4.2. KI KD MATA
PELAJARAN UMUM
Daftar Kompetensi Inti
dan Kompetensi Dasar ini disusun
berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 37 tahun 2018
tentang perubahan atas permendikbud nomor 24 tahun 2016 tentang KI dan KD
Kurikulum 2013 pada pendidikan dasar menengah.
A. KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN SMP/MTs
KELAS: VII
KOMPETENSI INTI 1 (SIKAP
SPIRITUAL)
|
KOMPETENSI INTI 2 (SIKAP SOSIAL)
|
|
1. Menghargai
dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya
|
2. Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung
jawab, peduli
(toleran, gotong
royong), santun, dan
percaya
diri dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan
sosial
dan alam dalam jangkauan pergaulan
dan keberadaannya
|
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
|
1.1
Bersyukur kepada Tuhan Yang
Maha Esa atas
semangat dan
komitmen
para pendiri
negara dalam merumuskan
dan menetapkan Dasar Negara Pancasila
|
2.1
Mengembangkan
sikap bertanggung
jawab dan
berkomitmen sebagai warga negara
indonesia sepeti yang diteladankan para pendiri negara dalam perumusan dan
penetapan
Pancasila sebagai
dasar negara
|
|
1.2 Menghargai norma-norma keadilan
yang berlaku
dalam kehidupan bermasyarakat
sebagai anugerah
Tuhan yang Maha Esa
|
2.2
Mematuhi norma-norma yang
berlaku
dalam kehidupan bermasyarakat
untuk mewujudkan
keadilan
|
|
1.3
Menghargai
nilai kesejarahan perumusan dan
pengesahan Undang-Undang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun
1945 sebagai bentuk sikap
beriman
|
2.3 Mengembangkan
sikap bertanggung
jawab yang
mendukung nilai
kesejarahan
perumusan
dan pengesahan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun
1945
|
|
1.4 Menghormati keberagaman norma-
norma, suku, agama,
ras dan antargolongan dalam bingkai
Bhinneka Tunggal Ika sebagai
sesama ciptaan
Tuhan
|
2.4 Menghargai keberagaman
suku,
agama, ras dan
antargolongan dalam bingkai
Bhinneka
Tunggal Ika
|
|
1.5 Mensyukuri makna kerja sama
dalam berbagai bidang
kehidupan
di masyarakat
|
2.5 Mendukung bentuk-bentuk kerja
sama dalam berbagai bidang kehidupan di masyarakat
|
|
1.6 Menghargai
karakteristik
daerah
tempat tinggalnya dalam kerangka
Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai
anugerah
Tuhan Yang Maha Esa
|
2.6 Bersikap
antusias terhadap
persatuan
dan kesatuan
dengan mempertimbangkan karakteristik
daerah tempat
tinggalnya
|
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
3. Memahami pengetahuan
(faktual,
konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu
pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan
kejadian tampak mata
|
4. Mencoba, mengolah, dan
menyaji
dalam ranah
konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat)
dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang)
sesuai
dengan yang dipelajari
di sekolah dan
sumber lain
yang sama dalam sudut pandang/teori
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1 Menganalisis proses
perumusan dan
penetapan Pancasila sebagai
Dasar
Negara
|
4.1 Menyaji
hasil analisis proses perumusan dan
penetapan
Pancasila
sebagai Dasar Negara
|
3.2
Memahami norma-norma yang
berlaku
dalam kehidupan bermasyarakat
untuk mewujudkan
keadilan
|
4.2
Mengampanyekan perilaku sesuai
norma-norma yang
berlaku
dalam kehidupan
bermasyarakat
untuk mewujudkan keadilan
|
3.3
Menganalisis kesejarahan
perumusan
dan pengesahan Undang-undang Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun 1945
|
4.3
Menjelaskan
proses kesejarahan
perumusan
dan pengesahan Undang-undang Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun 1945
|
3.4
Mengidentifikasi keberagaman
suku,
agama, ras dan
antargolognan dalam
bingkai Bhinneka Tunggal Ika
|
4.4
Mendemonstrasikan
hasil
identifikasi
suku, agama, ras dan antargolongan dalam bingkai
Bhinneka Tunggal Ika
|
3.5 Menganalisis bentuk-bentuk
kerja
sama dalam berbagai bidang kehidupan di masyarakat
|
4.5 Menunjukkan
bentuk-bentuk
kerja
sama di pelbagai
bidang kehidupan
masyarakat
|
3.6 Mengasosiasikan
karakteristik
daerah dalam kerangka Negara
Kesatuan Republik
Indonesia
|
4.6
Melaksanakan
penelitian sederhana
untuk
mengilustrasikan karakteristik
daerah tempat
tinggalnya sebagai
bagian utuh
dari Negara Kesatuan Republik Indonesia
berdasarkan rancangan
yang telah dibuat
|
KELAS VIII PPKn
KOMPETENSI INTI 1 (SIKAP SPIRITUAL)
|
KOMPETENSI INTI 2
(SIKAP SOSIAL)
|
1. Menghargai
dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya
|
2. Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung
jawab, peduli
(toleran, gotong
royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan
dan keberadaannya
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.1
Bersyukur kepada Tuhan Yang
Maha Esa atas konsensus
nasional
Pancasila sebagai
dasar negara dan pandangan
hidup bangsa
|
2.1
Mengembangkan
sikap yang mencerminkan nilai-nilai luhur
Pancasila sebagai
dasar negara dan pandangan
hidup bangsa
|
1.2 Menghargai
makna, kedudukan dan
fungsi Undang-Undang
Dasar
Negara Republik Indonesia Tahun
1945 sebagai bentuk sikap
beriman dan
bertakwa
|
2.2 Mendukung makna, kedudukan dan
fungsi Undang-Undang
Dasar
Negara Republik Indonesia Tahun
1945, serta peraturan perundangan lainnya sesuai
dengan Undang- Undang
Dasar Negara Republik
Indonesia 1945
|
1.3
Bersyukur kepada Tuhan
yang Maha Esa untuk nilai dan
semangat
Kebangkitan nasional
1908 dalam perjuangan
kemerdekaan Republik
Indonsia
|
2.3 Menunjukkan
sikap disiplin
dalam menerapkan aturan
sesuai dengan nilai-nilai yang
terkandung dalam
tata urutan peraturan perundanga- undangan nasional
|
1.4 Mensyukuri nilai
dan semangat
Kebangkitan nasional 1908
dalam perjuangan
kemerdekaan Republik
Indonesia secara tulus.
|
2.4
Bertanggung jawab
terhadap
makna
dan arti
penting Kebangkitan nasional 1908
dalam perjuangan
kemerdekaan
Republik Indonesia
|
1.5
Menjalankan perilaku
orang
beriman
sesuai nilai
dan semangat Sumpah
Pemuda tahun
1928 dalam bingkai
Bhinneka Tunggal Ika
|
2.5
Mengembangkan
sikap toleransi
sesuai nilai
dan semangat Sumpah
Pemuda tahun 1928
dalam bingkai
Bhinneka Tunggal
Ika
|
1.6
Mensyukuri semangat dan
komitmen
kolektif kebangsaan untuk
memperkuat NKRI yang berketuhanan Yang
Maha Esa
|
2.6
Menunjukkan
sikap gotong
royong
sebagai wujud nyata semangat
dan komitmen
kolektif kebangsaan
untuk memperkuat
Negara Kesatuan
Republik Indonesia
|
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
3. Memahami dan
menerapkan
pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
|
4. Mengolah, menyaji, dan menalar
dalam ranah
konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat)
dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang)
sesuai
dengan yang dipelajari
di sekolah dan
sumber lain
yang sama dalam sudut pandang/teori
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1 Menelaah
Pancasila sebagai
dasar negara dan pandangan hidup
bangsa
|
4.1 Menyaji
hasil telaah nilai-nilai Pancasila sebagai
dasar negara dan pandanganhidup bangsa dalam kehidupan sehari-hari
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.2
Menelaah
makna, kedudukan
dan fungsi Undang-Undang Dasar
Negara Republik
Indonesia Tahun
1945, serta peratuan perundangan-
undangan lainnya dalam sistem hukum nasional
|
4.2
Menyajikan hasil telaah makna,
kedudukan dan fungsi Undang-
Undang
Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945 dalam penerapan kehidupan sehari-hari
|
3.3
Memahami tata urutan peraturan
perundang-undangan dalam sistem
hukum nasional nasional di Indonesia
|
4.3
Mendemonstrasikan
pola
pengembangan tata
urutan peraturan
perundang-undangan
dalam sistem hukum nasional nasional di Indonesia
|
3.4 Menganalisa makna
dan arti
Kebangkitan nasional 1908
dalam
perjuangan kemerdekaan
Republik
Indonsia
|
4.4 Menyaji hasil penalaran tentang tokoh kebangkitan nasional dalam
perjuangan kemerdekaan Republik
Indonesia
|
3.5
Memproyeksikan
nilai dan semangat
Sumpah Pemuda tahun 1928
dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
|
4.5
Mengaitkan
hasil proyeksi
nilai-nilai
dan semangat Sumpah Pemuda Tahun
1928 dalam bingkai Bhineka
Tunggal Ika
dengan kehidupan
sehari-hari
|
3.6 Menginterpretasikan semangat
dan
komitmen kebangsaan kolektif
untuk
memperkuat Negara Kesatuan
Republik Indonesia
dalam kontek kehidupan siswa
|
4.6 Mengorganisasikan
kegiatan
lingkungan yang
mencerminkan semangat dan
komitmen kebangsaan
untuk memperkuat
Negara Kesatuan
Republik
Indonesia
|
KELAS IX PPKn
KOMPETENSI INTI 1 (SIKAP SPIRITUAL)
|
KOMPETENSI INTI 2 (SIKAP SOSIAL)
|
1. Menghargai
dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya
|
2. Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung
jawab, peduli
(toleran, gotong
royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan
dan keberadaannya
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.1
Mensyukuri perwujudan
Pancasila sebagai Dasar Negara yang merupakan
anugerah Tuhan
Yang Maha Esa
|
2.1
Menunjukkan
sikap bangga
akan tanah air sebagai perwujudan nilai- nilai
Pancasila sebagai dasar negara
|
1.2
Menghargai
isi
alinea dan
pokok
pikiran yang
terkandung dalam
Pembukaan Undang-Undang Dasar
Negara Republik Indonesia Tahun
1945 sebagai wujud rasa syukur
kepada Tuhan Yang
Maha Esa
|
2.2
Melaksanakan isi
alinea dan pokok
pikiran yang
terkandung dalam
Pembukaan Undang-Undang Dasar
Negara Republik Indonesia Tahun
1945
|
1.3
Bersyukur kepada Tuhan
Yang
Maha
Esa atas bentuk dan kedaulatan Negara Republik Indonesia
|
2.3 Menunjukkan
sikap bertanggung
jawab dalam mendukung
bentuk
dan kedaulatan
Negara
|
1.4 Menghormati
keberagaman
suku,
agama, ras, dan antargolongan
(SARA)
di masyarakat sebagai pemberian
Tuhan Yang
Maha Esa
|
2.4 Mengutamakan sikap toleran dalam
menghadapi masalah akibat
keberagaman kehidupan bermasyarakat
dan cara pemecahannya
|
1.5 Mengapresiasi
prinsip harmoni
dalam keberagaman suku, agama, ras, dan
antargolongan
(SARA)
sosial, budaya, ekonomi, dan gender
dalam bingkai
Bhinneka
Tunggal Ika sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
|
2.5 Menunjukkan
sikap peduli
terhadap masalah-masalah yang muncul
dalam bidang sosial, budaya, ekonomi, dan gender di
masyarakat dan
cara pemecahannya dalam bingkai
Bhinneka Tunggal
Ika
|
1.6
Menunjukkan
perilaku
orang
beriman
dalam mencintai tanah air dalam konteks Negara Kesatuan Republik
Indonesia
|
2.6
Mengutamakan sikap disiplin
sebagai warga negara sejalan dengan
konsep bela negara dalam konteks
Negara Kesatuan Republik Indonesia
|
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
3. Memahami dan
menerapkan
pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
|
4. Mengolah, menyaji, dan menalar
dalam ranah
konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat)
dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang)
sesuai
dengan yang dipelajari
di sekolah dan
sumber lain
yang sama dalam sudut pandang/teori
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1 Membandingkan antara peristiwa
dan dinamika yang terjadi
di
masyarakat dengan praktik
ideal
Pancasila sebagai
dasar negara dan pandangan
hidup bangsa
|
4.1 Merancang dan
melakukan
penelitian
sederhana tentang
peristiwa dan dinamika yang
terjadi
di masyarakat terkait penerapan Pancasila sebagai
dasar negara dan pandangan
hidup bangsa
|
3.2 Mensintesiskan isi alinea dan
pokok
pikiran yang terkandung
dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar
Negara Republik Indonesia tahun
1945
|
4.2
Menyajikan
hasil sintesis
isi alinea
dan pokok
pikiran
yang terkandung
dalam Pembukaan
Undang-Undang Dasar Negara Republik
Indonesia
tahun 1945
|
3.3
Memahami ketentuan tentang
bentuk dan
kedaualatan negara
sesuai Undang-Undang
Dasar
Negara Republik Indonesia tahun
1945
|
4.3
Memaparkan
penerapan tentang
bentuk dan
kedaualatan negara
sesuai Undang-Undang Dasar Negara Republik
Indonesia tahun
1945
|
3.4
Menganalisis prinsip persatuan
dalam keberagaman
suku, agama,
ras, dan antargolongan (SARA),
sosial, budaya, ekonomi, dan gender dalam bingkai
Bhinneka
Tunggal Ika
|
4.4
Mendemonstrasikan
hasil analisis
prinsip
persatuan
dalam keberagaman
suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) dalam bingkai
Bhinneka Tunggal Ika
|
3.5
Menganalisis prinsip harmoni
dalam
keberagaman
suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) sosial,
budaya, ekonomi, dan gender dalam
bingkai Bhinneka Tunggal Ika
|
4.5
Menyampaikan
hasil analisis
prinsip
harmoni
dalam keberagaman suku,
agama, ras, dan antargolongan
(SARA)
sosial, budaya, ekonomi, dan gender dalam bingkai Bhinneka
Tunggal Ika
|
3.6
Mengkreasikan
konsep cinta tanah air/bela negara dalam konteks
Negara Kesatuan Republik Indonesia
|
4.6
Mengorganisasikan
kegiatan
lingkungan
yang mencerminkan konsep
cinta tanah air dalam konteks kehidupan
sehari-hari
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar