Rabu, 08 April 2020


KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR PENDIDIKAN BAHASA JAWA SMP/MTs
Kelas : 9
Semester Ganjil
KOMPETENSI INTI 1 (SIKAP SPIRITUAL) KOMPETENSI INTI 2 (SIKAP SOSIAL)
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya 2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
1.1  Menghargai dan mensyukuri keberada an bahasa daerah sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa untuk meningkatan pengetahuan dan keterampilan berbahasa daerah, serta   untuk melestarikan dan mengem-bangkan buda-ya daerah untuk didayagunakan sebagai upaya pembinaan dan pengembangan  kebudayaan  Nasional. 2.1  Memiliki perilaku jujur dalam menceritakan sudut pandang moral yang eksplisit.
1.2  Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa daerah sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis. 2.2    Memiliki perila-ku demokratis, kreatif, dan santun dalam berdebat tentang kasus atau sudut pandang.
1.3  Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa daerah sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulis. 2.3  Memiliki perilaku jujur dan percaya diri dalam mengungkapkan kembali tujuan dan metode serta hasil kegiatan.
1.4  Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa daerah sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulis.


KI KD BAHASA JAWA SMT GENAP KELAS 9
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR PENDIDIKAN BAHASA JAWA SMP/MTs
Kelas : 9
Semester Genap
KOMPETENSI INTI 1 (SIKAP SPIRITUAL) KOMPETENSI INTI 2 (SIKAP SOSIAL)
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya 2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
1.1 Menghargai dan mensyu kuri keberadaan bahasa daerah seba-gai anugerah Tu-han Yang Maha Esa untuk meningkatan pengetahuan dan kete-rampilan berbahasa daerah, serta   untuk melestarikan dan mengembangkan budaya daerah untuk didayagunakan sebagai upaya pembinaan dan pengembangan  kebudayaan  Nasional. 2.1    Memiliki peri-laku peduli, cinta tanah air, dan semangat kebangsaan atas karya budaya yang penuh makna.
1.2    Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa daerah sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis. 2.2    Memiliki perilaku demokratis, kreatif, dan santun dalam berdebat tentang kasus atau sudut pandang.
1.3    Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa daerah sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulis.  
  2.4  Memiliki perilaku jujur dan percaya diri dalam pengungkapan kembali peristiwa hidup diri sendiri dan orang lain.
   
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata. 4. Mencoba,  mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.4  Memahami  struktur teks, unsur kebahasaan, dan pesan moral dari teks drama modern. 4.4 Melakukan kegiatan bermain peran drama modern.
3.5   Memahami  struktur teks, kaidah, dan unsur kebahasaan dalam menulis laporan kegiatan 4.5 Menulis laporan kegiatan sesuai kaidah.
 
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
   
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata. 4. Mencoba,  mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.1  Memahami teks hasil observasi dalam bentuk laporan 4.1 Menyusun teks hasil observa-si dalam bentuk laporan.
3.2 Memahami  struktur teks, unsur kebahasaan, dan pesan moral dari teks drama tradisional (wayang/ topèng ḍhâlâng/ kethoprak /ludruk).  4.2 Melakukan kegiatan bermain peran drama tradisional (wayang/ topèng ḍhâlâng/ kethoprak/ ludruk).
3.3  Memahami  struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks pidato dan teks pewara. 4.3  Berpidato  atau menjadi pewara  pada suatu kegiatan sekolah sesuai konteks.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar