Rabu, 08 April 2020

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KI - KD) Al Quran HaditsTP 2019/ 2020

Berikut ini kompetensi inti dan kompetensi dasar yang dipakai dalam kurikulum K13 di MTsN 3 Mojokerto
Standar Isi yang digunakan sebagai pedoman dalam penyusunan Kurikulum di MTsN 3 Mojokerto tahun pelajaran 2019/2020 berpedoman pada :

a.      Permendikbud no 20 tahun 2016 tentang SKL
b.     Permendikbud nomor 21 tahun 2016 tentang Standar Isi
c.      KMA no 165 tahun 2014  : untuk KI dan KD mata pelajaran PAI dan B. Arab
d.     Permendikbud no 24 tahun 2016 untuk KI KD mata pelajaran umum beserta lampiran silabus edisi revisi 2017
e.      Permendikbud no 35 tahun 2018 tentang perubahan permendikbud no 58 tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 pada SMP/MTs.
f.      Permendikbud no 37 tahun 2018 tentang perubahan atas permendikbud no 24 tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 pada pendidikan menengah.

KI dan KD Kelompok Mata Pelajaran PAI dan Bahasa Arab
Kompetensi Inti  dan Kompetensi Dasar mata pelajaran ini diatur berdasarkan Peraturan Menteri Agama RI Nomor 912 tahun 2013, dan telah direvisi  sebagaimana tercantum dalam Lampiran Keputusan Menteri Agama (KMA) No. 165 tahun 2014 tentang Pedoman Kurikulum Madrasah 2013 
Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah.
            Struktur kelompok mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab dalam kurikulum Madrasah meliputi: 1) Al-Qur`an Hadis, 2) Akidah Akhlak, 3) Fikih, 4) Sejarah Kebudayaan Islam (SKI), dan 5) Bahasa Arab. Masing-masing mata pelajaran tersebut pada dasarnya saling terkait dan melengkapi.
1.   Al-Qur`an-Hadis merupakan sumber utama ajaran Islam, dalam arti keduanya merupakan sumber akidah-akhlak, syari’ah/fikih (ibadah, muamalah), sehingga kajiannya berada di setiap unsur tersebut.Akidah  merupakan akar atau pokok agama.
2.   Fikih (syari’ah) merupakan sistem atau seperangkat aturan yang mengatur hubungan manusia dengan Allah SWT.  (hablum-Minallah), sesama manusia (hablum-Minan-nas), dan dengan makhluk lainnya (hablum -Ma‘al-Gairi).
3.   Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) merupakan catatan perkembangan perjalanan hidup manusia muslim dari masa ke masa dalam beribada, bermuamalah dan berakhlak serta dalam mengembangkan sistem kehidupan atau menyebarkan ajaran Islam yang dilandasi oleh akidah.
4.   Bahasa Arab sebagai bahasa pengantar  untuk memahami ajaran Islam. Dengan Bahasa Arab, ajaran Islam dapat dipahami secara benar dan mendalam dari sumber utamanya, yaitu Al-Qur`an dan Hadis serta literatur-literatur pendukungnya yang berbahasa Arab seperti Kitab Tafsir dan Syarah Hadis.



A.    KI KD -QUR`AN HADIS
A.1.   KELAS VII SEMESTER GANJIL  
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR BARU
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

1.1         Meyakini  Al-Qur`an dan hadis sebagai pedoman hidup
1.2        Menghayati kandungan Q.S. al-Fatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlas (112) tentang keesaan Allah
1.3        Meyakini  isi kandungan hadis tentang iman dan hadis tentang ibadah yang diterima Allah adalah yang dilakukan dengan ikhlas.
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1         Memiliki perilaku mencintai Al-Qur`an dan hadis dalam kehidupan
2.2        Terbiasa beribadah dan berdoa sebagai implementasi dari pemahaman tentang kandungan Q.S. al-Fatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlas (112)  dalam kehidupan sehari-hari
2.3        Terbiasa  beribadah sebagai implementasi dari  pemahaman tentang kandungan hadis mengenai ibadah yang diterima Allah
3.   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

3.1         Memahami kedudukan Al-Qur`an dan hadis sebagai pedoman hidup umat manusia
3.2        Memahami isi kandungan Q.S. al-Fatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlas (112) tentang tauhid dalam konsep Islam
3.3        Memahami keterkaitan isi kandungan hadis tentang iman riwayat Ali bin Abi Talib dari Ibnu Majah
(الإيمان معرفة بالقلب وقول باللسان وعمل بالأركان)
dan hadis riwayat Muslim dari Umar bin Khattab
(قال فأخبرنى عن الإيمان قال أن تؤمن بالله...  )
dan hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah
(الإيمان بضع وسبعون شعبة فأفضلهاقول لااله إلا الله ...)
 dan hadis tentang ibadah yang diterima Allah hadis riwayat Al-Bazzar dari Adh-Dhahaq:
(قال الله تعالى أنا خير شريك فمن أشرك معي شريكا فهو للشريكي "أيها الناس اخلصوا أعمالكم لله....)
dan hadis riwayat Muslim dari Aisyah
(من عمل عملا ليس عليه أمرنا فهو رد)
dalam fenomena kehidupan dan akibatnya

3.     Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

3.1         Memahami kedudukan Al-Qur`an dan hadis sebagai pedoman hidup umat manusia
3.2        Memahami isi kandungan Q.S. al-Fatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlas (112) tentang tauhid dalam konsep Islam
3.3        Memahami keterkaitan isi kandungan hadis tentang iman riwayat Ali bin Abi Talib dari Ibnu Majah
(الإيمان معرفة بالقلب وقول باللسان وعمل بالأركان)
dan hadis riwayat Muslim dari Umar bin Khattab
(قال فأخبرنى عن الإيمان قال أن تؤمن بالله...  )
dan hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah
(الإيمان بضع وسبعون شعبة فأفضلهاقول لااله إلا الله ...)
 dan hadis tentang ibadah yang diterima Allah hadis riwayat Al-Bazzar dari Adh-Dhahaq:
(قال الله تعالى أنا خير شريك فمن أشرك معي شريكا فهو للشريكي "أيها الناس اخلصوا أعمالكم لله....)
dan hadis riwayat Muslim dari Aisyah
(من عمل عملا ليس عليه أمرنا فهو رد)
dalam fenomena kehidupan dan akibatnya
2.      Mengolah, menyaji dan menallar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

4.1         Mempraktikkan cara hidup yang sesuai dengan Al-Qur`an dan hadis
4.2        Menunjukkan contoh sikap orang yang memiliki tauhid sesuai isi kandungan Q.S. al-Fatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlas (112).
4.3        Menunjukkan contoh sikap orang yang beribadah didasari keikhlasan sesuai  hadis tentang iman riwayat Ali bin Abi Thalib dari Ibnu Majah:
(الإيمان معرفة بالقلب وقول باللسان وعمل بالأركان)
dan hadis riwayat Muslim dari Umar bin Khattab:
(قال فأخبرنى عن الإيمان قال أن تؤمن بالله...  )
 dan hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah:
(الإيمان بضع وسبعون شعبة فأفضلهاقول لااله إلا الله ...)
dan hadis tentang ibadah yang diterima Allah riwayat Al-Bazzar dari Adh-Dhahaq:
(قال الله تعالى أنا خير شريك فمن أشرك معي شريكافهوللشريكي "أيها الناس اخلصوا أعمالكم لله....)
dan hadis riwayat Muslim dari Aisyah
(من عمل عملا ليس عليه أمرنا فهو رد)


A.2. KELAS VII SEMESTER GENAP  - AL QURAN
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR BARU
1.  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

1.1        Menyadari keutamaan membaca Al-Qur`an dengan baik dan benar sesuai kaidah Ilmu Tajwid
1.2        Menyadari  keutamaan sikap  tasammup
1.3        Meyakini pentingnya sikap optimis dan istiqamah dalam berdakwah
2.  Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1      Terbiasa membaca Al-Qur`an dengan baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari
2.2      Memiliki sikap  tasammup   sebagai implementasi dari pemahaman tentang kandungan  Q.S. al- Kwfiryn (109), Q.S. al-Bayyinah (98), dan hadis tentang toleransi dalam kehidupan sehari-hari
2.3     Memiliki sikap optimis dan istiqamah dalam berdakwah  sebagai implementasi dari pemahaman tentang kandungan  Q.S. al-Lahab (111) dan Q.S an-Nasr (110) dalam kehidupan sehari-hari
3.  Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

