| 1.3 Menghargai dan mensyukuri
keberadaan bahasa daerah sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana
menyajikan informasi lisan dan tulis. |
2.3 Memiliki
perilaku jujur dan percaya diri dalam mengungkapkan kembali tujuan dan metode
serta hasil kegiatan. |
| 1.4 Menghargai dan mensyukuri
keberadaan bahasa daerah sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana
menyajikan informasi lisan dan tulis. |
KI KD BAHASA JAWA SMT GENAP KELAS 9
| KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR PENDIDIKAN BAHASA
JAWA SMP/MTs |
|
|
| Kelas : 9 |
|
| Semester Genap |
|
|
|
| KOMPETENSI
INTI 1 (SIKAP SPIRITUAL) |
KOMPETENSI INTI 2
(SIKAP SOSIAL) |
| 1. Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya |
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya. |
| KOMPETENSI DASAR |
KOMPETENSI
DASAR |
| 1.1
Menghargai dan mensyu kuri keberadaan bahasa daerah seba-gai anugerah Tu-han
Yang Maha Esa untuk meningkatan pengetahuan dan kete-rampilan berbahasa
daerah, serta untuk melestarikan dan
mengembangkan budaya daerah untuk didayagunakan sebagai upaya pembinaan dan
pengembangan kebudayaan Nasional. |
2.1
Memiliki peri-laku peduli, cinta tanah air, dan semangat kebangsaan atas
karya budaya yang penuh makna. |
| 1.2 Menghargai dan mensyukuri keberadaan
bahasa daerah sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana memahami
informasi lisan dan tulis. |
2.2
Memiliki perilaku demokratis, kreatif, dan santun dalam berdebat tentang
kasus atau sudut pandang. |
| 1.3 Menghargai dan mensyukuri keberadaan
bahasa daerah sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan
informasi lisan dan tulis. |
|
| |
2.4
Memiliki perilaku jujur dan percaya diri dalam pengungkapan kembali peristiwa
hidup diri sendiri dan orang lain. |
| |
|
|
|
| KOMPETENSI
INTI 3 (PENGETAHUAN) |
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN) |
| 3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata. |
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat)
dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam
sudut pandang/teori. |
| KOMPETENSI DASAR |
KOMPETENSI
DASAR |
| 3.4 Memahami
struktur teks, unsur kebahasaan, dan pesan moral dari teks drama
modern. |
4.4 Melakukan
kegiatan bermain peran drama modern. |
| 3.5 Memahami struktur teks, kaidah, dan unsur kebahasaan
dalam menulis laporan kegiatan |
4.5
Menulis laporan kegiatan sesuai kaidah. |
|
|
|
|
|
|
| KOMPETENSI
INTI 3 (PENGETAHUAN) |
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN) |
| |
|
| 3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata. |
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat)
dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam
sudut pandang/teori. |
| KOMPETENSI DASAR |
KOMPETENSI
DASAR |
| 3.1 Memahami teks hasil observasi dalam bentuk
laporan |
4.1 Menyusun
teks hasil observa-si dalam bentuk laporan. |
| 3.2 Memahami struktur
teks, unsur kebahasaan, dan pesan moral dari teks drama tradisional (wayang/ topèng ḍhâlâng/ kethoprak /ludruk). |
4.2
Melakukan kegiatan bermain peran drama tradisional (wayang/
topèng ḍhâlâng/ kethoprak/ ludruk). |
| 3.3 Memahami
struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks pidato dan teks pewara. |
4.3 Berpidato
atau menjadi pewara pada suatu
kegiatan sekolah sesuai konteks. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar