Rabu, 08 April 2020

KI KD PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN PPKN MTS 2019/2020

KI KD PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN PPKN MTS 2019/2020

4.2. KI  KD MATA PELAJARAN UMUM

       Daftar Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar ini disusun berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 37 tahun 2018 tentang perubahan atas permendikbud nomor 24 tahun 2016 tentang KI dan KD Kurikulum 2013 pada pendidikan dasar menengah.

A. KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN  SMP/MTs

KELAS: VII


KOMPETENSI INTI 1 (SIKAP SPIRITUAL)

KOMPETENSI INTI 2 (SIKAP SOSIAL)

1.     Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.     Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya

KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR
1. Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas semangat dan komitmen para pendiri negara dalam merumuskan dan menetapkan Dasar Negara Pancasila
2. Mengembangkan sikap bertanggung jawab dan berkomitmen sebagai warga negara indonesia sepeti yang diteladankan para pendiri negara dalam perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara
1.2  Menghargai norma-norma keadilan
yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa
2. Mematuhi norma-norma yang
berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan
1. Menghargai nilai kesejarahan perumusan dan pengesahan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai bentuk sikap beriman
2. Mengembangkan sikap bertanggung jawab yang mendukung nilai kesejarahan perumusan dan pengesahan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945
1. Menghormati keberagaman norma-
norma, suku, agama, ras dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika sebagai sesama ciptaan Tuhan
2. Menghargai keberagaman suku,
agama, ras dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
1. Mensyukuri makna kerja sama
dalam berbagai bidang kehidupan di masyarakat
2. Mendukung bentuk-bentuk kerja
sama dalam berbagai bidang kehidupan di masyarakat
1. Menghargai karakteristik daerah
tempat tinggalnya dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
2. Bersikap antusias terhadap
persatuan dan kesatuan dengan mempertimbangkan karakteristik daerah tempat tinggalnya





KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3.     Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
4.     Mencoba, mengolah, dan menyaji
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori



KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR
3. Menganalisis proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai Dasar
Negara
4. Menyaji hasil analisis proses perumusan dan penetapan Pancasila
sebagai Dasar Negara
3. Memahami norma-norma yang
berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan
4. Mengampanyekan perilaku sesuai
norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan
3. Menganalisis kesejarahan
perumusan dan pengesahan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
4. Menjelaskan proses kesejarahan
perumusan dan pengesahan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
3. Mengidentifikasi keberagaman suku,
agama, ras dan antargolognan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
4. Mendemonstrasikan hasil
identifikasi suku, agama, ras dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
3. Menganalisis bentuk-bentuk kerja
sama dalam berbagai bidang kehidupan di masyarakat
4. Menunjukkan bentuk-bentuk kerja
sama di pelbagai bidang kehidupan masyarakat
3. Mengasosiasikan karakteristik
daerah dalam kerangka Negara
Kesatuan Republik Indonesia
4. Melaksanakan penelitian sederhana
untuk mengilustrasikan karakteristik daerah tempat tinggalnya sebagai bagian utuh dari Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan rancangan yang telah dibuat


          KELAS VIII PPKn

KOMPETENSI INTI 1 (SIKAP SPIRITUAL)

KOMPETENSI INTI (SIKAP SOSIAL)
1.     Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.     Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya

KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR
1. Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas konsensus nasional Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
2. Mengembangkan sikap yang mencerminkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
1. Menghargai makna, kedudukan dan
fungsi Undang-Undang Dasar
Negara Republik Indonesia Tahun
1945 sebagai bentuk sikap beriman dan bertakwa
2. Mendukung makna, kedudukan dan
fungsi Undang-Undang Dasar
Negara Republik Indonesia Tahun
1945, serta peraturan perundangan lainnya sesuai dengan Undang- Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945
1. Bersyukur kepada Tuhan yang Maha Esa untuk nilai dan semangat Kebangkitan nasional 1908 dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonsia
2. Menunjukkan sikap disiplin dalam menerapkan aturan sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam tata urutan peraturan perundanga- undangan nasional
1. Mensyukuri nilai dan semangat
Kebangkitan nasional 1908 dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia secara tulus.
2. Bertanggung jawab terhadap makna
dan arti penting Kebangkitan nasional 1908 dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia
1. Menjalankan perilaku orang beriman sesuai nilai dan semangat Sumpah
Pemuda tahun 1928 dalam bingkai
Bhinneka Tunggal Ika
2. Mengembangkan sikap toleransi sesuai nilai dan semangat Sumpah
Pemuda tahun 1928 dalam bingkai
Bhinneka Tunggal Ika
1. Mensyukuri semangat dan
komitmen kolektif kebangsaan untuk memperkuat NKRI yang berketuhanan Yang Maha Esa
2. Menunjukkan sikap gotong royong
sebagai wujud nyata semangat dan komitmen kolektif kebangsaan
untuk memperkuat Negara Kesatuan
Republik Indonesia

