B. . KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR BAHASA INDONESIA
KELAS: VII
Tujuan kurikulum
mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual, yaitu “Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial, yaitu “Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, dan percaya diri dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya”. Kedua
kompetensi tersebut dicapai
melalui pembelajaran tidak langsung
(indirect
teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan
sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik
lebih lanjut.
Kompetensi
Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan
dirumuskan sebagai berikut.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
3. Memahami
pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu
pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata
|
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji
dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari
di sekolah dan
sumber lain
yang sama dalam sudut pandang/teori
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1
Mengidentifikasi informasi
dalam teks
deskripsi
tentang
objek (sekolah, tempat wisata,
tempat bersejarah, dan
atau suasana
pentas seni daerah)
yang didengar
dan dibaca
|
4.1
Menjelaskan isi
teks deskripsi
objek
(tempat wisata, tempat
bersejarah,
pentas seni
daerah, kain
tradisional, dll) yang didengar dan
dibaca secara lisan, tulis, dan visual
|
3.2 Menelaah
struktur dan
kebahasaan
dari
teks deskripsi
tentang objek (sekolah, tempat wisata,
tempat bersejarah, dan⁄atau suasana
pentas seni daerah)
yang didengar
dan dibaca
|
4.2 Menyajikan
data, gagasan,
kesan
dalam bentuk teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat
bersejarah, dan⁄atau suasana pentas seni daerah) secara tulis
dan
lisan dengan memperhatikan struktur,
kebahasaan baik secara lisan maupun
tulis
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.3 Mengidentifikasi unsur-unsur teks narasi
(cerita imajinasi)
yang
dibaca dan
didengar
|
4.3 Menceritakan
kembali isi teks
narasi (cerita imajinasi) yang
didengar dan
dibaca secara lisan, tulis, dan
visual
|
3.4 Menelaah
struktur dan kebahasaan
teks
narasi (cerita imajinasi) yang
dibaca dan didengar
|
4.4 Menyajikan
gagasan kreatif dalam
bentuk cerita imajinasi
secara lisan
dan tulis dengan
memperhatikan
struktur, penggunaan bahasa, atau
aspek lisan
|
3.5
Mengidentifikasi teks
prosedur tentang cara melakukan sesuatu
dan cara membuat (cara
memainkan alat
musik/tarian
daerah, cara membuat kuliner khas daerah, dll.) dari berbagai sumber yang
dibaca dan didengar
|
4.5
Menyimpulkan
isi teks prosedur tentang cara memainkan alat
musik daerah, tarian daerah, cara
membuat
cinderamata, dan/atau
kuliner khas daerah)
yang
dibaca dan didengar
|
3.6
Menelaah
struktur dan aspek
kebahasaan teks
prosedur tentang
cara melakukan sesuatu
dan cara membuat (cara memainkan alat
musik/tarian daerah, cara
membuat
kuliner khas
daerah, dll.)
dari berbagai sumber yang dibaca
dan didengar
|
4.6
Menyajikan data rangkaian kegiatan ke dalam bentuk teks
prosedur (tentang
cara memainkan
alat musik
daerah, tarian
daerah, cara membuat cinderamata, dll) dengan memperhatikan struktur,
unsur kebahasaan,
dan isi secara lisan dan
tulis
|
3.7 Mengidentifikasi informasi dari
teks laporan
hasil observasi
berupa
buku pengetahuan yang
dibaca atau diperdengarkan
|
4.7 Menyimpulkan
isi teks laporan
hasil observasi berupa buku
pengetahuan yang
dibaca dan
didengar
|
3.8 Menelaah struktur, kebahasaan,
dan isi
teks laporan hasil observasi
yang berupa buku
pengetahuan
yang dibaca
atau diperdengarkan
|
4.8 Menyajikan rangkuman
teks
laporan hasil observasi
yang berupa buku
pengetahuan secara lisan dan
tulis dengan
memperhatikan kaidah
kebahasaan atau
aspek lisan
|
3.9 Menemukan unsur-unsur dari
buku
fiksi
dan nonfiksi
yang dibaca
|
4.9 Membuat peta pikiran/sinopsis
tentang isi buku
nonfiksi/buku
fiksi
yang dibaca
|
3.10 Menelaah hubungan unsur-unsur
dalam buku fiksi
dan nonfiksi
|
4.10 Menyajikan
tanggapan secaralisan,
tulis, dan
visualterhadap isi
buku fiksi/nonfiksi
yang dibaca
|
3.11 Mengidentifikasi
informasi
(kabar,
keperluan, permintaan, dan/atau
permohonan) dari
surat pribadi
dan surat dinas
yang dibaca dan didengar
|
4.11 Menyimpulkan
isi (kabar,
keperluan, permintaan, dan/atau
permohonan) surat
pribadi dan surat dinas yang dibaca
atau diperdengarkan
|
3.12 Menelaah unsur-unsur dan
kebahasaan dari
surat pribadi
dan surat dinas
yang dibaca dan didengar
|
4.12 Menulis
surat (pribadi dan
dinas)
untuk
kepentingan
resmi dengan memperhatikan
struktur teks,
kebahasaan, dan
isi
|
3.13 Mengidentifikasi informasi
(pesan,
rima, dan pilihan
kata) dari puisi
rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat) yang
dibaca dan didengar
|
4.13 Menyimpulkan
isi puisi rakyat
(pantun, syair, dan bentuk puisi
rakyat setempat) yang disajikan
dalam bentuk
tulis dan lisan
|
3.14 Menelaah
struktur dan kebahasaan
puisi rakyat (pantun, syair, dan
bentuk puisi rakyat
setempat) yang dibaca dan didengar
|
4.14 Menelaah
struktur dan kebahasaan
puisi rakyat (pantun, syair, dan
bentuk puisi rakyat setempat)
yang dibaca dan didengar
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.15 Mengidentifikasi informasi
tentang fabel/legenda daerah
setempat
yang dibaca dan didengar
|
4.15 Menceritakan kembali isi
cerita
fabel/legenda daerah
setempat
yang dibaca/didengar
|
3.16 Menelaah struktur dan kebahasaan
fabel/legenda daerah setempat yang
dibaca dan didengar
|
4.16 Memerankan isi fabel/legenda
daerah setempat yang dibaca dan
didengar
|
KELAS VIII BAHASA INDONESIA
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
3. Memahami
pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu
pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata
|
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji
dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari
di sekolah dan
sumber lain
yang sama dalam sudut pandang/teori
|
3.1 Mengidentifikasi unsur-unsur teks
berita (membanggakan
dan
memotivasi)
yang didengar dan
dibaca
|
4.1 Menyimpulkan
isi berita
(membanggakan
dan memotivasi)
yang dibaca dan
didengar
|
3.2 Menelaah
struktur dan kebahasaan
teks berita (membanggakan
dan memotivasi) yang
didengar dan dibaca
|
4.2 Menyajikan
data dan informasi
dalam bentuk berita secara lisan
dan tulis dengan
memperhatikan
struktur, kebahasaan, atau aspek lisan (lafal, intonasi, mimik, dan
kinesik)
|
3.3 Mengidentifikasi informasi
teks
iklan, slogan, atau poster (yang
membuat
bangga dan memotivasi)
dari berbagai sumber yang dibaca
dan didengar
|
4.3 Menyimpulkan
isi iklan, slogan,
atau poster (membanggakan
dan memotivasi)
dari berbagai
sumber
|
3.4 Menelaah
pola penyajian dan kebahasaan teks iklan, slogan,
atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari
berbagai sumber yang dibaca dan didengar
|
4.4 Menyajikan
gagasan, pesan, dan ajakan dalam bentuk iklan, slogan,
atau poster secara lisan dan tulis
|
3.5
Mengidentifikasi informasi teks
eksposisi berupa artikel ilmiah populer dari
koran/majalah) yang didengar dan dibaca
|
4.5
Menyimpulkan isi teks eksposisi
(artikel ilmiah populer dari koran dan majalah) yang
didengar dan dibaca
|
3.6 Mengidentifikasi
struktur, unsur kebahasaan, dan aspek lisandalamteks eksposisi artikel ilmiah
populer (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll)
yang diperdengarkan atau dibaca
|
4.6
Menyajikan gagasan dan pendapat ke dalam bentuk teks eksposisi artikel
ilmiah populer (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya,
dll) secara lisan dan tertulis dengan memperhatikan struktur, unsur
kebahasaan, dan aspek lisan
|
3.7
Mengidentifikasi unsur-unsur
pembangun teks puisi yang diperdengarkan atau dibaca
|
4.7
Menyimpulkan unsur-unsur
pembangun dan makna teks puisi yang diperdengarkan atau
dibaca
|
3.8 Menelaah unsur-unsur pembangun
teks puisi
(perjuangan, lingkungan hidup, kondisi sosial, dan lain-lain) yang diperdengarkan
atau dibaca
|
4.8 Menyajikan gagasan, perasaan, dan
pendapat
dalam bentuk teks puisi secara tulis/lisan dengan memperhatikan unsur-unsur
pembangun puisi
|
3.9 Mengidentifikasi informasi dari teks
ekplanasi berupa paparan kejadian suatu fenomena alam yang diperdengarkan
atau dibaca
|
4.9 Meringkas isi teks eksplanasi yang berupa proses
terjadinya suatu fenomena dari beragam
sumber yang didengar dan dibaca
|
3.10 Menelaah
teks ekplanasi berupa
paparan kejadian suatu fenomena alam yang
diperdengarkan atau dibaca
|
4.10 Menyajikan
informasi dan data
dalam bentuk teks eksplanasi proses terjadinya suatu
fenomena secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, unsur
kebahasaan, atau aspek lisan
|
3.11
Mengidentifikasi informasi pada
teks ulasan tentang kualitas karya (film, cerpen,
puisi, novel, dan karya seni daerah) yang dibaca
atau diperdengarkan
|
4.11
Menceritakan kembali isi teks
ulasan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi,
novel, karya seni daerah) yang dibaca atau didengar
|
3.12 Menelaah struktur dan
kebahasaan teks ulasan (film,
cerpen, puisi, novel, dan karya seni daerah) yang diperdengarkan dan dibaca
|
4.12 Menyajikan tanggapan tentang
kualitas karya (film, cerpen,
puisi, novel, karya seni daerah, dll.) dalam bentuk teks ulasan secara lisan
dan tulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, atau aspek lisan
|
3.13 Mengidentifikasi jenis saran, ajakan,
arahan, dan pertimbangan tentang berbagai hal positif atas permasalahan
aktual dari teks persuasi (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau
keragaman budaya) yang didengar dan dibaca
|
4.13 Menyimpulkan isi saran, ajakan, arahan,
pertimbangan tentang berbagai hal positif permasalahan aktual dari teks
persuasi (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang
didengar dan dibaca
|
3.14 Menelaah struktur dan kebahasaan teks
persuasi yang berupa saran,
ajakan, dan pertimbangan tentang
berbagai permasalahan aktual (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau
keragaman budaya, dll) dari berbagai sumber yang didengar dan dibaca
|
4.14 Menyajikan teks persuasi (saran, ajakan,
arahan, dan pertimbangan)
secara tulis dan lisan dengan
memperhatikan struktur, kebahasaan, atau aspek lisan
|
3.15 Mengidentifikasi unsur-unsur drama
(tradisional dan moderen)
yang
disajikan dalam bentuk pentas atau naskah
|
4.15 Menginterpretasi drama (tradisional dan
modern) yang dibaca dan
ditonton/didengar
|
3.16 Menelaah karakteristik unsur dan
kaidah
kebahasaan dalam teks drama yang berbentuk naskah atau pentas
|
4.16 Menyajikan drama dalam bentuk
pentas atau
naskah
|
3.17 Menggali dan menemukan informasi dari buku
fiksi dan nonfiksi yang dibaca
|
4.17 Membuat peta konsep/garis alur dari buku fiksi
dan nonfiksi yang
dibaca
|
3.18 Menelaah unsur buku fiksi dan nonfiksi
yang dibaca
|
4.18 Menyajikan tanggapan terhadap buku fiksi
dan nonfiksi yang dibaca
secara lisan/tertulis
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.15 Menemukan unsur-unsur dari
buku fiksi dan
nonfiksi yang
dibaca
|
4.15
Membuat peta pikiran/ rangkuman
alur tentang isi
buku nonfiksi/
buku
fiksi yang
dibaca
|
3.16
Menelaah hubungan unsur-unsur dalam buku
fiksi dan nonfiksi
|
4.16 Menyajikan tanggapan terhadap
isi
buku
fiksi nonfiksi yang
dibaca
|
BAHASA INDONESIA KELAS IX
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
3. Memahami pengetahuan
(faktual,
konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu
pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata
|
4. Mencoba, mengolah, dan
menyaji
dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan
mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari
di sekolah dan
sumber lain
yang sama dalam sudut pandang/teori
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1
Mengidentifikasi informasi
dari laporan percobaan yang dibaca
dan didengar (percobaan
sederhana untuk
mendeteksi zat
berbahaya pada makanan, adanya vitamin
pada makanan, dll)
|
4.1 Menyimpulkan
tujuan, bahan/
alat, langkah, dan hasil
dalam
laporan percobaan yang
didengar
dan/atau dibaca
|
3.2 Menelaah
struktur dan kebahasaan
dari teks laporan
percobaan
yang didengar atau
dibaca (percobaan
sederhana untuk
mendeteksi zat
berbahaya pada makanan, adanya vitamin
pada makanan, dll)
|
4.2 Menyajikan
tujuan, bahan/ alat,
langkah, dan hasil
dalam laporan percobaan secara tulis
dan lisan dengan
memperhatikan
kelengkapan data, struktur, aspek
kebahasaan, dan
aspek lisan
|
3.3
Mengidentifikasi gagasan, pikiran,
pandangan, arahan
atau pesan dalam pidato persuasif tentang
permasalahan
aktual yang didengar dan dibaca
|
4.3
Menyimpulkan gagasan,
pandangan, arahan, atau pesan dalam pidato (lingkungan
hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman
budaya)
yang didengar
dan/atau dibaca
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.4 Menelaah
struktur dan ciri kebahasaan
pidato persuasif
tentang permasalahan aktual
yang didengar dan dibaca
|
4.4 Menuangkan gagasan,
pikiran, arahan
atau pesan dalam pidato
(lingkungan hidup, kondisi
sosial,
dan/atau keragaman budaya)
secara lisan
dan/atau tulis
dengan memperhatikan
struktur dan kebahasaan.
|
3.5
Mengidentifikasi unsur
pembangun karya sastra dalam teks cerita pendek yang dibaca atau didengar
|
4.5
Menyimpulkan
unsur-unsur
pembangun karya sastra dengan bukti yang mendukung
dari cerita
pendek yang dibaca
atau didengar
|
3.6 Menelaah struktur dan aspek
kebahasaan
cerita pendek
yang
dibaca atau
didengar
|
4.6 Mengungkapkan
pengalaman
dan
gagasan dalam bentuk cerita
pendek
dengan
memperhatikan struktur dan kebahasaan
|
3.7 Mengidentifikasi informasi
berupa
kritik, sanggahan, atau
pujian dari
teks
tanggapan (lingkungan hidup,
kondisi sosial, dan/atau keragaman
budaya, dll) yang
didengar dan/atau
dibaca
|
4.7 Menyimpulkan
isi teks tanggapan
berupa kritik, sanggahan, atau
pujian (mengenai lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman
budaya)
yang didengar
dan dibaca
|
3.8 Menelaah struktur dan
kebahasaan dari teks tanggapan (lingkungan hidup, kondisi
sosial,
dan/atau keragaman budaya, dll) berupa kritik, sanggahan, atau
pujian yang
didengar dan/atau dibaca
|
4.8 Mengungkapkan kritik,
sanggahan, atau
pujian dalam
bentuk teks tanggapan secara lisan dan/atau
tulis
dengan memperhatikan
struktur dan kebahasaan
|
3.9 Mengidentifikasi
informasi
teks
diskusi berupa pendapat pro
dan kontra dari
permasalahan aktual
yang dibaca dan didengar
|
4 .9 Menyimpulkan isi
gagasan,
pendapat,
argumen yang mendukung
dan yang kontra serta
solusi atas
permasalahan aktual
dalam teks diskusi
yang didengar
dan dibaca
|
3.10 Menelaah pendapat dan argumen
yang mendukung dan yang
kontra dalam teks diskusi
berkaitan
dengan permasalahan aktual yang dibaca dan didengar
|
4.10 Menyajikan
gagasan/pendapat,
argumen
yang mendukung dan
yang kontra serta solusi atas permasalahan aktual
dalam teks diskusi dengan memperhatikan struktur dan aspek kebahasaan,
dan aspek lisan (intonasi, gesture,
pelafalan)
|
3.11 Mengidentifikasi isi ungkapan
simpati, kepedulian, empati, atau perasaan
pribadi dari teks cerita inspiratif yang dibaca dan didengar
|
4.11 Menyimpulkan
isi ungkapan
simpati, kepedulian, empati atau perasaan
pribadi dalam bentuk
cerita inspiratif yang
dibaca dan didengar
|
3.12 Menelaah
struktur, kebahasaan,
dan isi teks
cerita inspiratif
|
4.12 Mengungkapkan
rasa simpati,
empati, kepedulian, dan perasaan
dalam bentuk
cerita inspiratif dengan memperhatikan struktur
cerita dan
aspek kebahasaan
|
3.13
Menggali informasi
unsur-unsur
buku
fiksi
dan nonfiksi
|
4.13 Membuat peta konsep/garis alur dari
buku fiksi
dan nonfiksi yang dibaca
|
3.14 Menelaah hubungan antara unsur-
unsur buku
fiksi/nonfiksi yang
dibaca
|
4.14
Menyajikan tanggapan terhadap
buku
fiksi
dan nonfiksi
yang dibaca
|
3.15 Menemukan unsur-unsur dari
buku fiksi dan
nonfiksi yang
dibaca
|
4.15
Membuat peta pikiran/ rangkuman
alur tentang isi
buku nonfiksi/
buku
fiksi yang
dibaca
|
3.16
Menelaah hubungan unsur-unsur dalam buku
fiksi dan nonfiksi
|
4.16 Menyajikan tanggapan terhadap
isi
buku
fiksi nonfiksi yang
dibaca
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar