Rabu, 08 April 2020

KI KD IPS DAN PENJASKES MTs Kelas 2019/2020

KI KD  ILMU  PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) , SENI BUDAYA, PRAKARYA, DAN IPA MTS KELAS 7 8 9 TH 2020 


F. KI KD  ILMU  PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
KELAS VII


KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3.   Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.   Mencoba, mengolah, dan menyaji
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR
3.1 Memahami konsep ruang (lokasi,
distribusi, potensi, iklim, bentuk
muka bumi, geologis, flora, dan fauna)
dan interaksi antarruang di Indonesia serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan.
4.1 Menjelaskan konsep ruang (lokasi,
distribusi, potensi, iklim, bentuk muka bumi, geologis, flora dan fauna) dan interaksi antarruang di Indonesia serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia Indonesia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan.
3.2 Mengidentifikasi interaksi sosial
dalam ruang dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial, ekonomi, dan budaya dalam nilai dan norma serta kelembagaan sosial budaya.
4.2 Menyajikan hasil identifikasi tentang
interaksi sosial dalam ruang dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial, ekonomi, dan budaya dalam nilai dan norma serta kelembagaan sosial budaya.
3.3 Memahami konsep interaksi antara manusia dengan ruang sehingga
menghasilkan berbagai kegiatan ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, permintaan, dan penawaran) dan interaksi antarruang untuk keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya Indonesia.
4.3 Menjelaskan hasil analisis tentang konsep interaksi antara manusia
dengan ruang sehingga menghasilkan berbagai kegiatan ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, permintaan, dan penawaran) dan interaksi antarruang untuk keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya Indonesia.
3.4 Memahami kronologi perubahan, dan
kesinambungan dalam kehidupan bangsa Indonesia pada aspek politik, sosial, budaya, geografis, dan pendidikan sejak masa praaksara sampai masa Hindu-Buddha dan Islam.
4.4 Menguraikan kronologi perubahan,
dan kesinambungan dalam kehidupan bangsa Indonesia pada aspek politik, sosial, budaya, geografis, dan pendidikan sejak masa praaksara sampai masa Hindu- Buddha dan Islam.



   KELAS VIII IPS

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3.   Memahami dan menerapkan
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya; terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.   Mengolah, menyaji, dan menalar
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang); sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR
3.1 Menelaah perubahan keruangan dan interaksi antarruang di Indonesia dan
negara-negara ASEAN yang diakibatkan oleh faktor alam dan manusia (teknologi, ekonomi, pemanfaatan lahan, politik) dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial, budaya, dan politik.
4.1 Menyajikan hasil telaah tentang perubahan keruangan dan interaksi
antarruang di Indonesia dan negara- negara ASEAN yang diakibatkan oleh faktor alam dan manusia (teknologi, ekonomi, pemanfaatan lahan, politik) dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial, budaya, dan politik.
3.2 Menganalisis pengaruh interaksi
sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan sosial dan budaya serta pengembangan kehidupan kebangsaan.
4.2 Menyajikan hasil analisis tentang
pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan sosial dan budaya serta pengembangan kehidupan kebangsaan.
3.3 Menganalisis keunggulan dan
keterbatasan ruang dalam permintaan dan penawaran serta teknologi, dan pengaruhnya terhadap interaksi antarruang bagi kegiatan ekonomi, sosial, dan budaya di Indonesia dan negara-negara ASEAN.
4.3 Menyajikan hasil analisis tentang
keunggulan dan keterbatasan ruang dalam permintaan dan penawaran serta teknologi, dan pengaruhnya terhadap interaksi antarruang bagi kegiatan  ekonomi, sosial, budaya, di Indonesia dan negara-negara ASEAN.


KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR
3.4 Menganalisis kronologi, perubahan dan kesinambungan ruang (geografis,
politik, ekonomi, pendidikan, sosial, budaya)  dari masa penjajahan sampai tumbuhnya semangat kebangsaan.
4.4 Menyajikan hasil analisis kronologi, perubahan dan kesinambungan
ruang (geografis, politik, ekonomi, pendidikan, sosial, budaya) dari masa penjajahan sampai tumbuhnya semangat kebangsaan.






            KELAS IX : IPS

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3.   Memahami dan menerapkan
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.   Mengolah, menyaji, dan menalar
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR
3.1 Menelaah perubahan keruangan dan interaksi antarruang negara-negara
Asia dan benua lainnya yang diakibatkan faktor alam, manusia dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan manusia dalam ekonomi, sosial, pendidikan
dan politik
4.1 Menyajikan hasil telaah tentang perubahan keruangan dan interaksi
antarruang negara-negara Asia dan benua lainnya yang diakibatkan faktor alam, manusia dan pengaruhnya terhadap
keberlangsungan kehidupan manusia
dalam ekonomi, sosial, pendidikan dan politik
3.2 Menganalisis perubahan kehidupan
sosial budaya Bangsa Indonesia dalam menghadapi arus globalisasi untuk memperkokoh kehidupan kebangsaan
4.2 Menyajikan hasil analisis tentang
perubahan kehidupan sosial budaya Bangsa Indonesia dalam menghadapi arus globalisasi untuk memperkokoh kehidupan kebangsaan
3.3 Menganalisis ketergantungan antarruang dilihat dari konsep
      ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap migrasi penduduk, transportasi, lembaga sosial dan ekonomi, pekerjaan, pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat
4.3 Menyajikan hasil analisis tentang ketergantungan antarruang dilihat
     dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap migrasi penduduk, transportasi, lembaga sosial dan ekonomi, pekerjaan, pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat
3.4 Menganalisis kronologi, perubahan
     dan kesinambungan ruang (geografis, politik, ekonomi, pendidikan, sosial, budaya) dari awal kemerdekaan sampai awal reformasi
4.4 Menyajikan hasil analisis kronologi,
      perubahan dan kesinambungan ruang (geografis, politik, ekonomi, pendidikan, sosial, budaya) dari awal kemerdekaan sampai awal reformasi




G. KOMPETENSI  INTI  DAN  KOMPETENSI  DASAR  PENDIDIKAN  JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN

KELAS: VII
Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan  kompetensi  sikap  spiritual  yaitu,  “Menghargai  dan  menghayati ajaran  agama  yang  dianutnya”.  Adapun  rumusan  kompetensi  sikap  sosial yaitu, “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya”.  Kedua  kompetensi  tersebut  dicapai  melalui  pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan  dan  pengembangan  kompetensi  sikap  dilakukan  sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.
KELAS VII

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3.      Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.      Mencoba, mengolah, dan menyaji
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR
3.1    Memahami gerak spesifik dalam
berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional*)
4.1    Mempraktikkan gerak spesifik dalam
berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional
3.2    Memahami gerak spesifik dalam
berbagai permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional. *)
4.2    Mempraktikkan gerak spesifik dalam
berbagai permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional. *)
3.3    Memahami gerak spesifik jalan, lari,
lompat, dan lempar dalam berbagai permainan sederhana dan atau tradisional. *)
4.3    Mempraktikkan gerak spesifik jalan,
lari, lompat, dan lempar dalam berbagai permainan sederhana dan atau tradisional. *)
3.4    Memahami gerak spesifik seni
beladiri. **)
4.4    Mempraktikkan gerak spesifik seni
beladiri. **)




KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR
3.5    Memahami konsep latihan peningkatan derajat kebugaran
jasmani yang terkait dengan kesehatan (daya tahan, kekuatan, komposisi tubuh, dan kelenturan) dan pengukuran hasilnya
4.5    Mempraktikkan latihan peningkatan derajat kebugaran jasmani yang
terkait dengan kesehatan (daya tahan, kekuatan, komposisi tubuh, dan kelenturan) dan pengukuran hasilnya
3.6    Memahami berbagai keterampilan dasar spesifik senam lantai
4.6    Mempraktikkan berbagai keterampilan dasar spesifik senam lantai
3.7    Memahami variasi dan kombinasi gerak berbentuk rangkaian langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik sebagai pembentuk gerak pemanasan dalam aktivitas gerak berirama
4.7    Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak berbentuk rangkaian langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik sebagai pembentuk gerak pemanasan dalam aktivitas gerak berirama
3.8    Memahami gerak spesifik salah satu
gaya renang dengan koordinasi yang baik. ***)
4.8    Mempraktikkan konsep gerak
spesifik salah satu gaya renang dengan koordinasi yang baik. ***)
3.9    Memahami perkembangan tubuh
remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental.
4.9    Memaparkan perkembangan tubuh
remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental.
3.10  Memahami pola makan sehat, bergizi dan seimbang serta
pengaruhnya terhadap kesehatan.
4.10  Memaparkan pola makan sehat, bergizi dan seimbang serta
pengaruhnya terhadap kesehatan.

KELAS VIII PENJASKES


KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3.        Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual,
dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.        Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR
3.1    Memahami variasi gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional
4.1    Mempraktikkan variasi gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional
3.2    Memahami variasi gerak spesifik
dalam berbagai permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional
4.2    Mempraktikkan variasi gerak
spesifik dalam berbagai permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional
3.3    Memahami variasi gerak spesifik
jalan, lari, lompat, dan lempar
dalam berbagai permainan sederhana dan atau tradisional
4.3    Mempraktikkan variasi gerak
spesifik jalan, lari, lompat, dan
lempar dalam berbagai permainan sederhana dan atau tradisional


KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR
3.4    Memahami variasi gerak spesifik
seni beladiri
4.4    Mempraktikkan variasi gerak
spesifik seni beladiri
3.5    Memahami konsep latihan peningkatan derajat kebugaran
jasmani yang terkait dengan keterampilan (kecepatan, kelincahan, keseimbanga, dan koordinasi) serta pengukuran hasilnya
4.5    Mempraktikkan latihan peningkatan derajat kebugaran
jasmani yang terkait dengan keterampilan (kecepatan, kelincahan, keseimbanga, dan koordinasi) serta pengukuran hasilnya
3.6    Memahami kombinasi keterampilan
berbentuk rangkaian gerak sederhana dalam aktivitas spesifik senam lantai
4.6    Mempraktikkan kombinasi
keterampilan berbentuk rangkaian gerak sederhana dalam aktivitas spesifik senam lantai
3.7    Memahami variasi dan kombinasi gerak berbentuk rangkaian langkah
dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik sebagai pembentuk gerak pemanasan dan inti latihan dalam aktivitas gerak berirama
4.7    Mempraktikkan prosedur variasi dan kombinasi gerak berbentuk
rangkaian langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik sebagai pembentuk gerak pemanasan dan inti latihan dalam aktivitas gerak berirama
3.8    Memahami gerak spesifik salah satu gaya renang dalam permainan air
dengan atau tanpa alat ***)
4.8    Mempraktikkan gerak spesifik salah satu gaya renang dalam permainan
air dengan atau tanpa alat ***)
3.9    Memahami perlunya pencegahan
terhadap “bahaya pergaulan bebas”
4.9    Memaparkaperlunya pencegahan
terhadap “bahaya pergaulan bebas”
3.10  Memahami cara menjaga
keselamatan diri dan orang lain di jalan raya
4.10  Memaparkan cara menjaga
keselamatan diri dan orang lain di jalan raya









            KELAS IX PENJASKES

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3.      Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual,
dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.      Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR
3.1    Memahami variasi dan kombinasi
gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional
4.1    Mempraktikkan variasi dan
kombinasigerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional
3.2    Memahami kombinasi gerak spesifik dalam berbagai permainan bola
kecil sederhana dan atau tradisional. *)
4.2    Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak spesifik dalam
berbagai permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional. *)
3.3    Memahami kombinasi gerak spesifik
jalan, lari, lompat, dan lempar dalam berbagai permainan sederhana dan atau tradisional. *)
4.3    Mempraktikkan kombinasi gerak
spesifik jalan, lari, lompat, dan lempar dalam berbagai permainan sederhana dan atau tradisional. *)
3.4    Memahami variasi dan kombinasi gerak spesifik seni beladiri. **)
4.4    Mempraktikkan variasidan
kombinasi gerak spesifik seni beladiri. **)
3.5    Memahami penyusunan program pengembangan komponen
kebugaran jasmani terkait dengan kesehatan dan keterampilan secara sederhana
4.5    Mempraktikkan penyusunan program pengembangan komponen
kebugaran jasmani terkait dengan kesehatan dan keterampilan secara sederhana.
3.6    Memahami kombinasi keterampilan
berbentuk rangkaian gerak sederhana secara konsisten, tepat, dan terkontrol dalam aktivitas spesifik senam lantai
4.6    Mempraktikkan kombinasi
keterampilan berbentuk rangkaian gerak sederhana secara konsisten, tepat, dan terkontrol dalam aktivitas spesifik senam lantai
3.7    Memahami variasi dan kombinasi
gerak berbentuk rangkaian langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik sebagai pembentuk gerak pemanasan, inti latihan, dan pendinginan dalam aktivitas gerak berirama
4.7    Mempraktikkan variasi dan
kombinasi gerak berbentuk rangkaian langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik sebagai pembentuk gerak pemanasan, inti latihan, dan pendinginan dalam aktivitas gerak berirama
3.8    Memahami gerak spesifik salah satu
gaya renang dalam bentuk perlombaan ***)
4.8    Mempraktikkan gerak spesifik salah
satu gaya renang dalam bentuk perlombaan ***)
3.9    Memahami tindakan P3K pada
kejadian darurat, baik pada diri sendiri maupun orang lain
4.9    Memaparkan tindakan P3K pada
kejadian darurat, baik pada diri sendiri maupun orang lain
3.10  Memahami peran aktivitas fisik
terhadap pencegahan penyakit
4.10  Memaparkan peran aktivitas fisik
terhadap pencegahan penyakit


Tidak ada komentar:

Posting Komentar