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3.     Memahami dan menerapkan
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.     Mengolah, menyaji, dan menalar
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR
3. Menelaah Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
4. Menyaji hasil telaah nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandanganhidup bangsa dalam kehidupan sehari-hari











KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR
3. Menelaah makna, kedudukan dan fungsi Undang-Undang Dasar
Negara Republik Indonesia Tahun
1945, serta peratuan perundangan- undangan lainnya dalam sistem hukum nasional
4. Menyajikan hasil telaah makna, kedudukan dan fungsi Undang-
Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam penerapan kehidupan sehari-hari
3. Memahami tata urutan peraturan perundang-undangan dalam sistem hukum nasional nasional di Indonesia
4. Mendemonstrasikan pola pengembangan tata urutan peraturan perundang-undangan dalam sistem hukum nasional nasional di Indonesia
3. Menganalisa makna dan arti
Kebangkitan nasional 1908 dalam
perjuangan kemerdekaan Republik
Indonsia
4. Menyaji hasil penalaran tentang tokoh kebangkitan nasional dalam
perjuangan kemerdekaan Republik
Indonesia
3. Memproyeksikan nilai dan semangat
Sumpah Pemuda tahun 1928 dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
4. Mengaitkan hasil proyeksi nilai-nilai
dan semangat Sumpah Pemuda Tahun 1928 dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika dengan kehidupan sehari-hari
3. Menginterpretasikan semangat dan
komitmen kebangsaan kolektif
untuk memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam kontek kehidupan siswa
4. Mengorganisasikan kegiatan
lingkungan yang mencerminkan semangat dan komitmen kebangsaan untuk memperkuat
Negara Kesatuan Republik Indonesia

          KELAS IX PPKn

KOMPETENSI INTI 1 (SIKAP SPIRITUAL)

KOMPETENSI INTI 2 (SIKAP SOSIAL)
1.     Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.     Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya

KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR
1. Mensyukuri perwujudan Pancasila sebagai Dasar Negara yang merupakan anugerah Tuhan Yang Maha Esa
2. Menunjukkan sikap bangga akan tanah air sebagai perwujudan nilai- nilai Pancasila sebagai dasar negara
1. Menghargai isi alinea dan pokok
pikiran yang terkandung dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun
1945 sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa
2. Melaksanakan isi alinea dan pokok
pikiran yang terkandung dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun
1945
1. Bersyukur kepada Tuhan Yang
Maha Esa atas bentuk dan kedaulatan Negara Republik Indonesia
2. Menunjukkan sikap bertanggung
jawab dalam mendukung bentuk dan kedaulatan Negara
1. Menghormati  keberagaman suku,
agama, ras, dan antargolongan (SARA) di masyarakat sebagai pemberian Tuhan Yang Maha Esa
2. Mengutamakan sikap toleran dalam
menghadapi masalah akibat keberagaman kehidupan bermasyarakat dan cara pemecahannya
1. Mengapresiasi prinsip harmoni dalam keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) sosial, budaya, ekonomi, dan gender
dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
2. Menunjukkan sikap peduli terhadap masalah-masalah yang muncul dalam bidang sosial, budaya, ekonomi, dan gender di masyarakat dan cara pemecahannya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
1. Menunjukkan perilaku orang beriman dalam mencintai tanah air dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia
2. Mengutamakan sikap disiplin
sebagai warga negara sejalan dengan
konsep bela negara dalam konteks
Negara Kesatuan Republik Indonesia

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3.     Memahami dan menerapkan
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.     Mengolah, menyaji, dan menalar
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori



KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR
3. Membandingkan antara peristiwa dan dinamika yang terjadi di
masyarakat dengan praktik ideal Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
4. Merancang dan melakukan penelitian sederhana tentang
peristiwa dan dinamika yang terjadi di masyarakat terkait penerapan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
3. Mensintesiskan isi alinea dan pokok
pikiran yang terkandung dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun
1945
4. Menyajikan hasil sintesis isi alinea
dan pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945
3. Memahami ketentuan tentang
bentuk dan kedaualatan negara sesuai Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun
1945
4. Memaparkan penerapan tentang
bentuk dan kedaualatan negara sesuai Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun
1945
3. Menganalisis prinsip persatuan
dalam keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), sosial, budaya, ekonomi, dan gender dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
4. Mendemonstrasikan hasil analisis
prinsip persatuan dalam keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
3. Menganalisis prinsip harmoni dalam
keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) sosial,
budaya, ekonomi, dan gender dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
4. Menyampaikan hasil analisis prinsip
harmoni dalam keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) sosial, budaya, ekonomi, dan gender dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
3. Mengkreasikan konsep cinta tanah air/bela negara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia
4. Mengorganisasikan kegiatan lingkungan yang mencerminkan konsep cinta tanah air dalam konteks kehidupan sehari-hari





Tidak ada komentar:

Posting Komentar