3.1         Memahami ketentuan hukum bacaan Qalqalah dalam Q.S. al-Bayyinah (98), al- al- Kwfiryn (109), dan Al-Qur`an surah-surah pendek pilihan
3.2         Memahami isi kandungan Q.S. al- Kwfiryn (109), Q.S al-Bayyinah (98)  tentang toleransi dan membangun kehidupan umat beragama dan hadis riwayat Ahmad, At-Tirmzi, Ibnu Hibban, Al-Hakim, Al-Baihaqi dari Ibnu Umar r.a.
خير الاصحاب عند الله خيرهم لصاحبه وخير الجيران عند الله خيرهم لجاره
dan hadis riwayat Muslim dari Anas bin Malik
والذى نفسى بيده لا يؤمن عبد حتى يحب لجاره مايحب لنفسه
3.3        Memahami isi kandungan Q.S. al-Lahab (111) dan Q.S an-Nasr (110) tentang problematika dakwah
4.     Mengolah, menyaji dan menallar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

4.1         Menerapkan hukum bacaan Qalqalah dalam Q.S. al-Bayyinah (98), al- al- Kwfiryn (109), dan Al-Qur`an surah-surah pendek pilihan
4.2        Mendemonstrasikan sikap tasammup (toleran) dalam membangun kehidupan beragama sesuai hadis riwayat Ahmad, At-Tirmizi, Ibnu Hibban, Al-Hakim, Al-Baihaqi dari Ibnu Umar r.a.
خير الاصحاب عند الله خيرهم لصاحبه وخير الجيران عند الله خيرهم لجاره
dan hadis riwayat Muslim dari Anas bin Malik
والذى نفسى بيده لا يؤمن عبد حتى يحب لجاره مايحب لنفسه
4.3 Mendemosntrasikan sikap istiqamah Rasulullah SAW dalam menghadapi tantangan kaum kafir, sesuai isi kandungan Q.S. al-Lahab (111) dan Q.S an-Nasr (110)





































     
A.3. KELAS VIII SEMESTER GANJIL   - AL QURAN
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR BARU
1.     Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

1.1    Menyadari keutamaan membaca al Qur’an dengan baik dan benar sesuai kaidah Ilmu Tajwid
1.2        Meyakini bahwa setiap rezeki telah    ditentukan Allah
1.3.      Menghayati keutamaan tolong-menolong dan menyantuni anak yatim
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1.      Terbiasa membaca al Qur’an dengan baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari
2.2.      Terbiasa bersikap taat sebagai implementasi dari pemahaman tentang kandungan Q.S. al-Quraisy dan Q.S. al-Insyirwp (94) tentang ketentuan rezeki dari Allah
2.3. Memiliki sikap tolong menolong dan mencintai anak yatim sebagai implementasi dari pemahaman tentang kandungan Q.S. al-Kaufar (108) dan Q.S. al-Mw‘yn (107) dan hadis tentang perilaku tolong-menolong riwayat Al-Bukhari dari Abdullah Ibnu Umar
3.   Memahami  dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

3.1. Memahami ketentuan hukum bacaan mad ‘iwad, mad layin, dan mad ‘arid lissukun dalam Al-Qur’an surah-surah pendek  pilihan.
3.2. Memahami isi kandungan Q.S. al-Quraisy dan Q.S. al-Insyirwp (94) tentang ketentuan rezeki dari Allah
3.3. Memahami isi kandungan Q.S. al-Kaufar (108) dan Q.S. al-Mw‘yn (107) tentang kepedulian sosial dan isi kandungan hadis tentang perilaku tolong-menolong riwayat Al-Bukhari dari Abdullah Ibnu Umar
(المسلم أخوالمسلم لايظلمه ولايسلمه... )
dan hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah
(من نفس عن مؤمن كربة نفس الله عنه كربة.. ..)
dan hadis tentang mencintai anak yatim riwayat Al-Bukhari dari Sahl bin Saad
(أناوكافل اليتيم... )
dan hadis riwayat Ibnu Majah dari Abu Hurairah
(خيربيت في المسلمين بيت فيه يتيم ...)
  dalam fenomena kehidupan dan akibatnya
4.   Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

4.1    Memprakteka hukum bacaan mad ‘iwad, mad layin, dan mad ‘arid lissukun dalam Al-Qur’an surah-surah pendek  pilihan
4.2     Mensimulasikan isi kandungan Q.S. al-Quraisy dan Q.S. al-Insyirwp (94) tentang ketentuan rezeki dari Allah
4.3    Mensimulasikan sikap tolong menolong dan peduli terhadap anak yatim Q.S. al-Kaufar (108) dan Q.S. al-Mw‘yn (107)
dan sikap tolong menolong sesama muslim seauai isi kandungan hadis tentang tolong-menolong riwayat Al-Bukhari dari Abdullah bin Umar
(المسلم أخو المسلم لايظلمه ولايسلمه... )
dan hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah
(من نفس عن مؤمن كربة نفس الله عنه كربة. ..)
dan hadis tentang mencintai anak yatim riwayat Al-Bukhari dari Sahl bin Sa’ad
(أناوكافل اليتيم... )
dan hadis riwayat Ibnu Majah dari Abu Hurairah
(خيربيت في المسلمين بيت فيه يتيم ...)




A. 4. KELAS VIII SEMESTER GENAP  - ALQURAN
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR BARU
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

1.1    Menyadari keutamaan membaca al Qur’an dengan baik dan benar sesuai kaidah Ilmu Tajwid
1.2    Meyadari akibat / bahaya sikap buruk  sebagaimana kandungan Q.S. al-Humazah (104) dan Q.S. at-Takwfur (102)
1.3    Menyadari pentingnya menerapkan pola hidup seimbang antara dunia dan akhirat
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1    Terbiasa membaca al Qur’an dengan baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari
2.2    Terbiasa menghindari perilaku buruk sebagai implementasi dari pemahaman tentang kandungan Q.S. al-Humazah  (104) dan Q.S. at-Takwfur (102) dalam fenomena kehidupan sehari-hari dan akibatnya
2.3   Memiliki perilaku  seimbang antara dunia dan akhirat sebagai implementasi dari pemahaman tentang kandungan hadis tentang perilaku keseimbangan hidup.
3.   Memahami dan menerapkan  pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

3.1        Memahami ketentuan hukum bacaan lam dan ra dalam Q.S. al-Humazah (104), Q.S. at-Takwfur (102), dan surah-surah lain dalam Al-Qur’an
3.2        Memahami isi kandungan Q.S. al-Humazah (104) dan Q.S. at-Takwfur (102) tentang sifat cinta dunia dan melupakan kebahagian hakiki
3.3        Memahami isi kandungan hadis tentang perilaku keseimbangan hidup di dunia dan akhirat riwayat Ibnu Asakir dari Anas
(ليس بخيركم من ترك دنياه لأخرته. ..)
dan hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah
(المؤمن القوي خير وأحب إلى الله من المؤمن الضعيف)
 dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Zubair bin Awwam
لأن يأخذ أحدكم أحبلا فيأخذ خزمة من حطب...
4.   Mengolah, dan menyaji dan  menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1        Mendemonstrasikan hukum bacaan lam dan ra dalam Q.S. al-Humazah (104), Q.S. at-Takwfur (102), dan surah-surah lain dalam Al-Qur’an.
4.2        Mensimulasikan sikap yang sesuai dengan isi kandungan Q.S. al-Humazah (104) dan Q.S. at-Takatsur (102) tentang sifat cinta dunia dan melupakan kebahagian hakiki
4.3        Menyajikan data tentang sikap hidup yang seimbang antara kahidupan dunia dan kehidupan akhirat sesuai hadis tentang keseimbangan hidup di dunia dan akhirat riwayat Ibnu Asakir dari Anas
(ليس بخيركم من ترك دنياه لأخرته. ..)
dan hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah
(المؤمن القوي خير وأحب إلى الله من المؤمن الضعيف)
 dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Zubair bin Awwam
لأن يأخذ أحدكم أحبلا فيأخذ خزمة من حطب...


A.5. KELAS IX SEMESTER GANJIL   - AL QURAN
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

1.1      Menyadari keutamaan membaca Al-Qur`an dengan baik dan benar sesuai kaidah Ilmu Tajwid
1.2      Menyadari pentingnya menjaga kelestarian  alam
1.3        Meyakini kekuasaan Allah pada fenomena alam yang terjadi
2.  Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1       Terbiasa membaca Al-Qur`an dengan baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari
2.2       Terbiasa menyikapi dengan baik fenomena alam sebagai implementasi dari pemahaman tentang kandungan Q.S. al-Qari‘ah (101), Q.S. az-Zalzalah (99)
2.3        Memiliki sikap peduli terhadap lingkungan sebagai implementasi dari pemahaman tentang kandungan hadis tentang kelestarian alam
3     Memahami dan menerapkan  pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

3.1       Memahami ketentuan  hukum mad silah, mad badal, mad tamkrn, dan mad farqi dalam Q.S. al-Qari‘ah (101), Q.S. az-Zalzalah (99)  dan pada surah-surah pendek pilihan
3.2       Memahami isi kandungan Q.S. al-Qari‘ah (101, Q.S. az-Zalzalah (99)   tentang fenomena alam dalam kehidupan
3.3        Memahami keterkaitan isi kandungan hadis riwayat At-Tirmizi
(مَن أَحْيى أَرْضًامَيِّتَةً...)
 riwayat Ibnu Majah
(مَنْ حَفَرَ بِئْرًا فَلَهُ أَرْبَعُوْنَ ذِرَاعًا...)
 riwayat Ahmad
(عَنْ إِخْصَاءِ الْخَيْلِ ...)
 riwayat Al-Bazzar
نَهَى صَيْرِ الرُّوْحِ ...
tentang perilaku menjaga dan melestarikan lingkungan alam dengan fenomena kehidupan dan akibatnya
4     Mengolah,  menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

4.1       Mempraktikkan hukum mad silah, mad badal, mad tamkrn, dan mad farqi dalam Q.S. al-Qari‘ah (101), Q.S. az-Zalzalah (99)  dan pada surah-surah pendek pilihan.
4.2       Mensimulasikan isi kandungan Q.S. al-Qari‘ah (101, Q.S. az-Zalzalah (99)   tentang fenomena alam dalam kehidupan
4.3       Mendemontrasikan sikap tentang upaya pelestarian alam sesuai hadis riwayat At-Tirmizi
(مَن أَحْيى أَرْضًامَيِّتَةً...).
 riwayat Ibnu Majah
(مَنْ حَفَرَ بِئْرًا فَلَهُ أَرْبَعُوْنَ ذِرَاعًا...)
 riwayat Ahmad
(عَنْ إِخْصَاءِ الْخَيْلِ ...)
 riwayat Al-Bazzar
نَهَى صَيْرِ الرُّوْحِ ... tentang  menjaga dan melestarikan lingkungan alam


A.6. KELAS IX SEMESTER GENAP - ALQURAN
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR BARU
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

1.1   Menyadari keutamaan membaca Al-Qur`an dengan baik dan benar sesuai kaidah Ilmu Tajwid
1.2   Menyadari pentingnya memanfaatkan waktu dan mencari ilmu
1.3   Menghayati fenomena alam sebagai sumber ilmu pengetahuan
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1     Terbiasa membaca Al-Qur`an dengan baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari
2.2      Memiliki semangat menghargai waktu dan mencari ilmu sebagai implementasi dari pemahaman tentang kandungan Q.S. al-‘Asr (03) dan Q.S. al-‘Alaq (96)
2.3     Membiasakan sikap disiplin dalam kehidupan sehari-hari sebagai implementasi dari pemahaman tentang kandungan hadis riwayat Al-Bukhari dari Abdullah bin Umar mengenai menghargai waktu
3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

3.1     Memahami ketentuan hukum mad lazim mukhaffaf kilmi, musaqqal kilmi, mad lazim musaqqal harfi, dan mad lazim mukhaffaa harfi dalam Al-Qur`an
3.2     Memahami isi kandungan Q.S. al-‘Asr (03) dan Q.S. al-‘Alaq (96) tentang menghargai waktu dan menuntut ilmu
3.3     Memahami keterkaitan isi kandungan hadis riwayat Al-Bukhari dari Abdullah bin Umar
كُنْ فِي الدُّنْيَا كَأَنَّكَ غَرِيْبٌ ...
tentang perilaku menghargai waktu dan hadis riwayat Ibnu majah dari Anas bin Malik
طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِ مُسْلِمٍ
tentang menuntut ilmu

4     Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

4.1         Mempraktikkan hukum mad lazim mukhaffaf kilmi, musaqqal kilmi, mad lazim musaqqal harfi, dan mad lazim mukhaffaa harfi dalam Al-Qur`an
4.2         Menyajikan data  tentang pemanfaatan waktu dan menuntut ilmu sesuai  isi kandungan Q.S. al-‘Asr (03) dan Q.S. al-‘Alaq (96)
4.3        Membuat jadwal kegiatan harian yang mencerminkan pemanfaatan waktu dan menuntut ilmu sesuai Q.S. al-‘Asr (03) dan Q.S. al-‘Alaq (96) dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Abdullah bin Umar
كُنْ فِي الدُّنْيَا كَأَنَّكَ غَرِيْبٌ ...
tentang perilaku menghargai waktu dan hadis riwayat Ibnu majah dari Anas bin Malik
طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِ مُسْلِمٍ
tentang tentang menuntut ilmu


KI KD Fiqih berikutnya


Tidak ada komentar:

Posting Komentar