KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR MATEMATIKA SMP/MTS
D. KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR MATEMATIKA SMP/MTS
KELAS: VII
Tujuan
kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu, “Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial
yaitu, “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran,
gotong royong), santun, dan percaya diri dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya”. Kedua
kompetensi tersebut dicapai
melalui pembelajaran tidak langsung
(indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya
sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan
kompetensi
sikap
dilakukan
sepanjang
proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan
karakter peserta didik lebih lanjut.
Kompetensi
Pengetahuan dan Kompetensi
Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
3. Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual, dan
prosedural)
berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu
pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian
tampak mata
|
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan
membuat)
dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan
mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari
di sekolah dan
sumber lain
yang sama dalam sudut pandang/teori
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1 Menjelaskan
dan menentukan
urutan pada bilangan bulat (positif
dan negatif)
dan pecahan (biasa, campuran, desimal, persen)
|
4.1 Menyelesaikan masalah yang
berkaitan
dengan urutan
beberapa bilangan
bulat dan
pecahan (biasa, campuran, desimal, persen)
|
3.2
Menjelaskan
dan melakukan operasi
hitung
bilangan
bulat dan
pecahan
dengan memanfaatkan
berbagai sifat
operasi
|
4.2
Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan
operasi hitung
bilangan
bulat dan
pecahan
|
3.3 Menjelaskan
dan menentukan
representasi
bilangan dalam bentuk bilangan berpangkat
bulat positif dan
negatif
|
4.3 Menyelesaikan masalah yang
berkaitan
dengan bilangan dalam
bentuk bilangan berpangkat
bulat positif dan
negatif
|
3.4 Menjelaskan himpunan, himpunan
bagian, himpunan semesta,
himpunan kosong, komplemen
himpunan, dan melakukan operasi biner pada himpunan menggunakan masalah
kontekstual
|
4.4 Menyelesaikan masalah kontekstual
yang berkaitan dengan himpunan,
himpunan bagian, himpunan
semesta, himpunan
kosong, komplemen
himpunan dan operasi biner pada himpunan
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.5
Menjelaskan
bentuk
aljabar
dan melakukan operasi
pada bentuk
aljabar (penjumlahan, pengurangan,
perkalian, dan pembagian)
|
4.5
Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan bentuk aljabar
dan operasi
pada bentuk
aljabar
|
3.6 Menjelaskan
persamaan dan
pertidaksamaan linear satu variabel dan
penyelesaiannya
|
4.6 Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan
persamaan dan
pertidaksamaan linear satu variabel
|
3.7 Menjelaskan
rasio dua besaran
(satuannya sama dan berbeda)
|
4.7 Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan
rasio dua besaran
(satuannya sama dan
berbeda)
|
3.8 Membedakan
perbandingan senilai
dan berbalik nilai dengan menggunakan tabel data, grafik, dan persamaan
|
4.8 Menyelesaikan masalah yang
berkaitan
dengan perbandingan senilai
dan berbalik
nilai
|
3.9
Mengenal
dan menganalisis berbagai
situasi
terkait aritmetika sosial
(penjualan, pembelian, potongan,
keuntungan, kerugian, bunga
tunggal, persentase, bruto, neto,
tara)
|
4.9
Menyelesaikan masalah berkaitan dengan aritmetika sosial
(penjualan,
pembelian, potongan, keuntungan, kerugian, bunga tunggal,
persentase, bruto, neto, tara)
|
3.10 Menganalisis hubungan
antar sudut sebagai akibat dari
dua garis sejajar yang
dipotong oleh garis
transversal
|
4.10 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan hubungan
antar sudut
sebagai
akibat dari
dua garis sejajar yang dipotong oleh
garis transversal
|
3.11 Mengaitkan rumus
keliling dan luas untuk
berbagai jenis
segiempat
(persegi, persegipanjang,
belahketupat, jajargenjang,
trapesium, dan
layang-layang)
dan segitiga
|
4.11 Menyelesaikan
masalah kontekstual yang
berkaitan
dengan luas dan
keliling segiempat (persegi,
persegipanjang, belahketupat,
jajargenjang, trapesium, dan
layang-
layang) dan
segitiga
|
3.12 Menganalisis hubungan antara data
dengan cara penyajiannya (tabel, diagram garis, diagram batang, dan
diagram lingkaran)
|
4.12 Menyajikan
dan menafsirkan data
dalam bentuk
tabel, diagram garis,
diagram batang, dan
diagram
lingkaran
|
KELAS VIII
MATEMATIKA
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
3. Memahami
dan menerapkan
pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
|
4. Mengolah, menyaji dan
menalar
dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari
di sekolah dan
sumber lain
yang sama dalam sudut pandang/teori
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1 Membuat generalisasi dari pola
pada barisan bilangan dan
barisan konfigurasi
objek
|
4.1 Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan
pola pada barisan bilangan dan barisan konfigurasi
objek
|
3.2 Menjelaskan
kedudukan
titik
dalam bidang koordinat
Kartesius yang
dihubungkan
dengan masalah kontekstual
|
4.2 Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan
kedudukan
titik dalam bidang koordinat
Kartesius
|
3.3 Mendeskripsikan dan manyatakan
relasi dan
fungsi dengan menggunakan berbagai representasi
(kata-kata, tabel, grafik, diagram, dan persamaan)
|
4.3 Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan relasi
dan fungsi
dengan menggunakan berbagai representasi
|
3.4 Menganalisis fungsi linear
(sebagai persamaan
garis lurus)
dan menginterpretasikan grafiknya
yang dihubungkan dengan
masalah kontekstual
|
4.4 Menyelesaikan masalah
kontekstual yang berkaitan
dengan
fungsi linear sebagai
persamaan garis lurus
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.5 Menjelaskan sistem persamaan linear dua variabel dan
penyelesaiannya yang dihubungkan
dengan masalah kontekstual
|
4.5
Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan
sistem
persamaan
linear dua variabel
|
3.6 Menjelaskan
dan membuktikan
teorema Pythagoras dan
tripel
Pythagoras
|
4.6 Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan
teorema
Pythagoras
dan tripel Pythagoras
|
3.7
Menjelaskan
sudut pusat, sudut keliling, panjang busur, dan
luas
juring lingkaran,
serta hubungannya
|
4.7
Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan
sudut pusat,
sudut keliling, panjang busur, dan luas juring lingkaran,
serta hubungannya
|
3.8
Menjelaskan garis singgung
persekutuan luar dan
persekutuan
dalam dua lingkaran
dan
cara melukisnya
|
4.8
Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan
garis singgung
persekutuan
luar dan persekutuan
dalam dua lingkaran
|
3.9 Membedakan
dan menentukan
luas permukaan dan
volume bangun
ruang
sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas)
|
4.9 Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan luas permukaan
dan volume bangun ruang
sisi datar (kubus, balok, prima dan
limas), serta gabungannya
|
3.10 Menganalisis data berdasarkan
distribusi data, nilai rata-rata,
median, modus, dan
sebaran data
untuk mengambil
kesimpulan,
membuat
keputusan, dan
membuat
prediksi
|
4.10 Menyajikan
dan menyelesaikan
masalah yang berkaitan
dengan
distribusi
data, nilai rata-rata, median, modus, dan
sebaran data
untuk mengambil
kesimpulan,
membuat
keputusan, dan
membuat
prediksi
|
3.11 Menjelaskan peluang
empirik
dan teoretik suatu
kejadian dari
suatu
percobaan
|
4.11
Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan
peluang empirik
dan teoretik
suatu kejadian dari suatu
percobaan
|
KELAS IX
MATEMATIKA
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
3. Memahami dan
menerapkan
pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
|
4. Mengolah, menyaji, dan menalar
dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari
di sekolah dan
sumber lain
yang sama dalam sudut pandang/teori
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1 Menjelaskan
dan melakukan operasi bilangan berpangkat bilangan rasional dan bentuk akar, serta sifat-sifatnya
|
4.1 Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan
sifat-sifat operasi
bilangan berpangkat
bulat dan
bentuk akar
|
3.2 Menjelaskan
persamaan kuadrat
dan karakteristiknya berdasarkan
akar-akarnya serta cara
penyelesaiannya
|
4.2 Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan
persamaan kuadrat
|
3.3
Menjelaskan
fungsi kuadrat
dengan menggunakan
tabel, persamaan, dan grafik
|
4.3 Menyajikan
fungsi kuadrat
menggunakan
tabel, persamaan,
dan grafik
|
3.4
Menjelaskan hubungan antara koefisien
dan diskriminan
fungsi
kuadrat dengan grafiknya
|
4.4
Menyajikan
dan menyelesaikan
masalah kontekstual
dengan
menggunakan
sifat-sifat fungsi
kuadrat
|
3.5
Menjelaskan
transformasi geometri
(refleksi, translasi, rotasi, dan dilatasi) yang dihubungkan dengan
masalah kontekstual
|
4.5 Menyelesaikan masalah
kontekstual yang berkaitan
dengan
transformasi geometri
(refleksi,
translasi, rotasi, dan dilatasi)
|
3.6
Menjelaskan dan menentukan kesebangunan dan kekongruenan
antar
bangun datar
|
4.6
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kesebangunan
dan kekongruenan antar bangun datar
|
3.7 Membuat generalisasi luas
permukaan
dan volume berbagai bangun ruang sisi lengkung (tabung, kerucut, dan bola)
|
4.7 Menyelesaikan masalah
kontekstual
yang berkaitan dengan luas permukaan dan volume bangun ruang sisi lengkung (tabung,
kerucut, dan bola), serta gabungan beberapa bangun ruang sisi lengkung
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar