Rabu, 08 April 2020

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR / KI KD MATEMATIKA SMP/MTS kelas 7 8 9


KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR MATEMATIKA  SMP/MTS

D. KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR MATEMATIKA  SMP/MTS

KELAS: VII
Tujuan
kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu, “Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu, “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya”.  Kedua  kompetensi  tersebut  dicapai  melalui  pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan  dan  pengembangan  kompetensi  sikap  dilakukan  sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.


KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
4.      Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR
3. Menjelaskan dan menentukan
urutan pada bilangan bulat (positif dan negatif) dan pecahan (biasa, campuran, desimal, persen)
4. Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan urutan beberapa bilangan bulat dan pecahan (biasa, campuran, desimal, persen)
3. Menjelaskan dan melakukan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan
dengan memanfaatkan berbagai sifat operasi
4. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung
bilangan bulat dan pecahan
3. Menjelaskan dan menentukan
representasi bilangan dalam bentuk bilangan berpangkat bulat positif dan negatif
4. Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan bilangan dalam bentuk bilangan berpangkat bulat positif dan negatif
3. Menjelaskan himpunan, himpunan
bagian, himpunan semesta, himpunan kosong, komplemen himpunan, dan melakukan operasi biner pada himpunan menggunakan masalah kontekstual
4. Menyelesaikan masalah kontekstual
yang berkaitan dengan himpunan, himpunan bagian, himpunan semesta, himpunan kosong, komplemen himpunan dan operasi biner pada himpunan




KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR
3. Menjelaskan bentuk aljabar dan melakukan operasi pada bentuk
aljabar (penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian)
4. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bentuk aljabar
dan operasi pada bentuk aljabar
3. Menjelaskan persamaan dan
pertidaksamaan linear satu variabel dan penyelesaiannya
4. Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel
3. Menjelaskan rasio dua besaran
(satuannya sama dan berbeda)
4. Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan rasio dua besaran
(satuannya sama dan berbeda)
3. Membedakan perbandingan senilai
dan berbalik nilai dengan menggunakan tabel data, grafik, dan persamaan
4. Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan perbandingan senilai dan berbalik nilai
3. Mengenal dan menganalisis berbagai situasi terkait aritmetika sosial
(penjualan, pembelian, potongan, keuntungan, kerugian, bunga tunggal, persentase, bruto, neto, tara)
4. Menyelesaikan masalah berkaitan dengan aritmetika sosial (penjualan,
pembelian, potongan, keuntungan, kerugian, bunga tunggal, persentase, bruto, neto, tara)
3.10 Menganalisis hubungan antar sudut sebagai akibat dari dua garis sejajar yang dipotong oleh garis transversal
4.10 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan hubungan antar sudut sebagai akibat dari dua garis sejajar yang dipotong oleh garis transversal
3.11 Mengaitkan rumus keliling dan luas untuk berbagai jenis segiempat
(persegi, persegipanjang, belahketupat, jajargenjang, trapesium, dan layang-layang) dan segitiga
4.11 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan luas dan
keliling segiempat (persegi, persegipanjang, belahketupat, jajargenjang, trapesium, dan layang- layang) dan segitiga
3.12 Menganalisis hubungan antara data dengan cara penyajiannya (tabel, diagram garis, diagram batang, dan diagram lingkaran)
4.12 Menyajikan dan menafsirkan data dalam bentuk tabel, diagram garis, diagram batang, dan diagram lingkaran





KELAS VIII MATEMATIKA

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3.       Memahami dan menerapkan
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.       Mengolah, menyaji dan menalar
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR
3.1     Membuat generalisasi dari pola
pada barisan bilangan dan barisan konfigurasi objek
4.1     Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan pola pada barisan bilangan dan barisan konfigurasi objek
3.2     Menjelaskan kedudukan titik
dalam bidang koordinat Kartesius yang dihubungkan dengan masalah kontekstual
4.2     Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan kedudukan titik dalam bidang koordinat Kartesius
3.3     Mendeskripsikan dan manyatakan
relasi dan fungsi dengan menggunakan berbagai representasi (kata-kata, tabel, grafik, diagram, dan persamaan)
4.3     Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan relasi dan fungsi dengan menggunakan berbagai representasi
3.4     Menganalisis  fungsi linear
(sebagai persamaan garis lurus) dan menginterpretasikan grafiknya yang dihubungkan dengan masalah kontekstual
4.4     Menyelesaikan masalah
kontekstual yang berkaitan dengan fungsi linear sebagai persamaan garis lurus


KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR
3.5     Menjelaskan sistem persamaan linear dua variabel dan
penyelesaiannya yang dihubungkan dengan masalah kontekstual
4.5     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sistem
persamaan linear dua variabel
3.6     Menjelaskan dan membuktikan
teorema Pythagoras dan tripel
Pythagoras
4.6     Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan teorema
Pythagoras dan tripel Pythagoras
3.7     Menjelaskan sudut pusat, sudut keliling, panjang busur, dan luas juring lingkaran, serta hubungannya
4.7     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sudut pusat, sudut keliling, panjang busur, dan luas juring lingkaran, serta hubungannya
3.8     Menjelaskan garis singgung persekutuan luar dan persekutuan
dalam dua lingkaran dan cara melukisnya
4.8     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan garis singgung
persekutuan luar dan persekutuan dalam dua lingkaran
3.9     Membedakan dan menentukan
luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas)
4.9     Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prima dan limas), serta gabungannya
3.10   Menganalisis data berdasarkan
distribusi data, nilai rata-rata, median, modus, dan sebaran data untuk mengambil kesimpulan, membuat keputusan, dan membuat prediksi
4.10   Menyajikan dan menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan distribusi data, nilai rata-rata, median, modus, dan sebaran data untuk mengambil kesimpulan, membuat keputusan, dan membuat prediksi
3.11   Menjelaskan peluang empirik dan teoretik suatu kejadian dari suatu
percobaan
4.11   Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang empirik
dan teoretik suatu kejadian dari suatu percobaan



















            KELAS IX MATEMATIKA

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3.       Memahami dan menerapkan
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.       Mengolah, menyaji, dan menalar
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori



KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR
3.1     Menjelaskan dan melakukan operasi bilangan berpangkat bilangan rasional dan bentuk akar, serta sifat-sifatnya
4.1     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sifat-sifat operasi bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar
3.2     Menjelaskan persamaan kuadrat
dan karakteristiknya berdasarkan akar-akarnya serta cara penyelesaiannya
4.2     Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan persamaan kuadrat
3.3     Menjelaskan fungsi kuadrat     dengan menggunakan tabel, persamaan, dan grafik
4.3     Menyajikan fungsi kuadrat
menggunakan tabel, persamaan,
dan grafik
3.4     Menjelaskan hubungan antara koefisien dan diskriminan fungsi
kuadrat dengan grafiknya
4.4     Menyajikan dan menyelesaikan masalah kontekstual dengan
menggunakan sifat-sifat fungsi kuadrat
3.5     Menjelaskan transformasi        geometri
(refleksi, translasi, rotasi, dan dilatasi) yang dihubungkan dengan masalah kontekstual
4.5     Menyelesaikan masalah
kontekstual yang berkaitan dengan transformasi geometri (refleksi, translasi, rotasi, dan dilatasi)
3.6     Menjelaskan dan menentukan kesebangunan dan kekongruenan
antar bangun datar
4.6     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kesebangunan
dan kekongruenan antar bangun datar
3.7     Membuat generalisasi luas
permukaan dan volume berbagai bangun ruang sisi lengkung (tabung, kerucut, dan bola)
4.7     Menyelesaikan masalah
kontekstual yang berkaitan dengan luas permukaan dan volume bangun ruang sisi lengkung (tabung, kerucut, dan bola), serta gabungan beberapa bangun ruang sisi lengkung





Tidak ada komentar:

Posting Komentar