Rabu, 08 April 2020

KI KD BAHASA INDONESIA MTS 2019 2020 KLS 7 8 9

KI KD BAHASA INDONESIA MTS 2019 2020 KLS 7 8 9


B. . KOMPETENSI   INTI   DAN   KOMPETENSI   DASAR   BAHASA   INDONESIA

KELAS: VII

Tujuan kurikulum
mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.

Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual, yaitu “Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial, yaitu  “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya”.  Kedua  kompetensi  tersebut  dicapai  melalui  pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan  dan  pengembangan  kompetensi  sikap  dilakukan  sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut.


KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3.       Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.       Mencoba, mengolah, dan menyaji
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori



KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR
3.1     Mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca
4.1     Menjelaskan isi teks deskripsi objek (tempat wisata, tempat bersejarah, pentas seni daerah, kain tradisional, dll) yang didengar dan dibaca secara lisan, tulis, dan visual
3.2     Menelaah struktur dan kebahasaan
dari  teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, danatau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca
4.2     Menyajikan data, gagasan, kesan
dalam bentuk teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan⁄atau suasana pentas seni daerah)  secara tulis dan lisan dengan memperhatikan struktur, kebahasaan baik secara lisan maupun tulis
                                                                                       

KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR
3.3     Mengidentifikasi  unsur-unsur teks narasi (cerita imajinasi) yang
dibaca dan didengar
4.3     Menceritakan kembali isi teks narasi (cerita imajinasi) yang
didengar dan dibaca secara lisan, tulis, dan visual
3.4     Menelaah struktur dan kebahasaan
teks narasi (cerita imajinasi) yang dibaca dan didengar
4.4     Menyajikan gagasan kreatif dalam
bentuk cerita imajinasi secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, penggunaan bahasa, atau aspek lisan
3.5     Mengidentifikasi teks prosedur tentang cara melakukan sesuatu dan cara membuat (cara memainkan alat musik/tarian daerah, cara membuat kuliner khas daerah, dll.) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar
4.5     Menyimpulkan isi teks prosedur tentang cara memainkan alat musik daerah, tarian daerah, cara membuat cinderamata, dan/atau kuliner khas daerah) yang dibaca dan didengar
3.6     Menelaah struktur dan aspek kebahasaan teks prosedur tentang
cara melakukan sesuatu dan cara membuat (cara memainkan alat musik/tarian daerah, cara membuat kuliner khas daerah, dll.) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar
4.6     Menyajikan data rangkaian kegiatan ke dalam bentuk teks
prosedur (tentang cara memainkan alat musik daerah, tarian daerah, cara membuat cinderamata, dll) dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, dan isi secara lisan dan tulis
3.7     Mengidentifikasi informasi dari
teks laporan hasil observasi berupa
buku  pengetahuan yang dibaca atau diperdengarkan
4.7     Menyimpulkan isi teks laporan
hasil observasi berupa buku
pengetahuan yang dibaca dan didengar
3.8     Menelaah struktur, kebahasaan,
dan isi teks laporan hasil observasi yang berupa buku  pengetahuan yang dibaca atau diperdengarkan
4.8     Menyajikan rangkuman teks
laporan hasil observasi yang berupa buku pengetahuan secara lisan dan tulis dengan memperhatikan kaidah kebahasaan atau aspek lisan
                                                                                       



3.9     Menemukan unsur-unsur dari
buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca
4.9     Membuat peta pikiran/sinopsis
tentang isi buku nonfiksi/buku fiksi yang dibaca
3.10   Menelaah hubungan unsur-unsur
dalam buku fiksi dan nonfiksi
4.10   Menyajikan tanggapan secaralisan,
tulis, dan visualterhadap isi buku fiksi/nonfiksi yang dibaca
3.11   Mengidentifikasi  informasi (kabar,
keperluan, permintaan, dan/atau permohonan) dari surat pribadi dan surat dinas yang dibaca dan didengar
4.11   Menyimpulkan isi (kabar,
keperluan, permintaan, dan/atau permohonan) surat pribadi dan surat dinas yang dibaca atau diperdengarkan
3.12   Menelaah unsur-unsur dan
kebahasaan dari surat pribadi dan surat dinas yang dibaca dan didengar
4.12   Menulis surat (pribadi dan dinas)
untuk kepentingan resmi dengan memperhatikan struktur teks, kebahasaan, dan isi
3.13   Mengidentifikasi informasi (pesan,
rima, dan pilihan kata) dari puisi rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat) yang dibaca dan didengar
4.13   Menyimpulkan isi puisi rakyat
(pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat) yang disajikan dalam bentuk tulis dan lisan
3.14   Menelaah struktur dan kebahasaan puisi  rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat) yang dibaca dan didengar
4.14   Menelaah struktur dan kebahasaan puisi  rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat) yang dibaca dan didengar




KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR


3.15   Mengidentifikasi informasi tentang fabel/legenda daerah setempat yang dibaca dan didengar
4.15   Menceritakan kembali isi cerita fabel/legenda daerah setempat yang dibaca/didengar
3.16   Menelaah struktur dan kebahasaan fabel/legenda daerah setempat yang dibaca dan didengar
4.16   Memerankan isi fabel/legenda daerah setempat yang dibaca dan didengar

KELAS VIII BAHASA INDONESIA

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3.       Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.       Mencoba, mengolah, dan menyaji
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori




3.1       Mengidentifikasi unsur-unsur teks berita (membanggakan dan
memotivasi) yang didengar dan dibaca
4.1     Menyimpulkan isi berita
(membanggakan dan memotivasi)
yang dibaca dan didengar
3.2     Menelaah struktur dan kebahasaan
teks berita (membanggakan dan memotivasi)  yang didengar dan dibaca
4.2     Menyajikan data dan informasi
dalam bentuk berita secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, kebahasaan, atau aspek lisan (lafal, intonasi, mimik, dan kinesik)
3.3     Mengidentifikasi informasi teks
iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar
4.3     Menyimpulkan isi iklan, slogan,
atau poster (membanggakan dan memotivasi) dari berbagai sumber
3.4     Menelaah pola penyajian dan kebahasaan teks iklan, slogan,
atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar
4.4     Menyajikan gagasan, pesan, dan ajakan dalam bentuk iklan, slogan,
atau poster secara lisan dan tulis
3.5     Mengidentifikasi informasi teks
eksposisi berupa artikel ilmiah populer dari koran/majalah) yang didengar dan dibaca
4.5     Menyimpulkan isi teks eksposisi
(artikel ilmiah populer dari koran dan majalah) yang didengar dan dibaca
3.6     Mengidentifikasi struktur, unsur kebahasaan, dan aspek lisandalamteks eksposisi artikel ilmiah populer (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) yang diperdengarkan atau dibaca
4.6     Menyajikan gagasan dan pendapat ke dalam bentuk teks eksposisi artikel ilmiah populer (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) secara lisan dan tertulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, dan aspek lisan
3.7     Mengidentifikasi unsur-unsur
pembangun teks puisi yang diperdengarkan atau dibaca
4.7     Menyimpulkan unsur-unsur
pembangun dan makna teks puisi yang diperdengarkan atau dibaca
3.8     Menelaah unsur-unsur pembangun
teks puisi (perjuangan, lingkungan hidup, kondisi sosial, dan lain-lain) yang diperdengarkan atau dibaca
4.8     Menyajikan gagasan, perasaan, dan
pendapat dalam bentuk teks puisi secara tulis/lisan dengan memperhatikan unsur-unsur pembangun puisi
3.9     Mengidentifikasi informasi dari teks ekplanasi berupa paparan kejadian suatu fenomena alam yang diperdengarkan atau dibaca
4.9     Meringkas isi  teks eksplanasi yang berupa proses terjadinya suatu fenomena dari  beragam sumber yang didengar dan dibaca
3.10   Menelaah teks ekplanasi berupa
paparan kejadian suatu fenomena alam yang diperdengarkan atau dibaca
4.10   Menyajikan informasi dan data
dalam bentuk teks eksplanasi proses terjadinya suatu fenomena secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, atau aspek lisan
3.11   Mengidentifikasi  informasi pada
teks ulasan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, dan karya seni daerah) yang dibaca
atau diperdengarkan
4.11   Menceritakan kembali isi teks
ulasan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah) yang dibaca atau didengar
3.12   Menelaah struktur dan
kebahasaan teks ulasan (film, cerpen, puisi, novel, dan karya seni daerah) yang diperdengarkan dan dibaca
4.12   Menyajikan tanggapan tentang
kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah, dll.) dalam bentuk teks ulasan secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, atau aspek lisan
3.13   Mengidentifikasi jenis saran, ajakan, arahan, dan pertimbangan tentang berbagai hal positif atas permasalahan aktual dari teks persuasi (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan dibaca
4.13   Menyimpulkan isi saran, ajakan, arahan, pertimbangan tentang berbagai hal positif permasalahan aktual dari teks persuasi (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan dibaca
3.14   Menelaah struktur dan kebahasaan teks persuasi yang berupa saran,
      ajakan, dan pertimbangan tentang berbagai permasalahan aktual (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) dari berbagai sumber yang didengar dan dibaca
4.14   Menyajikan teks persuasi (saran, ajakan, arahan, dan pertimbangan)
          secara tulis dan lisan dengan memperhatikan struktur, kebahasaan, atau aspek lisan
3.15   Mengidentifikasi unsur-unsur drama (tradisional dan moderen)
yang disajikan dalam bentuk pentas atau naskah
4.15   Menginterpretasi drama (tradisional dan modern) yang dibaca dan
ditonton/didengar
3.16   Menelaah karakteristik unsur dan
       kaidah kebahasaan dalam teks drama yang berbentuk naskah atau pentas
4.16   Menyajikan drama dalam bentuk
pentas atau naskah
3.17   Menggali dan menemukan informasi dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca
4.17   Membuat peta konsep/garis alur dari buku fiksi dan nonfiksi yang
dibaca
3.18   Menelaah unsur buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca
4.18   Menyajikan tanggapan terhadap buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca
secara lisan/tertulis



KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR
3.15   Menemukan unsur-unsur dari
buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca
4.15   Membuat peta pikiran/ rangkuman alur tentang isi buku nonfiksi/
buku fiksi yang dibaca
3.16   Menelaah hubungan unsur-unsur dalam buku fiksi dan nonfiksi
4.16  Menyajikan tanggapan terhadap isi buku fiksi nonfiksi yang dibaca




               BAHASA INDONESIA KELAS IX

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3.       Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.       Mencoba, mengolah, dan menyaji
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori



KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR
3.1     Mengidentifikasi informasi dari laporan percobaan yang dibaca
dan didengar (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll)
4.1     Menyimpulkan tujuan, bahan/
alat, langkah, dan hasil dalam
laporan percobaan yang didengar dan/atau dibaca
3.2     Menelaah struktur dan kebahasaan
dari teks laporan percobaan yang didengar atau dibaca (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll)
4.2     Menyajikan tujuan, bahan/ alat,
langkah, dan hasil dalam laporan percobaan secara tulis dan lisan dengan memperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek kebahasaan, dan aspek lisan
3.3     Mengidentifikasi gagasan, pikiran,
pandangan, arahan atau pesan dalam pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar dan dibaca
4.3     Menyimpulkan gagasan,
pandangan, arahan, atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan/atau dibaca


KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR
3.4     Menelaah struktur dan ciri kebahasaan pidato persuasif
tentang permasalahan aktual yang didengar dan dibaca
4.4     Menuangkan gagasan, pikiran, arahan atau pesan dalam pidato
(lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) secara lisan dan/atau tulis dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan.
3.5     Mengidentifikasi  unsur
pembangun karya sastra dalam teks cerita pendek yang dibaca atau didengar
4.5     Menyimpulkan unsur-unsur
pembangun karya sastra dengan bukti yang mendukung dari cerita pendek yang dibaca atau didengar
3.6     Menelaah struktur dan aspek
kebahasaan cerita pendek yang
dibaca atau didengar
4.6     Mengungkapkan pengalaman dan
gagasan dalam bentuk cerita
pendek dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan
3.7     Mengidentifikasi informasi berupa
kritik, sanggahan, atau pujian dari teks tanggapan (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) yang didengar dan/atau dibaca
4.7     Menyimpulkan isi teks tanggapan
berupa kritik, sanggahan, atau pujian (mengenai lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan dibaca
3.8     Menelaah struktur dan
kebahasaan dari teks tanggapan (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) berupa kritik, sanggahan, atau pujian yang didengar dan/atau dibaca
4.8     Mengungkapkan kritik,
sanggahan, atau pujian dalam bentuk teks tanggapan secara lisan dan/atau tulis dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan
3.9     Mengidentifikasi  informasi teks
diskusi berupa pendapat pro dan kontra dari permasalahan aktual yang dibaca dan didengar
4 .9    Menyimpulkan isi gagasan,
pendapat, argumen yang mendukung dan yang kontra serta solusi atas permasalahan aktual dalam teks diskusi yang didengar dan dibaca
3.10   Menelaah pendapat dan argumen
yang mendukung dan yang kontra dalam teks diskusi berkaitan dengan permasalahan aktual yang dibaca dan didengar
4.10   Menyajikan gagasan/pendapat,
argumen yang mendukung dan yang kontra serta solusi atas permasalahan aktual  dalam teks diskusi dengan memperhatikan struktur dan aspek kebahasaan, dan aspek lisan (intonasi, gesture, pelafalan)
3.11   Mengidentifikasi isi ungkapan
simpati, kepedulian, empati, atau perasaan pribadi dari teks cerita inspiratif yang dibaca dan didengar
4.11   Menyimpulkan isi ungkapan
simpati, kepedulian, empati atau perasaan pribadi dalam bentuk cerita inspiratif yang dibaca dan didengar
3.12   Menelaah struktur, kebahasaan,
dan isi  teks cerita inspiratif
4.12   Mengungkapkan rasa simpati,
empati, kepedulian, dan perasaan dalam bentuk cerita inspiratif dengan memperhatikan struktur cerita dan aspek kebahasaan
3.13   Menggali informasi unsur-unsur buku fiksi dan nonfiksi
4.13   Membuat peta konsep/garis alur dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca
3.14   Menelaah hubungan antara unsur- unsur buku fiksi/nonfiksi yang dibaca
4.14   Menyajikan tanggapan terhadap buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca
3.15   Menemukan unsur-unsur dari
buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca
4.15   Membuat peta pikiran/ rangkuman alur tentang isi buku nonfiksi/
buku fiksi yang dibaca
3.16   Menelaah hubungan unsur-unsur dalam buku fiksi dan nonfiksi
4.16  Menyajikan tanggapan terhadap isi buku fiksi nonfiksi yang dibaca

















Tidak ada komentar:

Posting Komentar