F. KI KD ILMU PENGETAHUAN
SOSIAL (IPS)
KELAS VII
|
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
|
3. Memahami
pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
|
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji
dalam ranah
konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat)
dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan
mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di
sekolah dan
sumber lain
yang sama dalam sudut
pandang/teori.
|
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
|
3.1 Memahami konsep ruang
(lokasi,
distribusi, potensi,
iklim, bentuk
muka bumi, geologis, flora, dan
fauna)
dan interaksi
antarruang di Indonesia
serta pengaruhnya terhadap
kehidupan manusia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan.
|
4.1 Menjelaskan
konsep
ruang (lokasi,
distribusi, potensi, iklim, bentuk muka bumi, geologis, flora dan fauna)
dan interaksi antarruang di Indonesia
serta pengaruhnya terhadap
kehidupan manusia Indonesia dalam
aspek ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan.
|
|
3.2 Mengidentifikasi interaksi sosial
dalam ruang dan
pengaruhnya
terhadap kehidupan
sosial, ekonomi,
dan budaya dalam nilai
dan norma serta kelembagaan sosial budaya.
|
4.2 Menyajikan
hasil identifikasi tentang
interaksi sosial dalam ruang
dan pengaruhnya terhadap
kehidupan sosial, ekonomi, dan
budaya dalam nilai
dan norma serta kelembagaan sosial budaya.
|
|
3.3 Memahami konsep interaksi
antara manusia dengan ruang sehingga
menghasilkan
berbagai kegiatan ekonomi
(produksi, distribusi, konsumsi, permintaan, dan
penawaran)
dan interaksi
antarruang
untuk keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya
Indonesia.
|
4.3 Menjelaskan hasil analisis
tentang
konsep interaksi
antara manusia
dengan ruang sehingga menghasilkan berbagai kegiatan ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, permintaan, dan
penawaran)
dan interaksi
antarruang
untuk keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya
Indonesia.
|
|
3.4 Memahami
kronologi perubahan, dan
kesinambungan
dalam kehidupan bangsa Indonesia pada aspek politik,
sosial, budaya, geografis, dan
pendidikan
sejak masa praaksara sampai masa Hindu-Buddha dan
Islam.
|
4.4 Menguraikan kronologi perubahan,
dan kesinambungan
dalam kehidupan
bangsa Indonesia pada
aspek politik, sosial, budaya, geografis, dan
pendidikan
sejak
masa praaksara sampai
masa Hindu- Buddha dan
Islam.
|
KELAS VIII IPS
|
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
|
3. Memahami
dan menerapkan
pengetahuan
(faktual, konseptual,
dan prosedural)
berdasarkan
rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya;
terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
|
4. Mengolah, menyaji, dan
menalar
dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat)
dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang); sesuai dengan yang dipelajari di
sekolah dan
sumber lain
yang sama dalam sudut pandang/teori.
|
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
|
3.1 Menelaah perubahan keruangan dan
interaksi antarruang
di Indonesia dan
negara-negara ASEAN yang
diakibatkan oleh
faktor alam dan
manusia (teknologi, ekonomi, pemanfaatan
lahan, politik)
dan pengaruhnya terhadap
keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial, budaya, dan
politik.
|
4.1 Menyajikan
hasil telaah
tentang perubahan
keruangan dan interaksi
antarruang
di Indonesia dan
negara-
negara ASEAN yang diakibatkan
oleh
faktor alam dan manusia (teknologi, ekonomi, pemanfaatan lahan, politik)
dan pengaruhnya terhadap
keberlangsungan
kehidupan ekonomi,
sosial, budaya, dan politik.
|
|
3.2 Menganalisis pengaruh
interaksi
sosial
dalam ruang yang
berbeda terhadap
kehidupan sosial
dan budaya serta pengembangan
kehidupan kebangsaan.
|
4.2 Menyajikan
hasil analisis
tentang
pengaruh interaksi
sosial dalam ruang
yang berbeda terhadap kehidupan sosial
dan budaya serta pengembangan kehidupan
kebangsaan.
|
|
3.3 Menganalisis keunggulan dan
keterbatasan ruang
dalam permintaan
dan penawaran serta teknologi, dan pengaruhnya terhadap
interaksi antarruang
bagi
kegiatan
ekonomi, sosial, dan
budaya di
Indonesia dan negara-negara ASEAN.
|
4.3 Menyajikan
hasil analisis
tentang
keunggulan
dan keterbatasan
ruang dalam permintaan dan
penawaran serta teknologi, dan pengaruhnya terhadap
interaksi antarruang
bagi kegiatan ekonomi, sosial, budaya, di
Indonesia dan negara-negara ASEAN.
|
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
|
3.4 Menganalisis
kronologi, perubahan
dan kesinambungan
ruang (geografis,
politik, ekonomi, pendidikan, sosial,
budaya) dari
masa penjajahan
sampai tumbuhnya semangat kebangsaan.
|
4.4 Menyajikan hasil analisis kronologi,
perubahan dan
kesinambungan
ruang (geografis, politik, ekonomi, pendidikan, sosial, budaya) dari
masa penjajahan
sampai tumbuhnya
semangat
kebangsaan.
|
KELAS IX : IPS
|
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
|
3. Memahami dan
menerapkan
pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya
terkait fenomena dan kejadian
tampak mata
|
4. Mengolah, menyaji, dan menalar
dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat)
dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di
sekolah dan
sumber lain
yang sama dalam sudut pandang/teori
|
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
|
3.1 Menelaah perubahan keruangan dan
interaksi antarruang
negara-negara
Asia dan
benua lainnya yang
diakibatkan faktor alam, manusia dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan
manusia
dalam ekonomi, sosial, pendidikan
dan politik
|
4.1 Menyajikan hasil telaah
tentang perubahan
keruangan dan interaksi
antarruang
negara-negara Asia dan benua lainnya yang
diakibatkan faktor alam, manusia dan pengaruhnya terhadap
keberlangsungan kehidupan
manusia
dalam ekonomi, sosial, pendidikan dan
politik
|
|
3.2 Menganalisis perubahan
kehidupan
sosial budaya Bangsa
Indonesia
dalam menghadapi arus globalisasi
untuk memperkokoh kehidupan
kebangsaan
|
4.2 Menyajikan
hasil analisis
tentang
perubahan
kehidupan sosial
budaya Bangsa Indonesia dalam menghadapi arus globalisasi
untuk memperkokoh kehidupan kebangsaan
|
|
3.3
Menganalisis ketergantungan antarruang dilihat dari konsep
ekonomi (produksi, distribusi,
konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap migrasi penduduk,
transportasi, lembaga sosial dan ekonomi, pekerjaan, pendidikan, dan
kesejahteraan masyarakat
|
4.3 Menyajikan
hasil analisis tentang ketergantungan antarruang dilihat
dari konsep ekonomi (produksi,
distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap migrasi
penduduk, transportasi, lembaga sosial dan ekonomi, pekerjaan, pendidikan,
dan kesejahteraan masyarakat
|
|
3.4
Menganalisis kronologi, perubahan
dan kesinambungan ruang (geografis,
politik, ekonomi, pendidikan, sosial, budaya) dari awal kemerdekaan sampai
awal reformasi
|
4.4 Menyajikan
hasil analisis kronologi,
perubahan dan kesinambungan ruang
(geografis, politik, ekonomi, pendidikan, sosial, budaya) dari awal
kemerdekaan sampai awal reformasi
|
G. KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI
DASAR
PENDIDIKAN
JASMANI,
OLAHRAGA, DAN KESEHATAN
KELAS: VII
Tujuan kurikulum
mencakup empat kompetensi, yaitu (1)
kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan.
Kompetensi tersebut dicapai melalui
proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau
ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya”. Adapun
rumusan kompetensi sikap
sosial yaitu, “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, dan
percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan
dan keberadaannya”. Kedua kompetensi
tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect
teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah
dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan
kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses
pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam
mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi
Keterampilan dirumuskan sebagai
berikut ini.
KELAS VII
|
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
|
3. Memahami
pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu
pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata
|
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji
dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari
di sekolah dan
sumber lain
yang sama dalam sudut pandang/teori
|
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
|
3.1 Memahami gerak
spesifik
dalam
berbagai
permainan bola besar sederhana dan atau tradisional*)
|
4.1 Mempraktikkan
gerak spesifik
dalam
berbagai
permainan bola besar sederhana dan atau tradisional
|
|
3.2 Memahami gerak spesifik dalam
berbagai permainan
bola kecil sederhana dan atau tradisional. *)
|
4.2 Mempraktikkan gerak spesifik dalam
berbagai permainan
bola kecil sederhana dan atau tradisional. *)
|
|
3.3 Memahami gerak
spesifik
jalan, lari,
lompat, dan
lempar dalam berbagai permainan sederhana dan
atau tradisional. *)
|
4.3 Mempraktikkan gerak spesifik jalan,
lari, lompat, dan lempar dalam
berbagai permainan
sederhana dan
atau tradisional. *)
|
|
3.4 Memahami gerak
spesifik seni
beladiri. **)
|
4.4 Mempraktikkan gerak spesifik seni
beladiri. **)
|
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
|
3.5 Memahami
konsep
latihan
peningkatan
derajat kebugaran
jasmani yang
terkait dengan
kesehatan (daya tahan, kekuatan, komposisi tubuh, dan
kelenturan)
dan pengukuran hasilnya
|
4.5
Mempraktikkan
latihan peningkatan
derajat
kebugaran jasmani
yang
terkait dengan kesehatan
(daya
tahan, kekuatan, komposisi
tubuh,
dan kelenturan) dan
pengukuran hasilnya
|
|
3.6
Memahami berbagai
keterampilan
dasar spesifik
senam lantai
|
4.6 Mempraktikkan
berbagai keterampilan dasar spesifik
senam lantai
|
|
3.7 Memahami variasi dan
kombinasi gerak
berbentuk rangkaian
langkah
dan ayunan lengan
mengikuti irama
(ketukan) tanpa/dengan musik
sebagai
pembentuk gerak
pemanasan
dalam aktivitas
gerak berirama
|
4.7 Mempraktikkan
variasi dan
kombinasi gerak berbentuk rangkaian langkah
dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik sebagai
pembentuk
gerak pemanasan
dalam aktivitas gerak
berirama
|
|
3.8 Memahami gerak
spesifik
salah satu
gaya renang dengan koordinasi
yang baik. ***)
|
4.8 Mempraktikkan konsep gerak
spesifik salah
satu gaya renang
dengan koordinasi yang baik. ***)
|
|
3.9 Memahami perkembangan
tubuh
remaja yang
meliputi perubahan
fisik sekunder dan mental.
|
4.9 Memaparkan
perkembangan tubuh
remaja yang
meliputi perubahan
fisik sekunder dan mental.
|
|
3.10 Memahami pola makan sehat,
bergizi
dan seimbang serta
pengaruhnya terhadap
kesehatan.
|
4.10 Memaparkan
pola makan
sehat, bergizi dan
seimbang serta
pengaruhnya terhadap
kesehatan.
|
KELAS VIII
PENJASKES
|
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
|
3. Memahami
dan menerapkan
pengetahuan
(faktual, konseptual,
dan prosedural)
berdasarkan
rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
|
4. Mengolah, menyaji, dan menalar
dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan
membuat)
dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan
mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari
di sekolah dan
sumber lain
yang sama dalam sudut pandang/teori
|
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
|
3.1
Memahami variasi gerak spesifik
dalam berbagai permainan
bola
besar sederhana dan
atau tradisional
|
4.1
Mempraktikkan variasi gerak
spesifik
dalam berbagai
permainan
bola besar sederhana dan atau tradisional
|
|
3.2 Memahami variasi gerak spesifik
dalam berbagai permainan
bola kecil
sederhana dan
atau tradisional
|
4.2 Mempraktikkan variasi gerak
spesifik
dalam berbagai
permainan
bola kecil sederhana dan
atau tradisional
|
|
3.3 Memahami variasi gerak spesifik
jalan, lari, lompat, dan
lempar
dalam berbagai
permainan sederhana dan atau tradisional
|
4.3 Mempraktikkan variasi gerak
spesifik jalan, lari, lompat, dan
lempar dalam berbagai
permainan sederhana dan atau tradisional
|
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
|
3.4 Memahami variasi gerak
spesifik
seni beladiri
|
4.4 Mempraktikkan variasi gerak
spesifik
seni
beladiri
|
|
3.5
Memahami konsep latihan peningkatan
derajat kebugaran
jasmani yang terkait
dengan keterampilan
(kecepatan, kelincahan, keseimbanga, dan
koordinasi)
serta pengukuran
hasilnya
|
4.5
Mempraktikkan
latihan peningkatan
derajat kebugaran
jasmani
yang terkait dengan
keterampilan
(kecepatan, kelincahan, keseimbanga, dan
koordinasi)
serta pengukuran
hasilnya
|
|
3.6 Memahami kombinasi keterampilan
berbentuk rangkaian gerak sederhana dalam aktivitas spesifik senam lantai
|
4.6 Mempraktikkan kombinasi
keterampilan berbentuk
rangkaian gerak
sederhana dalam aktivitas spesifik senam lantai
|
|
3.7
Memahami variasi dan
kombinasi gerak
berbentuk rangkaian
langkah
dan ayunan lengan
mengikuti irama
(ketukan) tanpa/dengan musik
sebagai
pembentuk gerak
pemanasan
dan inti latihan
dalam aktivitas gerak
berirama
|
4.7
Mempraktikkan
prosedur variasi
dan kombinasi gerak
berbentuk
rangkaian langkah
dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik sebagai
pembentuk
gerak pemanasan
dan inti latihan
dalam aktivitas
gerak berirama
|
|
3.8 Memahami
gerak spesifik salah
satu gaya renang dalam permainan
air
dengan
atau tanpa alat ***)
|
4.8 Mempraktikkan gerak spesifik
salah satu gaya renang dalam permainan
air dengan atau tanpa alat
***)
|
|
3.9 Memahami perlunya
pencegahan
terhadap “bahaya pergaulan
bebas”
|
4.9 Memaparkan perlunya pencegahan
terhadap “bahaya pergaulan
bebas”
|
|
3.10 Memahami cara menjaga
keselamatan
diri
dan orang lain
di jalan raya
|
4.10 Memaparkan cara menjaga
keselamatan
diri
dan orang lain
di jalan raya
|
KELAS IX
PENJASKES
|
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
|
3. Memahami
dan menerapkan
pengetahuan
(faktual, konseptual,
dan prosedural)
berdasarkan
rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
|
4. Mengolah, menyaji, dan
menalar
dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan
membuat)
dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan
mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari
di sekolah dan
sumber lain
yang sama dalam sudut pandang/teori
|
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
|
3.1
Memahami variasi dan
kombinasi
gerak
spesifik
dalam berbagai permainan bola besar sederhana
dan atau tradisional
|
4.1
Mempraktikkan
variasi dan
kombinasigerak
spesifik dalam
berbagai
permainan bola besar sederhana dan atau tradisional
|
|
3.2 Memahami kombinasi gerak spesifik
dalam berbagai permainan
bola
kecil sederhana dan atau tradisional. *)
|
4.2
Mempraktikkan
variasi dan
kombinasi gerak
spesifik dalam
berbagai permainan
bola kecil sederhana dan atau tradisional. *)
|
|
3.3
Memahami kombinasi gerak spesifik
jalan,
lari, lompat, dan
lempar
dalam berbagai permainan
sederhana dan
atau tradisional. *)
|
4.3 Mempraktikkan
kombinasi gerak
spesifik
jalan, lari, lompat, dan
lempar dalam berbagai
permainan sederhana dan atau tradisional. *)
|
|
3.4
Memahami variasi dan
kombinasi gerak
spesifik seni beladiri. **)
|
4.4 Mempraktikkan
variasidan
kombinasi gerak spesifik
seni beladiri. **)
|
|
3.5 Memahami penyusunan program
pengembangan komponen
kebugaran
jasmani
terkait dengan kesehatan dan
keterampilan secara sederhana
|
4.5
Mempraktikkan
penyusunan
program pengembangan komponen
kebugaran
jasmani
terkait dengan kesehatan dan
keterampilan secara sederhana.
|
|
3.6 Memahami kombinasi keterampilan
berbentuk rangkaian gerak sederhana secara konsisten, tepat,
dan terkontrol dalam aktivitas
spesifik
senam lantai
|
4.6 Mempraktikkan
kombinasi
keterampilan berbentuk
rangkaian gerak
sederhana secara konsisten, tepat, dan
terkontrol dalam aktivitas spesifik senam lantai
|
|
3.7 Memahami variasi dan
kombinasi
gerak berbentuk
rangkaian
langkah
dan ayunan lengan
mengikuti irama
(ketukan) tanpa/dengan musik
sebagai
pembentuk gerak
pemanasan, inti latihan, dan
pendinginan dalam aktivitas
gerak berirama
|
4.7 Mempraktikkan
variasi dan
kombinasi gerak berbentuk rangkaian langkah
dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik sebagai
pembentuk
gerak pemanasan, inti latihan, dan pendinginan
dalam aktivitas gerak
berirama
|
|
3.8
Memahami gerak spesifik salah
satu
gaya renang
dalam bentuk perlombaan ***)
|
4.8
Mempraktikkan
gerak spesifik
salah
satu
gaya renang
dalam bentuk
perlombaan ***)
|
|
3.9
Memahami tindakan P3K
pada
kejadian
darurat, baik pada diri sendiri
maupun orang lain
|
4.9
Memaparkan
tindakan P3K pada
kejadian
darurat, baik pada diri sendiri
maupun orang lain
|
|
3.10 Memahami peran aktivitas fisik
terhadap
pencegahan penyakit
|
4.10 Memaparkan
peran aktivitas fisik
terhadap
pencegahan penyakit
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar