Terbiasa menerapkan adab salat dan zikir
2.5
Mencontoh kisah keteladanan Nabi Sulaiman a.s. dan umatnya
|
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, danprosedural) berdasarkan
rasa ingintahunyatentangilmupengetahuan, teknologi, seni, budayaterkaitfenomenadankejadiantampakmata
|
3.1. Memahami dalil, dasar, dan tujuan akidah Islam
3.2. Mengidentifikasi sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah,
ma‘ani, dan ma‘nawiyah beserta bukti/dalil naqli dan aqlinya,
sifat-sifat mustahil dan jaiz bagi Allah Swt,.
3.3. Memahami pengertian,contoh, dan dampak positifsifat ikhlas, taat,
khauf, dan tobat
3.4. Memahami adab salat dan zikir
3.5. Menganalisis kisah keteladanan Nabi Sulaiman dan
umatnya
|
4. Mencoba, mengolah, danmenyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, danmembuat) danranahabstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, danmengarang) sesuaidengan yang dipelajari di
skolahdansumber lain yang samadalamsudutpandang/teori
|
4.1. Menyajikan fakta dan fenomena kebenaran akidah
Islam
4.2. Menyajikan contoh fenomena-fenomena kehidupan yang
muncul sebagai bukti dari sifat wajib, mustahil, dan jaiz Allah
Swt,.
4.3. Menceritakan kisah-kisah yang berkaitan dengan
dampak positif dari perilaku ikhlas, taat, khauf, dan tobat dalam fenomena
kehidupan
4.4. Mensimulasikan adab salat dan zikir
4.5. Menceritakan kisah keteladanan Nabi Sulaiman dan
umatnya
|
B.2.
KELAS VII SEMESTER GENAP - AQIDAH
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1. Meyakinisifat-sifat Allah SWT,.
melalui al- asmw' al-pusnw (al-‘Azrz, al-Gaffwr, al-Bwsih, an-Nwfi’, ar-Ra’yf, al-Barr, al-Fattwp, al-‘Adl,
al-Qayyym)
1.2. Meyakini adanya malaikat-malaikat Allah dan makhluk gaib lainnya,
seperti jin, iblis, dan setan dalam fenomena kehidupan
1.3. Menolak akhlak tercela riya’ dan nifaq
1.4. Menghayati adab membaca Al-Qur`an dan adab berdoa
1.5. Menghayati keteladanan Ashabul Kahfi
|
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan
dan keberadaannya
|
2.1. Meneladani sifat-sifat Allah yang terkandung dalam al-asmw' al-pusnw (al-‘Azrz, al-Gaffwr, al-Bwsih, an-Nwfi’, ar-Ra’yf, al-Barr, al-Fattwp, al-‘Adl,
al-Qayyym)
2.2. Memiliki perilaku beriman kepada malaikat Allah dan makhluk gaib
lainnya seperti jin, iblis, dan setan dalam fenomena kehidupan
2.3. Membiasakan diri menghindari akhlak tercela riya’ dan nifaq
2.4. Terbiasa menerapkan adab membaca Al-Qur`an dan adab berdoa
2.5.
Meneladani akhlak mulia dari Ashabul Kahfi
|
3.
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1.
Menguraikan al-asmw' al-pusnw (al-‘Azrz, al-Gaffwr, al-Bwsih, an-Nwfi’, ar-Ra’yf, al-Barr, al-Fattwp, al-‘Adl, al-Qayyym)
3.2.
Mendeskripsikan tugas dan sifat-sifat malaikat
Allah serta makhluk gaib lainnya, seperti jin, iblis, dan setan
3.3. Memahami akhlak tercela riya’ dan nifaq
3.4. Memahami adab membaca Al-Qur`an dan adab berdoa
3.5. Menganalisiskisah keteladanan Ashabul Kahfi
|
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
4.1. Menyajikan fakta dan fenomena kebenaran sifat-sifat Allah yang
terkandung dalam al-asmw' al-pusnw (al-‘Azrz, al-Gaffwr, al-Bwsih, an-Nwfi’, ar-Ra’yf, al-Barr, al-Fattwp, al-‘Adl,
al-Qayyym)
4.2. Menyajikan kisah-kisah dalam fenomena kehidupan tentang kebenaran
adanya malaikat dan makhluk ghaib lainlainnya, seperti jin, iblis, dan setan
4.3. Mensimulasikan contoh perilaku riya’ dan nifaq serta
dampaknya dalam kehidupan sehari-hari
4.4. Mempraktikkan adab membaca Al-Qur`an dan adab berdoa
4.5. Menceritakan kisah keteladanan Ashabul Kahfi
|
B.3.
KELAS VIII SEMESTER GANJIL - AQIDAH
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1. Meyakini adanya dan kebenaran kitab-kitab Allah Swt,.
1.2. Menghayati nilai tawakal, ikhtiar, sabar, syukur dan qana’ah sesuai
perintah syariat
1.3. Menolak perilaku ananiah, putus asa, gadab, dan tamak
1.4. Menghayati adab yang baik kepada kepada orang tua dan guru
1.5. Menghayati kisah keteladaan Nabi Yunus a.s dan Nabi Ayub a,s
|
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan
dan keberadaannya
|
2.1. Menampilkan perilaku yang mencerminkan beriman kepada kitab Allah
Swt,.
2.2. Berperilaku tawakal, ikhtiyar, sabar, syukur dan qana’ah sesuai
perintah syariat
2.3. Membiasakan diri menghindari perilaku ananiah, putus asa, gadab,
dan tamak
2.4. Terbiasa beradab yang baik kepada orang tua dan
guru
2.5. Terbiasa meneladani kisah keteladaan Nabi Yunus a.s
dan Nabi Ayub a.s.
|
3.
Memahami dan
menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, danprosedural) berdasarkan rasa
ingintahunyatentangilmupengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata
|
3.1. Memahami hakikat beriman kepada kitab-kitab Allah Swt,.
3.2. Memahami pengertian, contoh, dan dampak positif sifat tawakal,
ikhtiyar, sabar, syukuur dan qana’ah
3.3. Memahami pengertian, contoh, dan dampak negatif sifat ananiah,
putus asa, gadab, dan tamak
3.4. Memahami adab kepada kepada orang tua dan guru
3.5.
Menganalisis kisah keteladanan Nabi Yunus a.s dan Nabi Ayub a.s
|
4.
Mengolah,
menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuaidengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
4.1. Menyajikan data dari berbagai sumber tentang
kebenaran kitab-kitab Allah Swt,.
4.2. Menunjukkan contoh-contoh perilaku akhlak terpuji
pada diri sendiri (tawakal, ikhtiar, sabar, syukur dan qana’ah)
4.3. Mensimulasikan akibat buruk akhlak tercela ananiah,
putus asa, gadab, dan tamak
dalam kehidupan sehari-hari
4.4. Mensimulasikan adab kepada kepada orang tua dan guru
4.5. Menceritakan kisah keteladanan Nabi Yunus a.s dan Nabi Ayub a.s.
|
B.4.
KELAS VIII SEMESTER GENAP - AQIDAH
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1. Beriman kepada Rasul Allah SWT,.
1.2. Meyakini sifat-sifat Rasul Allah SWT,.
1.3. Meyakini adanya mukjizat serta kejadian luar biasa lainnya (karamah,
ma‘ynah, dan irhas)
1.4. Menghayati sifatdampak positif pusnuzzan, tawwiuk, taswmuh, dan ta’wwun
1.5. Menolak sifat pasad, dendam, grbah, fitnah, dan namrmah
1.6. Menghayati adab kepada saudara dan teman
1.7. Menghayati kisah keteladanan sahabat Abu Bakar r.a.
|
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan
dan keberadaannya
|
2.1. Menampilkan perilaku yang mencerminkan beriman kepada Rasul Allah
2.2. Meneladani sifat-sifatnya dalam kehidupan
2.3. Menampilkan perilaku yang mencerminkan beriman pada mukjizat dan
kejadian luar biasa selain mukjizat
2.4. Terbiasa berperilaku pusnuzzan, tawwiuk, taswmuh, dan ta’wwun dalam kehidupan sehari-hari
2.5. Terbiasa menghindari perilaku pasad, dendam, grbah, fitnah, dan namrmah dalam kehidupan sehari-hari.
2.6. Terbiasa menerapakan adab islami kepada saudara dan
teman
2.7. Meneladani sifat-sifat utama sahabat Abu Bakarr.a.
|
3.
Memahami dan
menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampakmata
|
3.1. Memahami pengertian, dalil, dan pentingnya beriman kepada Rasul Allah
Swt,.
3.2. Menguraikan sifat-sifat Rasul Allah Swt,.
3.3. Memahami pengertian, contoh dan hikmah mukjizat sert a kejadian luar
biasa lainnya (karamah, ma‘ynah, dan irhas)
3.4. Memahami pengertian, contoh, dan dampak positifnya sifat pusnuzzan, tawwiuk, taswmuh, dan ta’wwun
3.5. Memahami pengertian, contoh dan dampak negatifnya sifat pasad, dendam, grbah, fitnah, dan namrmah
3.6. Memahami adab kepada saudara dan teman
3.7. Manganalisis kisah keteladanan sahabat Abu Bakar
r.a.
|
4. Mengolah, menyaji, danmenalar dalamranahkonkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, danmembuat) danranahabstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, danmengarang) sesuaidengan yang dipelajari di
sekolahdansumber lain yang samadalamsudutpandang/teori
|
4.1. Menyajikan peta konsep pengertian, dalil dan pentingnya beriman kepada
Rasul Allah Swt,.
4.2. Menyajikan peta konsep sifat-sifat Rasul Allah Swt,.
4.3. Menyajikan kisah-kisah dari berbagai sumber tentang adanya mukjizat dan
kejadian luar biasa lainnya (karamah, ma‘ynah, dan irhas)
4.4. Mensimulasikan dampak positif dari akhlak terpuji (pusnuzzan, tawwiuk, taswmuh, dan ta’wwun)
4.5. Mensimulasikan dampak negatif dari akhlak tercela (pasad, dendam, grbah, dan namrmah)
4.6. Mensimulasikan adab kepada saudara, teman
4.7. Menceritakan kisah keteladanan sahabat Abu Bakar r.a.
|
B.5.
KELAS IX SEMESTER GANJIL - AQIDAH
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1. Meyakini akan adanya hari akhir
1.2. Meyakini macam-macam alam gaib yang berhubungan dengan hari akhir (‘alam
barzah, yaumul ba‘af, yaumul piswb, yaumul mrzwn,yaumul jazw’)
1.3. Menghayati nilai
berilmu, kerja keras, kreatif, dan produktif dalam fenomena kehidupan
1.4. Menghayati adab islami kepada kepada tetangga
1.5. Menghayati
kisah sahabat Umar bin Khattab r.a.
|
2.
Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1. Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan
terhadap hari akhir
2.2. Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan
terhadap alam gaib yang berhubungan dengan hari akhir (‘alam barzah,
yaumul ba‘af, yaumul piswb, yaumul mrzwn,yaumul jazw’)
2.3. Membiasakan perilaku berilmu, kerja keras, kreatif,
dan produktif dalam kehidupan sehari-hari
2.4. Terbiasamenerapkan adab islami kepada tetangga
2.5. Meneladani sifat-sifat utama sahabat Umar bin
Khattab r.a.
|
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1. Memahami pengertian beriman kepada hari akhir, dalil/buktinya serta
tanda dan peristiwa yang berhubungan dengan hari Akhir tersebut
3.2. Memahami macam-macam alam gaib yang berhubungan dengan hari akhir (‘alam
barzah, yaumul ba‘af, yaumul piswb, yaumul mrzwn,yaumul jazw’)
3.3. Memahami pengertian, contoh, dan dampak
berilmu, kerja keras, kreatif, dan produktif dalam fenomena kehidupan
3.4. Memahami adab islami kepada kepada tetangga
3.5. Menganalisis kisah sahabat Umar bin Khattab r.a.
|
4.
Mengolah,
menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, mengkai,
memodifikasi, danmembuat) danranahabstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar,
danmengarang) sesuaidengan yang dipelajari di sekolahdansumber lain yang
samadalamsudutpandang/teori
|
4.1. Menyajikan data dari berbagai sumber tentang fakta
dan fenomena hari akhir dan alam ghaib lain yang berhubungan dengan hari
akhir
4.2. Menyajikan data tentang hikmah orang yang mengimani alam gaib yang
berhubungan dengan hari akhir (‘alam barzah, yaumul ba‘af, yaumul piswb, yaumul mrzwn,yaumul jazw’)
4.3. Menyajikan kisah-kisah dari fenomena kehidupan
tentang dampak positif dari berilmu, kerja keras, kreatif, dan produktif
4.4. Mensimulasikan adab islami kepada tetangga
4.5. Menceritakan kisah keteladanan sahabat Umar bin
Khattab r.a.
|
B.6.
KELAS IX SEMESTER GENAP - AQIDAH
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1. Meyakini macam-macam
takdir yang berhubungan dengan qaia’ dan qadar Allah
Swt,.
1.2. Menghayati adab pergaulan remaja yang islami
1.3. Menghayati adab terhadap lingkungan, yaitu kepada binatang dan
tumbuhan, di tempat umum, dan di jalan
1.4. Menghayati kisah keteladanan sahabat Usman bin
Affan r.a., dan Ali bin Abi Talib k.w.
|
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan
dan keberadaannya
|
2.1. Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan kepada qaia’ dan qadar Allah
2.2. Menampilkan perilaku akhlak terpuji dalam pergaulan remaja dalam
kehidupan sehari-hari
2.3. Terbiasa beradab islami terhadap lingkungan, yaitu kepada binatang dan
tumbuhan, di tempat umum, dan di jalan
2.4. Meneladani sifat-sifat utama sahabat Usman bin Affan r.a., dan Ali bin
Abi Talib k.w.
|
3. Memahamidanmenerapkanpengetahuan (faktual, konseptual, danprosedural)
berdasarkan rasa ingintahunyatentangilmupengetahuan, teknologi, seni,
budayaterkaitfenomenadankejadiantampakmata
|
3.1. Menunjukkan bukti/dalil kebenaran akan adanya qaia’ dan qadar dan ciri-ciri perilaku orang yang beriman kepadanya
3.2. Memahami pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan remaja dan dampak
negatif pergaulan remaja yang tidak sesuai dengan akhlak Islam
3.3. Memahami adab terhadap lingkungan, yaitu kepada binatang dan tumbuhan
di tempat umum, dan di jalan
3.4. Menganalisis kisah keteladanan sahabat Usman bin
Affan r.a, dan Ali bin Abi Talib k.w.
|
4. Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
4.1. Menyajikan kisah-kisah dari berbagai sumber dalam fenomena kehidupan
tentang qaia’ dan qadar
4.2. Mensimulasikan contoh perilaku
terpujidan dampak negatif perilaku tercela dalam pergaulan remaja
4.3. Mensimulasikan adab terhadap lingkungan, yaitu kepada binatang dan
tumbuhan di tempat umum dan di jalan
4.4. Menceritakan kisah keteladaan Usman bin Affan r.a,
dan Ali bin Abi Talib k.w.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar