Standar Isi yang digunakan sebagai pedoman dalam penyusunan Kurikulum di MTsN 3 Mojokerto tahun pelajaran 2019/2020 berpedoman pada :
a.
Permendikbud no 20 tahun 2016 tentang SKL
b.
Permendikbud nomor 21 tahun 2016 tentang Standar Isi
c.
KMA no 165 tahun 2014 : untuk KI
dan KD mata pelajaran PAI dan B. Arab
d.
Permendikbud no 24 tahun 2016 untuk KI KD mata pelajaran umum beserta lampiran
silabus edisi revisi 2017
e.
Permendikbud no 35 tahun 2018 tentang perubahan permendikbud no 58 tahun
2014 tentang Kurikulum 2013 pada SMP/MTs.
f. Permendikbud no 37 tahun 2018
tentang perubahan atas permendikbud no 24 tahun 2016 tentang Kompetensi Inti
dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 pada pendidikan menengah.
KI dan KD Kelompok Mata
Pelajaran PAI dan Bahasa Arab
Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar mata pelajaran ini
diatur berdasarkan Peraturan Menteri Agama RI Nomor 912 tahun 2013, dan
telah direvisi sebagaimana tercantum
dalam Lampiran Keputusan Menteri Agama (KMA) No. 165 tahun 2014 tentang Pedoman
Kurikulum Madrasah 2013
Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa
Arab di Madrasah.
Struktur kelompok mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab dalam kurikulum Madrasah
meliputi: 1) Al-Qur`an Hadis, 2) Akidah Akhlak, 3) Fikih, 4) Sejarah Kebudayaan
Islam (SKI), dan 5) Bahasa Arab. Masing-masing mata pelajaran tersebut pada dasarnya
saling terkait dan melengkapi.
1.
Al-Qur`an-Hadis
merupakan sumber utama ajaran Islam, dalam arti keduanya merupakan sumber
akidah-akhlak, syari’ah/fikih (ibadah, muamalah), sehingga
kajiannya berada di setiap unsur tersebut.Akidah merupakan akar atau pokok agama.
2.
Fikih (syari’ah)
merupakan sistem atau seperangkat aturan yang mengatur hubungan manusia dengan
Allah SWT. (hablum-Minallah), sesama
manusia (hablum-Minan-nas), dan dengan
makhluk lainnya (hablum -Ma‘al-Gairi).
3.
Sejarah
Kebudayaan Islam (SKI) merupakan catatan perkembangan perjalanan hidup manusia
muslim dari masa ke masa dalam beribada, bermuamalah dan berakhlak serta dalam
mengembangkan sistem kehidupan atau menyebarkan ajaran Islam yang dilandasi
oleh akidah.
4.
Bahasa Arab
sebagai bahasa pengantar untuk memahami
ajaran Islam. Dengan Bahasa Arab, ajaran Islam dapat dipahami secara benar dan
mendalam dari sumber utamanya, yaitu Al-Qur`an dan Hadis serta
literatur-literatur pendukungnya yang berbahasa Arab seperti Kitab Tafsir dan Syarah
Hadis.
A. KI KD -QUR`AN HADIS
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI
DASAR BARU
|
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Meyakini Al-Qur`an dan hadis sebagai pedoman hidup
1.2
Menghayati
kandungan Q.S. al-Fatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlas
(112) tentang keesaan Allah
1.3
Meyakini isi kandungan hadis tentang iman dan hadis
tentang ibadah yang diterima Allah adalah yang dilakukan dengan ikhlas.
|
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan
dan keberadaannya
|
2.1
Memiliki perilaku mencintai Al-Qur`an
dan hadis dalam kehidupan
2.2
Terbiasa beribadah dan berdoa sebagai
implementasi dari pemahaman tentang kandungan Q.S. al-Fatihah (1), an-Nas
(114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlas (112)
dalam kehidupan sehari-hari
2.3
Terbiasa beribadah sebagai implementasi dari pemahaman tentang kandungan hadis mengenai
ibadah yang diterima Allah
|
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1
Memahami
kedudukan Al-Qur`an dan hadis sebagai pedoman hidup umat manusia
3.2
Memahami isi
kandungan Q.S. al-Fatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlas
(112) tentang tauhid dalam konsep Islam
3.3
Memahami keterkaitan isi kandungan hadis tentang iman riwayat Ali bin
Abi Talib dari Ibnu Majah
(الإيمان معرفة بالقلب وقول باللسان وعمل بالأركان)
dan hadis riwayat Muslim dari Umar bin Khattab
(قال فأخبرنى عن الإيمان قال أن تؤمن بالله...
)
dan hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah
(الإيمان بضع وسبعون شعبة فأفضلهاقول لااله إلا الله ...)
dan hadis
tentang ibadah yang diterima Allah hadis riwayat Al-Bazzar dari Adh-Dhahaq:
(قال الله تعالى أنا خير شريك فمن أشرك معي
شريكا فهو للشريكي "أيها الناس اخلصوا أعمالكم لله....)
dan hadis riwayat Muslim dari Aisyah
(من عمل عملا ليس عليه أمرنا فهو رد)
dalam fenomena kehidupan dan akibatnya
|
3.
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata
|
3.1
Memahami kedudukan Al-Qur`an dan hadis sebagai pedoman hidup umat
manusia
3.2
Memahami isi kandungan Q.S. al-Fatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq
(113) dan al-Ikhlas (112) tentang tauhid dalam konsep Islam
3.3
Memahami keterkaitan isi kandungan hadis tentang
iman riwayat Ali bin Abi Talib dari Ibnu Majah
(الإيمان معرفة بالقلب وقول باللسان وعمل بالأركان)
dan hadis riwayat Muslim dari
Umar bin Khattab
(قال فأخبرنى عن الإيمان قال أن تؤمن بالله...
)
dan hadis riwayat Muslim dari Abu
Hurairah
(الإيمان بضع وسبعون شعبة فأفضلهاقول لااله إلا الله ...)
dan hadis tentang
ibadah yang diterima Allah hadis riwayat Al-Bazzar dari Adh-Dhahaq:
(قال الله تعالى أنا خير شريك فمن أشرك معي شريكا فهو
للشريكي "أيها الناس اخلصوا
أعمالكم لله....)
dan hadis riwayat Muslim dari Aisyah
(من عمل عملا ليس عليه أمرنا فهو رد)
dalam fenomena kehidupan dan akibatnya
|
2. Mengolah, menyaji dan menallar dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori
|
4.1
Mempraktikkan cara hidup yang sesuai dengan Al-Qur`an
dan hadis
4.2
Menunjukkan contoh sikap orang yang memiliki tauhid
sesuai isi kandungan Q.S. al-Fatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113) dan
al-Ikhlas (112).
4.3
Menunjukkan contoh sikap orang yang beribadah didasari
keikhlasan sesuai hadis tentang iman
riwayat Ali bin Abi Thalib dari Ibnu Majah:
(الإيمان معرفة بالقلب وقول باللسان وعمل بالأركان)
dan hadis riwayat Muslim dari Umar bin Khattab:
(قال فأخبرنى عن الإيمان قال أن تؤمن بالله... )
dan hadis riwayat Muslim dari
Abu Hurairah:
(الإيمان بضع وسبعون شعبة فأفضلهاقول لااله إلا الله ...)
dan hadis tentang ibadah yang diterima Allah riwayat Al-Bazzar dari
Adh-Dhahaq:
(قال الله تعالى أنا خير شريك فمن أشرك معي
شريكافهوللشريكي "أيها الناس اخلصوا أعمالكم لله....)
dan hadis riwayat Muslim dari Aisyah
(من عمل عملا ليس عليه أمرنا فهو رد)
|
A.2. KELAS VII SEMESTER GENAP - AL QURAN
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR BARU
|
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Menyadari
keutamaan membaca Al-Qur`an dengan baik dan benar sesuai kaidah Ilmu Tajwid
1.2
Menyadari keutamaan sikap tasammup
1.3
Meyakini
pentingnya sikap optimis dan istiqamah dalam berdakwah
|
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan
dan keberadaannya
|
2.1 Terbiasa membaca Al-Qur`an dengan
baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari
2.2 Memiliki sikap tasammup
sebagai implementasi dari pemahaman tentang kandungan Q.S. al- Kwfiryn (109), Q.S. al-Bayyinah (98),
dan hadis tentang toleransi dalam kehidupan sehari-hari
2.3
Memiliki sikap optimis dan istiqamah dalam
berdakwah sebagai implementasi dari
pemahaman tentang kandungan Q.S.
al-Lahab (111) dan Q.S an-Nasr (110) dalam kehidupan
sehari-hari
|
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1
Memahami ketentuan hukum bacaan Qalqalah
dalam Q.S. al-Bayyinah (98), al- al- Kwfiryn (109), dan Al-Qur`an surah-surah pendek pilihan
3.2
Memahami isi kandungan Q.S. al- Kwfiryn (109), Q.S al-Bayyinah (98) tentang toleransi dan membangun kehidupan
umat beragama dan hadis riwayat Ahmad, At-Tirmzi, Ibnu Hibban, Al-Hakim,
Al-Baihaqi dari Ibnu Umar r.a.
خير الاصحاب عند الله خيرهم لصاحبه وخير الجيران عند
الله خيرهم لجاره
dan hadis riwayat Muslim dari Anas bin Malik
والذى نفسى بيده لا يؤمن عبد حتى يحب لجاره
مايحب لنفسه
3.3
Memahami isi kandungan Q.S. al-Lahab (111) dan Q.S
an-Nasr (110) tentang problematika dakwah
|
4. Mengolah, menyaji dan menallar dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
4.1
Menerapkan hukum bacaan Qalqalah dalam
Q.S. al-Bayyinah (98), al- al- Kwfiryn (109), dan Al-Qur`an surah-surah pendek pilihan
4.2
Mendemonstrasikan sikap tasammup (toleran) dalam membangun kehidupan beragama sesuai
hadis riwayat Ahmad, At-Tirmizi, Ibnu Hibban, Al-Hakim, Al-Baihaqi dari Ibnu
Umar r.a.
خير الاصحاب عند الله خيرهم لصاحبه وخير الجيران عند
الله خيرهم لجاره
dan hadis riwayat Muslim dari Anas bin Malik
والذى نفسى بيده لا يؤمن عبد حتى يحب لجاره
مايحب لنفسه
4.3 Mendemosntrasikan sikap istiqamah
Rasulullah SAW dalam menghadapi tantangan kaum kafir, sesuai isi kandungan
Q.S. al-Lahab (111) dan Q.S an-Nasr (110)
|
A.3. KELAS VIII SEMESTER GANJIL - AL QURAN
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR BARU
|
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Menyadari keutamaan membaca al Qur’an
dengan baik dan benar sesuai kaidah Ilmu Tajwid
1.2
Meyakini bahwa
setiap rezeki telah ditentukan Allah
1.3.
Menghayati keutamaan tolong-menolong
dan menyantuni anak yatim
|
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri,
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1.
Terbiasa membaca al Qur’an dengan baik
dan benar dalam kehidupan sehari-hari
2.2.
Terbiasa bersikap taat sebagai
implementasi dari pemahaman tentang kandungan Q.S. al-Quraisy dan Q.S.
al-Insyirwp (94) tentang
ketentuan rezeki dari Allah
2.3. Memiliki sikap tolong menolong dan mencintai anak yatim sebagai
implementasi dari pemahaman tentang kandungan Q.S. al-Kaufar (108) dan
Q.S. al-Mw‘yn (107) dan hadis tentang perilaku tolong-menolong riwayat Al-Bukhari dari
Abdullah Ibnu Umar
|
3.
Memahami dan
menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1. Memahami ketentuan hukum bacaan
mad ‘iwad, mad layin, dan mad ‘arid lissukun dalam Al-Qur’an
surah-surah pendek pilihan.
3.2. Memahami isi kandungan Q.S.
al-Quraisy dan Q.S. al-Insyirwp (94) tentang ketentuan rezeki dari
Allah
3.3. Memahami isi kandungan Q.S. al-Kaufar (108) dan
Q.S. al-Mw‘yn (107) tentang kepedulian sosial dan isi kandungan hadis
tentang perilaku tolong-menolong riwayat Al-Bukhari dari Abdullah Ibnu Umar
(المسلم أخوالمسلم لايظلمه ولايسلمه... )
dan hadis riwayat
Muslim dari Abu Hurairah
(من نفس عن مؤمن كربة نفس الله عنه كربة.. ..)
dan hadis tentang
mencintai anak yatim riwayat Al-Bukhari dari Sahl bin Saad
(أناوكافل اليتيم... )
dan hadis riwayat
Ibnu Majah dari Abu Hurairah
(خيربيت في المسلمين بيت فيه يتيم ...)
dalam fenomena kehidupan dan akibatnya
|
4. Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di
sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
4.1 Memprakteka hukum bacaan mad ‘iwad, mad layin, dan mad ‘arid
lissukun dalam Al-Qur’an surah-surah pendek pilihan
4.2 Mensimulasikan
isi
kandungan Q.S. al-Quraisy dan Q.S. al-Insyirwp (94) tentang ketentuan rezeki dari
Allah
4.3 Mensimulasikan
sikap tolong menolong dan peduli terhadap anak yatim Q.S. al-Kaufar (108) dan Q.S. al-Mw‘yn (107)
dan sikap tolong menolong sesama muslim
seauai isi kandungan hadis tentang tolong-menolong riwayat Al-Bukhari dari
Abdullah bin Umar
(المسلم أخو المسلم لايظلمه ولايسلمه... )
dan hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah
(من نفس عن مؤمن كربة نفس الله عنه كربة. ..)
dan hadis tentang mencintai anak yatim riwayat Al-Bukhari dari Sahl bin
Sa’ad
(أناوكافل اليتيم... )
dan hadis riwayat Ibnu Majah dari Abu Hurairah
(خيربيت في المسلمين بيت فيه يتيم ...)
|
A. 4. KELAS VIII SEMESTER GENAP - ALQURAN
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR BARU
|
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Menyadari keutamaan membaca al Qur’an dengan baik dan benar
sesuai kaidah Ilmu Tajwid
1.2
Meyadari akibat / bahaya sikap
buruk sebagaimana kandungan Q.S. al-Humazah (104) dan Q.S. at-Takwfur (102)
1.3
Menyadari pentingnya menerapkan
pola hidup seimbang antara dunia dan akhirat
|
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri,
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1 Terbiasa
membaca al Qur’an dengan baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari
2.2 Terbiasa
menghindari perilaku buruk sebagai implementasi dari pemahaman tentang
kandungan Q.S. al-Humazah (104) dan
Q.S. at-Takwfur (102) dalam fenomena kehidupan
sehari-hari dan akibatnya
2.3 Memiliki perilaku seimbang antara dunia dan akhirat sebagai
implementasi dari pemahaman tentang kandungan hadis tentang perilaku
keseimbangan hidup.
|
3.
Memahami dan menerapkan
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1
Memahami ketentuan hukum bacaan lam
dan ra dalam Q.S. al-Humazah (104), Q.S. at-Takwfur (102), dan surah-surah lain dalam
Al-Qur’an
3.2
Memahami isi kandungan Q.S. al-Humazah
(104) dan Q.S. at-Takwfur (102) tentang sifat cinta dunia dan
melupakan kebahagian hakiki
3.3
Memahami isi kandungan hadis tentang
perilaku keseimbangan hidup di dunia dan akhirat riwayat Ibnu Asakir dari
Anas
(ليس بخيركم من ترك دنياه لأخرته. ..)
dan hadis riwayat
Muslim dari Abu Hurairah
(المؤمن القوي خير وأحب إلى الله من المؤمن الضعيف)
dan hadis riwayat Al-Bukhari
dari Zubair bin Awwam
لأن يأخذ أحدكم أحبلا فيأخذ خزمة من حطب...
|
4. Mengolah, dan
menyaji dan menalar dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam
sudut pandang/teori
|
4.1
Mendemonstrasikan hukum bacaan lam
dan ra dalam Q.S. al-Humazah (104), Q.S. at-Takwfur (102), dan surah-surah lain dalam
Al-Qur’an.
4.2
Mensimulasikan sikap yang sesuai dengan
isi kandungan Q.S. al-Humazah (104) dan Q.S. at-Takatsur (102) tentang sifat
cinta dunia dan melupakan kebahagian hakiki
4.3
Menyajikan data tentang sikap hidup
yang seimbang antara kahidupan dunia dan kehidupan akhirat sesuai hadis tentang keseimbangan hidup di dunia dan
akhirat riwayat Ibnu Asakir dari Anas
(ليس بخيركم من ترك دنياه لأخرته. ..)
dan hadis riwayat
Muslim dari Abu Hurairah
(المؤمن القوي خير وأحب إلى الله من المؤمن الضعيف)
dan hadis riwayat Al-Bukhari
dari Zubair bin Awwam
لأن يأخذ أحدكم أحبلا فيأخذ خزمة من حطب...
|
A.5. KELAS IX SEMESTER GANJIL - AL QURAN
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menyadari keutamaan membaca Al-Qur`an dengan baik dan benar sesuai
kaidah Ilmu Tajwid
1.2 Menyadari pentingnya menjaga kelestarian alam
1.3
Meyakini kekuasaan Allah pada fenomena alam yang terjadi
|
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan
dan keberadaannya
|
2.1 Terbiasa membaca Al-Qur`an dengan
baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari
2.2 Terbiasa menyikapi dengan baik
fenomena alam sebagai implementasi dari pemahaman tentang kandungan Q.S.
al-Qari‘ah (101), Q.S. az-Zalzalah (99)
2.3
Memiliki sikap peduli
terhadap lingkungan sebagai
implementasi dari pemahaman tentang kandungan hadis tentang kelestarian alam
|
3
Memahami dan
menerapkan pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata
|
3.1 Memahami ketentuan hukum mad silah, mad badal, mad
tamkrn, dan mad farqi dalam Q.S. al-Qari‘ah (101), Q.S. az-Zalzalah
(99) dan pada surah-surah pendek
pilihan
3.2 Memahami isi kandungan Q.S.
al-Qari‘ah (101, Q.S. az-Zalzalah (99)
tentang fenomena alam dalam kehidupan
3.3
Memahami keterkaitan isi kandungan hadis riwayat At-Tirmizi
(مَن أَحْيى أَرْضًامَيِّتَةً...)
riwayat Ibnu
Majah
(مَنْ حَفَرَ بِئْرًا فَلَهُ أَرْبَعُوْنَ ذِرَاعًا...)
riwayat Ahmad
(عَنْ إِخْصَاءِ الْخَيْلِ ...)
riwayat
Al-Bazzar
نَهَى صَيْرِ الرُّوْحِ
...
tentang perilaku menjaga dan
melestarikan lingkungan alam dengan fenomena kehidupan dan akibatnya
|
4
Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori
|
4.1
Mempraktikkan hukum mad silah, mad badal, mad tamkrn, dan mad farqi
dalam Q.S. al-Qari‘ah (101), Q.S. az-Zalzalah (99) dan pada surah-surah pendek pilihan.
4.2
Mensimulasikan isi kandungan Q.S. al-Qari‘ah (101, Q.S. az-Zalzalah
(99) tentang fenomena alam dalam
kehidupan
4.3
Mendemontrasikan
sikap tentang upaya pelestarian alam sesuai hadis riwayat At-Tirmizi
(مَن أَحْيى أَرْضًامَيِّتَةً...).
riwayat Ibnu Majah
(مَنْ حَفَرَ بِئْرًا فَلَهُ أَرْبَعُوْنَ ذِرَاعًا...)
riwayat Ahmad
(عَنْ إِخْصَاءِ الْخَيْلِ ...)
riwayat Al-Bazzar
نَهَى صَيْرِ الرُّوْحِ ... tentang menjaga dan melestarikan lingkungan alam
|
A.6. KELAS IX SEMESTER GENAP - ALQURAN
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR BARU
|
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Menyadari
keutamaan membaca Al-Qur`an dengan baik dan benar sesuai kaidah Ilmu Tajwid
1.2
Menyadari pentingnya memanfaatkan waktu dan mencari ilmu
1.3
Menghayati fenomena alam sebagai sumber ilmu
pengetahuan
|
2.
Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1 Terbiasa membaca Al-Qur`an dengan
baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari
2.2 Memiliki semangat menghargai waktu dan
mencari ilmu sebagai implementasi dari pemahaman tentang kandungan Q.S. al-‘Asr (03) dan Q.S. al-‘Alaq (96)
2.3 Membiasakan
sikap disiplin dalam kehidupan sehari-hari sebagai implementasi dari pemahaman tentang
kandungan hadis riwayat Al-Bukhari dari Abdullah bin Umar mengenai menghargai
waktu
|
3.
Memahami dan
menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1 Memahami ketentuan hukum mad
lazim mukhaffaf kilmi, musaqqal kilmi, mad lazim musaqqal harfi, dan mad
lazim mukhaffaa harfi dalam Al-Qur`an
3.2 Memahami isi kandungan Q.S. al-‘Asr (03) dan Q.S. al-‘Alaq (96) tentang menghargai waktu dan menuntut
ilmu
3.3 Memahami keterkaitan isi
kandungan hadis riwayat Al-Bukhari dari Abdullah bin Umar
كُنْ فِي الدُّنْيَا
كَأَنَّكَ غَرِيْبٌ ...
tentang perilaku menghargai waktu
dan hadis riwayat Ibnu majah dari Anas bin Malik
طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِ مُسْلِمٍ
tentang menuntut ilmu
|
4
Mengolah, menyaji dan menalar dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat)
dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam
sudut pandang/teori
|
4.1
Mempraktikkan
hukum mad lazim mukhaffaf kilmi, musaqqal kilmi, mad lazim musaqqal harfi,
dan mad lazim mukhaffaa harfi dalam Al-Qur`an
4.2
Menyajikan
data tentang pemanfaatan waktu dan
menuntut ilmu sesuai isi kandungan
Q.S. al-‘Asr
(03) dan Q.S. al-‘Alaq (96)
4.3
Membuat jadwal
kegiatan harian yang mencerminkan pemanfaatan waktu dan menuntut ilmu sesuai
Q.S. al-‘Asr
(03) dan Q.S. al-‘Alaq (96) dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Abdullah bin
Umar
كُنْ فِي الدُّنْيَا كَأَنَّكَ غَرِيْبٌ ...
tentang perilaku menghargai waktu dan hadis riwayat
Ibnu majah dari Anas bin Malik
طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِ مُسْلِمٍ
tentang
tentang menuntut ilmu
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar