A.
SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
KOMPETENSI INTI
|
REPOSISI KOMPETENSI
|
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
|
1.1. Meyakini
misi dakwah Nabi Muhammad Saw. sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa
kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat
1.2. Meyakini
kebenaran risalah Nabi Muhammad Saw. dalam berdakwah di Mekah
1.3. Menghayati
nilai-nilai strategi dakwah Nabi Muhammad Saw di Madinah
1.4. Meyakini
bahwa Nabi Muhammad Saw. adalah utusan Allah Swt,. untuk membangun umat.
|
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1. Membiasakan perilaku kasih dan sayang terhadap sesama sebagai
implementasi terhadap misi Nabi Muhammad Saw sebagai rahmat bagi alam
semesta.
2.2. Meneladani sikap istikamah seperti yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad
Saw dalam berdakwah di Mekah
2.3. Memiliki sikap peduli terhadap kegiatan dakwah di masyarakat sebagai
implementasi dari pemahaman mengenai strategi dakwah Nabi Muhammad Saw. di
Madinah
2.4.
Membiasakan
sikap mandiri sebagai implementasi dari pemahaman mengenai sejarah Nabi
Muhammad Saw dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan
perdagangan
|
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata
|
3.1
Memahami misi Nabi Muhammad Saw. sebagai rahmat bagi
alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat
3.2
Memahami strategi dakwah Nabi Muhammad Saw. di Mekah
3.3
Mengidentifikasi strategi dakwah Nabi Muhammad Saw. di Madinah
3.4
Memahami sejarah
Nabi Muhammad Saw. dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan
perdagangan
|
3
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di
sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori.
|
4.1.
Mempresentasikan misi Nabi Muhammad Saw. sebagai rahmat bagi alam
semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat
4.2. Membuat peta konsep mengenai strategi dakwah Nabi
Muhammad Saw. di Mekah
4.3.
Memaparkan strategi dakwah Nabi Muhammad Saw. di Medinah dalam
bentuk tulis atau lisan.
4.4.
Menceritakan sejarah Nabi Muhammad Saw. dalam
membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan
|
D.2.
KELAS VII SEMESTER GENAP - SKI
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
|
1.1. Meyakini bahwa setiap muslim memiliki kewajiban berdakwah seperti yang
dilakukan oleh Khulafaur Rasyidin
1.2. Menghayati nilai-nilai positif yang dicontohkan oleh khalifah-khalifah
pada masa dinasti bani Umayah.
1.3. Meyakini bahwa bahwa ilmu adalah hal penting dalam upaya memajukan
kebudayaan dan peradaban umat.
1.4. Menghayati nilai-nilai mulia yang dicontohkan oleh Khalifah Umar bin
Abdul Aziz
|
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1. Menunjukkan perilaku istikamah sebagai implementasi dari pemahaman
mengenai kepemimpinan Khulafaur
Rasyidin
2.2. Memiliki sikap dinamis sebagai implementasi dari pemahaman mengenai
perkembangan kebudayaan / peradaban Islam pada masa dinasti bani Umayyah
2.3. Memiliki perilaku semangat menuntut ilmu sebagai implementasi dari
pemahaman mengenai peran ilmuwan muslim dalam memajukan kebudayaan /
peradaban Islam pada masa dinasti bani Umayyah.
2.4. Menunjukkan perilaku sederhana sebagai implementasi dari pemahaman mengenai
sikap dan gaya kepemimpinan Umar bin
Abdul Azis
|
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1. Mengidentifikasi berbagai kemajuan yang dicapai umat Islam pada masa
Khulafaur Rasyidin
3.2. Memahami perkembangan kebudayaan/ peradaban Islam pada masa dinasti
bani Umayyah
3.3. Mengidentifikasi ilmuwan muslim dan perannya dalam memajukan
kebudayaan/peradaban Islam pada masa dinasti Bani Umayyah.
3.4.
Memahami sikap dan gaya kepemimpinan Umar bin Abdul
Azis
|
3.
Mencoba, mengolah, dan menyaji
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang
semua dalam sudut pandang/teori.
|
4.1. Menceritakan kisah para khalifah pada periode Khulafaur Rasyidin
4.2. Membuat peta konsep mengenai kemajuan kebudayaan dan peradaban pada
masa dinasti bani Umayyah.
4.3. Membuat tabel berkaitan dengan tokoh ilmuwan muslim beserta bidang
keilmuannya yang hidup pada masa dinasti Umayyah.
4.4. Memaparkan sikap dan gaya kepemimpinan Umar bin Abdul Aziz dalam bentuk
tulis atau lisan
|
D.3.
KELAS VIII SEMESTER GANJIL - SKI
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
|
1.1.
Menghayati ibrah
atau nilai-nilai dari proses berdirinya dinasti bani Abbasiyah.
1.2. Menghayati nilai-nilai positif dari para
khalifah pilihan dari dinasti bani Abbasiyah.
1.3. Menghayati nilai semangat menuntut ilmu yang dicontohkan oleh ilmuwan muslim dalam bidang ilmu pengetahuan umum pada
masa dinasti bani Abbasiyah.
1.4.
Menghayati
nilai-nilai positif yang ditunjukkan oleh ilmuwan muslim dalam bidang agama
pada masa dinasti bani Abbasiyah
|
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1.
Menunjukkan sikap bijaksana sebagai implementasi dari pemahaman mengenai sejarah berdirinya dinasti bani
Abbasiyah
2.2.
Meneladani perilaku istikamah seperti yang dicontohkan oleh para
khalifah dari dinasti bani Abbasiyah
2.3.
Menunjukkan perilaku semangat belajar sebagai implementasi
dari pemahaman mengenai tokoh ilmuwan muslim
di bidang ilmu pengetahuan pada masa dinasti bani Abbasiyah
2.4.
Menunjukkan perilaku sungguh-sungguh dalam menuntut ilmu seperti yang
dicontohkan oleh ilmuwan muslim di bidang ilmu-ilmu agama pada masa dinasti
bani Abbasiyah
|
3.
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1.
Memahami sejarah berdirinya dinasti bani Abbasiyah
3.2.
Memahami perkembangan kebudayaan/ peradaban Islam pada
masa dinasti bani Abbasiyah
3.3.
Mengidentifikasi tokoh ilmuwan muslim Ali bin Rabban at-Tabari,
Ibnu Sina, ar-Razi (ahli kedokteran), Al-Kindi, Al-Gazali, Ibnu Maskawaih
(ahli filsafat), Jabir bin Hayyan ahli kimia), Muhammad bin Musa
al-Khawarizmi (ahli astronomi) dan perannya dalam kemajuan kebudayaan/
peradaban Islam pada masa dinasti bani Abbasiyah
3.4.
Mengidentifikasi para ulama’ penyusun kutubussittah (ahli hadis), empat imam mazhab (ahli fikih), Imam
At-Tabari, Ibnu Katsir (ahli tafsir) dan perannya dalam kemajuan
kebudayaan/peradaban Islam pada masa dinasti bani Abbasiyah.
|
4.
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori.
|
4.1.
Menceritakan silsilah kekhalifahan dinasti bani Abbasiyah
4.2.
Menceritakan perkembangan kebudayaan/ peradaban Islam pada masa Dinasti bani Abbasiyah
4.3.
Menceritakan biografi dan karya para ilmuwan muslim
pada masa Dinasti bani Abbasiyah
4.4.
Memaparkan peran
ilmuwan muslim dalam bidang agama dalam memajukan kebudayaan /
peradaban pada masa dinasti bani Abbasiyah
|
D.4.
KELAS VIII SEMESTER GENAP - SKI
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
|
1.1.
Menghayati ibrah
atau nilai-nilai dari proses berdirinya dinasti Al Ayyubiyah
1.2.
Menghayati nilai-nilai positif dari perkembangan dinasti Al-Ayyubiyah
1.3.
Menghayati semangat perjuangan Shalahuddin al-Ayyubi dalam upaya
menegakkan agama Allah Swt,.
1.4.
Menghayati nilai-nilai
positif yang ditunjukkan oleh ilmuwan muslim pada masa dinasti Al-Ayyubiyah
|
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1.
Menunjukkan sikap bijaksana sebagai implementasi dari pemahaman mengenai sejarah berdirinya dinasti bani Al
Ayyubiyah
2.2.
Meneladani perilaku istikamah seperti yang dicontohkan oleh para
khalifah dari dinasti bani Al Ayyubiyah
2.3.
Meneladani semangat juang dari dinasti Al-Ayyubiyah yang terkenal (Shalahuddin al-Ayyubi, Al Adil dan
Al Kamil)
2.4.
Meneladani semangat menuntut ilmu para ilmuwan muslim dinasti Al-Ayyubiyah
|
3.
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1.
Memahami sejarah berdirinya dinasti Al-Ayyubiyah
3.2.
Mengidentifikasi perkembangan
kebudayaan / peradaban Islam pada masa dinasti Al-Ayyubiyah
3.3.
Memahami semangat juang para
penguasa dinasti Al-Ayyubiyah yang terkenal (Shalahuddin al-Ayyubi, Al Adil dan Al Kamil)
3.4.
Mengidentifikasi ilmuwan muslim dinasti Al-Ayyubiyah dan perannya dalam
kemajuan kebudayaan / peradaban Islam
|
4.
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut
pandang/teori.
|
4.1.
Menceritakan sejarah berdirinya dinasti Al-Ayyubiyah
4.2.
Membuat peta konsep mengenai hal-hal yang dicapai
pada masa dinasti Al-Ayyubiyah
4.3.
Menceritakan biografi tokoh yang terkenal (Shalahuddin al-Ayyubi, Al Adil dan
Al Kamil)pada masa dinasti Al-Ayyubiyah
4.4. Memaparkan peran ilmuwan dalam memajukan kebudayan dan
peradaban Islam pada masa dinasti
Al-Ayyubiyah
|
D.5.
KELAS IX SEMESTER GANJIL - SKI
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
|
1.1.
Menyadari bahwa berdakwah adalah kewajiban setiap muslim
1.2.
Menghayati nilai-nilai perjuangan yang dicontohkan oleh juru dakwah di di Jawa, Sumatera, dan Sulawesi
1.3.
Menghayati nilai-nilai perjuangan Walisanga dan
lain-lain dalam mensyiarkan Islam
1.4.
Berkomitmen untuk selalu tekun, gigih dalam belajar
dan mensyiarkan Islam sebagaimana yang dilakukan Abdur Rauf Singkel, Muhammad
Arsyad al-Banjari, K.H. Ahmad Dahlan dan K.H. Hasyim Asy‘ari
|
2. Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1. Meneladani sikap arif dan
bijaksana sebagai implementasi dari pemahaman mengenai sejarah masuknya Islam di
Nusantara
2.2. Menghargai nilai-nilai sejarah perkembangan Islam di Indonesia
2.3. Meneladani sikap istikamah
seperti dicontohkan oleh Walisanga dan
lain-lain
2.4. Meneladani semangat juang
menyebarkam agama Islam seperti yang dicontohkan oleh Abdurrauf Singkel,
Muhammad Arsyad Al-Banjari, K.H. Ahmad Dahlan dan K.H. Hasyim Asy‘ari
|
3.
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1.
Memahami sejarah
masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan, sosial, dan pengajaran
3.2.
Memahami sejarah
kerajaan Islam di Jawa, Sumatera, dan Sulawesi
3.3.
Memahami biografi para tokoh dan perannya dalam
mengembangkan Islam di Indonesia (Walisanga, Abdurrauf Singkel, Muhammad
Arsyad al-Banjari, K.H. Ahmad Dahlan, dan K.H. Hasyim Asy‘ari)
3.4.
Memahami semangat perjuangan Abdurrauf Singkel, Muhammad Arsyad Al-Banjari, K.H. Ahmad Dahlan dan
K.H. Hasyim Asy‘ari dalam menyebarkan agama Islam di Indonesia
|
4.
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori.
|
4.1. Memaparkan alur perjalanan
para pedagang Arab dalam berdakwah di Indonesia
4.2. Menceritakan sejarah kerajaan Islam di Jawa, Sumatera, dan Sulawesi
4.3. Menceritakan biografi
Abdurrauf Singkel, Muhammad Arsyad Al-Banjari, K.H. Ahmad Dahlan, dan K.H.
Hasyim Asy‘ari dalam menyebarkan agama Islam di Indonesia
4.4. Membuat peta konsep mengenai nilai-nilai perjuangan Abdurrauf Singkel, Muhammad Arsyad Al-Banjari,
K.H. Ahmad Dahlan dan K.H. Hasyim Asy‘ari dalam menyebarkan agama
Islam di Indonesia
|
D.6.
KELAS IX SEMESTER GENAP
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Meyakini bahwa Allah Swt,.
memberi potensi seni dan budaya pada setiap insan dan umat.
1.2
Menghayati
nilai-nilai positif yang ada dalam tradisi masyarakat Islam (Jawa, Sunda, Melayu, Bugis, Minang, Madura)
1.3
Menyadari bahwa
Allah SWT,. menciptakan umat-Nya
dilengkapi dengan potensi seni dan budaya
1.4
Berkomitmen ikut melestarikan tradisi dan adat budaya yang Islami
|
2
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan
dan keberadaannya
|
2.1.
Menghargai
tradisi dan upacara adat kesukuan di Nusantara
2.2.
Menghargai tradisi dan upacara adat kesukuan Nusantara (Jawa, Sunda,
Melayu, Bugis, Minang, dan Madura)
2.3. Menunjukan sikap menghargai keaneka-ragaman tradisi dan adat budaya.
2.4. Menunjukkan sikap kemauan ikut melestarikan tradisi Islam (Jawa, Sunda, Melayu,
Bugis, Minang, Madura)
|
3.
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni budaya terkait fenomena, dan kejadian tampak mata
|
3.1
Memahami bentuk
seni budaya lokal (Wayang, Kasidah, dan
Hadrah)
3.2
Memahami bentuk
tradisi umat Islam (Jawa, Sunda, Melayu,
Bugis, Minang, Madura)
3.3
Membandingkan pendekatan seni budaya lokal (Wayang, Kasidah,
dan Hadrah)
3.4
Membandingkan nilai-nilai tradisi umat Islam (di Jawa, Sunda, Melayu, Bugis, Minang, Madura)
|
4.
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori
|
4.1.
Menunjukkan contoh bentuk seni budaya lokal
4.2.
Memaparkan
bentuk tradisi umat Islam (di Jawa, Sunda,
Melayu, Bugis, Minang, Madura)
4.3.
Mensimulasikan
contoh seni budaya lokal (Wayang, Kasidah,
dan Hadrah)
4.4.
Mensimulasikan
contoh tradisi umat Islam (Jawa, Sunda,
Melayu, Bugis, Minang, Madura)
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar