I. KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR PRAKARYA
KELAS: VII
A. KERAJINAN
Tujuan kurikulum
mencakup empat kompetensi,
yaitu (1)
kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan.
Kompetensi tersebut dicapai melalui
proses pembelajaran intrakurikuler,
kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual adalah “Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial
adalah “Menunjukan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, dan percaya
diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan
keberadaannya”. Kedua kompetensi
tersebut dicapai melalui
pembelajaran tidak langsung (indirect
teaching),
yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran,
serta kebutuhan dan kondisi siswa.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses
pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam
mengembangkan karakter siswa lebih
lanjut.
Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi
Keterampilan dirumuskan sebagai berikut, yaitu siswa mampu:
|
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
|
|
|
3. memahami
pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu
pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata
|
4. mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari
di sekolah dan
sumber lain
yang sama dalam sudut pandang/teori
|
||
|
|
|||
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
||
|
3.1 memahami pengetahuan
tentang jenis, sifat,
karakter, dan teknik pengolahan serat
dan tekstil
|
4.1 memilih jenis
bahan dan teknik pengolahan serat/tekstil yang
sesuai dengan
potensi daerah setempat (misalnya rumput/ ilalang, kapas, bulu domba, kulit
kayu, kain, tali
plastik
dan lain-lain)
|
||
|
3.2 memahami pengetahuan
tentang prinsip
perancangan, pembuatan,
dan penyajian
produk kerajinan dari
bahan serat
dan tekstil
yang kreatif dan
inovatif
|
4.2 merancang, membuat, dan
menyajikan
produk kerajinan dari
bahan serat/tekstil
yang kreatif dan
inovatif,
sesuai dengan potensi daerah
setempat (misalnya rumput/ilalang, kapas, bulu
domba,
kulit kayu, kain, tali
plastik dan
lain-lain)
|
||
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
|
3.3 memahami pengetahuan
tentang jenis, sifat, karakter, dan teknik pengolahan kertas dan
plastik
lembaran
|
4.3 memilih jenis
bahan dan teknik pengolahan kertas dan plastik lembaran yang sesuai dengan potensi daerah
setempat
|
|
3.4 memahami pengetahuan tentang
prinsip perancangan, pembuatan dan
penyajian
produk kerajinan dari
bahan kertas dan
plastik
lembaran
yang kreatif dan inovatif
|
4.4 merancang, membuat, dan
menyajikan produk
kerajinan
dari bahan kertas
dan plastik
lembaran
yang kreatif dan inovatif, sesuai
dengan potensi
daerah setempat
|
REKAYASA KLS VII
|
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
|
3. memahami
pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu
pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian
tampak mata
|
4. mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat)
dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan
sumber lain
yang sama dalam sudut pandang/teori
|
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
|
3.1
memahami wawasan teknologi, perkembangan
teknologi,
keselamatan kerja, sketsa, dan
gambar teknik
|
4.1 membuat
sketsa dan gambar teknik
dari suatu rancangan produk
|
|
3.2 memahami jenis, karakteristik, kekuatan
bahan, serta peralatan
kerja pengolahnya
|
4.2 membuat produk sederhana
menggunakan peralatan
kerja sesuai
dengan jenis, karakteristik, dan kekuatan
bahan
|
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
|
3.3
memahami jenis-jenis dan
fungsi teknologi
konstruksi
|
4.3
memanipulasi jenis-jenis dan
fungsi teknologi
konstruksi
|
|
3.4 memahami sistem, jenis, serta karakteristik
persambungan dan
penguatan
pada konstruksi
|
4.4 membuat produk teknologi
konstruksi dengan
memanfaatkan potensi yang ada di lingkungan sekitar
|
BUDI DAYA KLS
VII
|
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
|
3. memahami
pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu
pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian
tampak mata
|
4. mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat)
dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan
sumber lain
yang sama dalam sudut pandang/teori
|
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
|
3.1
memahami komoditas tanaman sayuran yang dapat dikembangkan
sesuai kebutuhan
wilayah setempat
|
4.1
menentukan komoditas
tanaman sayuran yang
akan dibudidayakan sesuai
kebutuhan wilayah
|
|
3.2
memahami tahapan budidaya tanaman sayuran
|
4.2
mempraktikkan tahapan budidaya
tanaman sayuran
|
|
3.3
memahami komoditas tanaman obat yang
dapat dikembangkan sesuai
kebutuhan wilayah setempat
|
4.3
menentukan komoditas
tanaman obat yang akan dibudidayakan
sesuai kebutuhan
wilayah
|
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
|
3.4 memahami tahapan
budidaya tanaman
obat
|
4.4 mempraktikkan
tahapan budidaya
tanaman obat
|
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
|
3.4 memahami tahapan
budidaya tanaman
obat
|
4.4 mempraktikkan
tahapan budidaya
tanaman obat
|
PENGOLAHAN KLS
VII
|
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
|
3. memahami
pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu
pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian
tampak mata
|
4. mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat)
dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan
sumber lain
yang sama dalam sudut pandang/teori
|
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
|
3.1
memahami rancangan pembuatan, penyajian dan
pengemasan
bahan pangan buah segar menjadi
makanan
dan minuman yang
ada di
wilayah
setempat
|
4.1
mengolah
bahan pangan
buah
segar menjadi makanan
dan minuman sesuai
pengetahuan
rancangan dan bahan yang ada di wilayah
setempat
|
|
3.2
memahami rancangan pembuatan, penyajian dan
pengemasan
bahan hasil samping buah menjadi
produk pangan yang
ada di wilayah setempat
|
4.2
mengolah, menyaji, dan
mengemas bahan hasil
samping buah menjadi produk
pangan yang ada di wilayah
setempat
|
|
3.3
memahami
rancangan
pengolahan ,
penyajian dan
pengemasan
bahan pangan sayuran
menjadi
makanan dan minuman
kesehatan yang
ada di wilayah setempat
|
4.3 mengolah, menyaji, dan mengemas bahan pangan sayuran
menjadi makanan
dan minuman
kesehatan yang
ada di wilayah setempat
|
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
|
3.4
memahami rancangan pengolahan, penyajian, dan
pengemasan
bahan hasil samping
sayuran menjadi
produk pangan yang
ada di wilayah setempat
|
4.4
mengolah, menyaji dan
mengemas bahan hasil
samping sayuran menjadi produk pangan yang
ada di wilayah setempat
|
KELAS VIII
KERAJINAN
|
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
|
3. memahami
dan menerapkan
pengetahuan
(faktual, konseptual,
dan prosedural)
berdasarkan
rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
|
4. mengolah, menyaji, dan
menalar
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat)
dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan
sumber lain
yang sama dalam sudut pandang/teori
|
|
|
|
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
|
3.1
memahami pengetahuan
tentang jenis, sifat,
karakter dan
teknik pengolahan bahan lunak (misalnya tanah liat, getah,
lilin, clay
polimer,
clay
tepung, plastisin, parafin, gips
dan lain-lain)
|
4.1
memilih jenis
bahan dan teknik pengolahan bahan lunak
yang sesuai dengan
potensi daerah
setempat (misalnya tanah liat, getah, lilin, clay
polimer, clay tepung, plastisin, parafin, gips dan lain-lain)
|
|
3.2
memahami pengetahuan tentang
prinsip perancangan, pembuatan,
dan penyajian
produk kerajinan dari
bahan lunak
yang kreatif dan
inovatif
|
4.2
perancangan, pembuatan
dan penyajian produk kerajinan dari
bahan lunak
yang kreatif dan inovatif, sesuai dengan potensi daerah
setempat (misalnya tanah
liat, getah,
lilin, clay polimer, clay tepung, plastisin, parafin, gips dan
lain-lain)
|
|
3.3 memahami pengetahuan
tentang jenis, sifat,
karakter dan
teknik pengolahan kerang, kaca, keramik dan
botol plastik
|
4.3 memilih jenis
bahan dan teknik pengolahan
kerang, kaca, keramik
dan botol plastik yang sesuai
dengan
potensi
daerah setempat
|
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
|
3.4
memahami pengetahuan
tentang prinsip
perancangan, pembuatan
dan penyajian produk kerajinan dari
kerang, kaca, keramik dan botol plastik yang kreatif dan
inovatif
|
4.4
perancangan, pembuatan, dan
penyajian produk kerajinan dari
kerang, kaca, keramik dan botol plastik yang kreatif dan
inovatif sesuai
dengan potensi daerah
setempat
|
REKAYASA KLS
VIII
|
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
|
3. memahami dan
menerapkan pengetahuan
(faktual, konseptual,
dan prosedural)
berdasarkan
rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
|
4. mengolah, menyaji, dan
menalar
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat)
dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan
sumber lain
yang sama dalam sudut pandang/teori
|
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
|
3.1 memahami perkembangan,
peralatan, dan media pengantar teknologi
informasi
dan komunikasi
|
4.1 memanipulasi
sistem teknologi informasi
dan komunikasi
|
|
3.2 memahami penerapan jenis,
karakteristik, dan
istilah-istilah teknologi
informasi
dan komunikasi
|
4.2 membuat produk teknologi
informasi
dan komunikasi
dengan
menggunakan bahan-bahan
yang tersedia di sekitarnya
|
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
|
3.3
memahami sumber dan
permasalahan
air serta
perkembangan peralatan
penjernih
air
|
4.3
memanipulasi
sistem penjernih
air
|
|
3.4
memahami penerapan sistem
penyaringan air alami dan
buatan
|
4.4 membuat alat
penjernih
air dengan memanfaatkan
potensi yang
ada di lingkungan sekitar
|
BUDIDAYA KLAS
VIII
|
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
|
3. memahami
dan menerapkan
pengetahuan
(faktual, konseptual,
dan prosedural)
berdasarkan
rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
|
4. mengolah, menyaji, dan
menalar
dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat)
dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan
sumber lain
yang sama dalam sudut pandang/teori
|
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
|
3.1
memahami komoditas ternak
kesayangan (kelinci, hamster, burung,
ayam hias, reptil, kucing,
dan lain-lain)
yang dapat dikembangkan
sesuai kebutuhan wilayah setempat
|
4.1
menentukan komoditas
ternak
kesayangan (kelinci, hamster, burung,
ayam hias, reptil, kucing,
dan lain-lain)
yang dapat dikembangkan
sesuai kebutuhan wilayah setempat
|
|
3.2
memahami kebutuhan dan
karakteristik
sarana dan peralatan
budidaya ternak
kesayangan
(kelinci, hamster, burung, ayam
hias, reptil, kucing, dan
lain-lain)
|
4.2
mempersiapkan sarana dan
peralatan budidaya ternak
kesayangan (kelinci, hamster, burung,
ayam hias, reptil, kucing,
dan lain-lain)
|
|
3.3
memahami tahapan
budidaya ternak
kesayangan (kelinci, hamster, burung,
ayam hias, reptil, kucing,
dan lain-lain)
|
4.3
mempraktikkan tahapan budidaya
ternak
kesayangan
(kelinci, hamster,
burung, ayam hias, reptil, kucing,
dan lain-lain)
|
|
3.4
menganalisis komoditas
satwa harapan (jangkrik, kroto, ulat
sutra, cacing, bekicot, dan lain-lain) yang
dapat dikembangkan sesuai
kebutuhan wilayah setempat
|
4.4
menerapkan
komoditas satwa harapan (jangkrik, kroto, ulat sutra,
cacing, bekicot, dan lain-lain) yang
dapat dikembangkan sesuai
kebutuhan wilayah setempat
|
|
3.5
memahami kebutuhan dan karakteristik
sarana dan peralatan
budidaya satwa harapan
(jangkrik, kroto, ulat
sutra, cacing, bekicot, dan
lain-lain)
|
4.5
menentukan sarana dan peralatan
ternak
satwa harapan (jangkrik,
kroto, ulat
sutra, cacing, bekicot, dan
lain-lain)
|
|
3.6
memahami
tahapan budidaya
satwa harapan (jangkrik, kroto, ulat
sutra, cacing, bekicot, dan
lain-lain)
|
4.6
mempraktikkan budidaya satwa harapan (jangkrik, kroto, ulat
sutra, cacing, bekicot, dan lain-lain)
|
PENGOLAHAN KLS
VIII
|
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
|
3. memahami
dan menerapkan
pengetahuan
(faktual, konseptual,
dan prosedural)
berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
|
4. mengolah, menyaji, dan
menalar
dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat)
dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang)
sesuai
dengan yang dipelajari
di
sekolah dan
sumber lain
yang sama dalam sudut pandang/teori
|
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
|
3.1 menganalisis rancangan
pembuatan,
penyajian dan
pengemasan
bahan pangan serealia, kacang-kacangan
dan umbi menjadi
makanan dan
atau minuman
yang ada wilayah
setempat
|
4.1
mengolah, menyaji
dan mengemas
bahan pangan serealia, kacang-
kacangan dan umbi yang
ada di wilayah setempat
menjadi makanan
dan atau minuman sesuai
rancangan
|
|
3.2
menganalisis rancangan pembuatan, penyajian, dan pengemasan bahan pangan serealia, kacang-kacangan,
dan umbi yang ada di wilayah
setempat
menjadi produk
pangan setengah jadi
|
4.2
mengolah, menyaji
dan mengemas
bahan pangan serealia, kacang-
kacangan dan umbi yang ada di wilayah setempat menjadi
bahan pangan setengah jadi
|
|
3.3 menganalisis rancangan pembuatan, penyajian, dan pengemasan bahan pangan setengah jadi dari
bahan serealia, kacang-kacangan, dan
umbi yang ada di
wilayah
setempat
menjadi produk pangan jadi (siap
konsumsi)
|
4.3 mengolah, menyaji
dan mengemas
bahan pangan setengah jadi dari
bahan serealia, kacang-kacangan,
dan umbi yang ada di wilayah
setempat
menjadi produk pangan
jadi
(siap konsumsi)
|
|
3.4 memahami rancangan pembuatan, penyajian dan
pengemasan
bahan hasil samping
pengolahan
serealia,
kacang-kacangan dan umbi menjadi
produk pangan yang
ada wilayah
setempat
|
4.4 membuat,
menyaji dan mengemas bahan hasil
samping pengolahan
serealia, kacang-kacangan dan
umbi
menjadi produk
pangan yang ada wilayah setempat
|
KELAS
IX PRAKARYA
KERAJINAN
|
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
|
3. memahami dan
menerapkan
pengetahuan
(faktual, konseptual,
dan prosedural)
berdasarkan
rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
|
4. mengolah, menyaji, dan menalar
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat)
dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang)
sesuai dengan yang
dipelajari
di
sekolah dan
sumber lain
yang sama dalam sudut pandang/teori
|
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
|
3.1
memahami pengetahuan
tentang jenis, sifat,
karakter, dan teknik pengolahan bahan kayu (misalnya
ranting, papan, dan balok), bambu,
dan atau rotan
|
4.1
memilih jenis
bahan dan teknik pengolahan bahan kayu (misalnya ranting, papan, dan balok), bambu,
dan atau rotan yang
sesuai dengan
potensi
daerah setempat
|
|
3.2
menganalisis prinsip
perancangan, pembuatan, dan penyajian produk kerajinan
dari bahan kayu, bambu, dan
atau rotan
yang kreatif dan
inovatif
|
4.2
merancang,
membuat, dan
menyajikan produk
kerajinan
dari bahan kayu, bambu, dan atau rotan yang
kreatif dan inovatif sesuai dengan potensi
daerah setempat
|
|
3.3 memahami pengetahuan
tentang jenis, sifat,
karakter, dan teknik pengolahan bahan logam, batu, dan
atau plastik
|
4.3 memilih jenis
bahan dan teknik pengolahan bahan logam, batu, dan
atau plastik yang sesuai dengan potensi daerah
setempat
|
|
3.4 menganalisis prinsip perancangan, pembuatan, dan penyajian produk kerajinan
dari bahan logam, batu,
dan atau plastik
yang kreatif dan inovatif
|
4.4 merancang, membuat, dan menyajikan produk kerajinan dari
bahan logam, batu, dan atau plastik
yang kreatif dan inovatif sesuai
dengan potensi
daerah setempat
|
REKAYASA
KLS IX
|
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
|
3. memahami dan
menerapkan
pengetahuan
(faktual, konseptual,
dan prosedural)
berdasarkan
rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
|
4. mengolah, menyaji, dan menalar
dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat)
dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang)
sesuai
dengan yang dipelajari
di sekolah dan
sumber lain
yang sama dalam sudut pandang/teori
|
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
|
3.1
menganalisis prinsip kelistrikan dan
sistem instalasi listrik rumah tangga
|
4.1 membuat desain konstruksi instalasi listrik rumah
tangga
|
|
3.2
menganalisis instalasi listrik
rumah tangga
|
4.2
membuat instalasi
listrik rumah
tangga
|
|
3.3 menganalisis dasar-dasar sistem elektronika analog, elektronika digital, dan
sistem pengendali
|
4.3
memanipulasi
sistem pengendali
|
|
3.4
menganalisis penerapan sistem
pengendali elektronik
|
4.4
membuat alat
pengendali elektronik
|
BUDI
DAYA IX
|
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
|
3. memahami dan
menerapkan
pengetahuan
(faktual, konseptual,
dan prosedural)
berdasarkan
rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
|
4. mengolah, menyaji, dan menalar
dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat)
dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang)
sesuai
dengan yang dipelajari
di sekolah dan
sumber lain
yang sama dalam sudut pandang/teori
|
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
|
3.1 memahami komoditas ikan
konsumsi yang dapat dikembangkan
sesuai kebutuhan
wilayah setempat
|
4.1
menentukan komoditas
ikan
konsumsi yang dapat dikembangkan
sesuai kebutuhan
wilayah setempat
|
|
3.2
memahami
sarana dan peralatan
untuk budidaya ikan konsumsi
|
4.2 menyiapkan sarana dan peralatan
untuk budidaya ikan konsumsi
|
|
3.3
memahami tahapan
budidaya
(pembesaran) ikan konsumsi
|
4.3
mempraktikkan budidaya
(pembesaran) ikan
konsumsi
|
|
3.4 memahami komoditas ikan hias yang
dapat dikembangkan sesuai
kebutuhan wilayah setempat
|
4.4 menentukan komoditas
ikan
hias yang
dapat dikembangkan sesuai
kebutuhan wilayah setempat
|
|
3.5 memahami
sarana dan peralatan untuk
budidaya ikan hias
|
4.5 mengembangkan sarana dan peralatan
untuk budidaya ikan hias
|
|
3.6
memahami tahapan
budidaya
(pembesaran)
ikan
hias
|
4.6
mempraktikkan budidaya
(pembesaran) ikan hias
|
PENGOLAHAN
IX
|
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
|
3. memahami dan
menerapkan
pengetahuan
(faktual, konseptual,
dan prosedural)
berdasarkan
rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
|
4. mengolah, menyaji, dan menalar
dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat)
dan ranah abstrak
(menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan
mengarang)
sesuai
dengan yang dipelajari
di sekolah dan
sumber lain
yang sama dalam sudut pandang/teori
|
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
|
3.1
memahami pengetahuan
tentang prinsip
perancangan, pembuatan,
penyajian, dan pengemasan hasil peternakan (daging, telur, susu) dan
perikanan (ikan, udang, cumi,
rumput
laut) menjadi makanan
yang ada di wilayah setempat
|
4.1 m
engolah
bahan pangan
hasil peternakan (daging, telur, susu)
dan perikanan (ikan, udang, cumi,
rumput
laut) yang ada di wilayah setempat menjadi
makanan serta
menyajikan atau melakukan
pengemasan
|
|
3.2
menganalisis prinsip perancangan, pembuatan, penyajian, dan pengemasan
bahan pangan hasil peternakan (daging, telur, susu) dan perikanan (ikan, udang, cumi, rumput laut)
menjadi
produk
pangan setengah jadi yang
ada di wilayah setempat
|
4.2 membuat
bahan pangan
setengah jadi dari
bahan pangan
hasil peternakan (daging, telur, susu) dan
perikanan (ikan, udang, cumi,
rumput
laut) yang
ada di wilayah setempat serta menyajikan
atau melakukan
pengemasan
|
|
3.3 menganalisis
prinsip perancangan,
pembuatan, penyajian, dan
pengemasan bahan
pangan setengah jadi dari
hasil peternakan
(daging, telur, susu)
dan perikanan (ikan, udang, cumi, rumput
laut) menjadi
produk pangan jadi (siap konsumsi) yang
ada di wilayah setempat
|
4.3 membuat
bahan pangan
setengah jadi dari
hasil peternakan (daging,telur, susu) dan
perikanan
(ikan, udang,cumi, rumput
laut)
menjadi produk pangan jadi (siap
konsumsi)
serta menyajikan atau melakukan
pengemasan
|
|
3.4
menganalisis rancangan pembuatan, penyajian, dan pengemasan bahan hasil samping dari
pengolahan
hasil
|
4.4 mengolah bahan
hasil samping dari pengolahan hasil peternakan
(daging, telur, susu) dan perikanan
|
|
peternakan (daging, telur, susu)
dan perikanan (ikan, udang, cumi,
rumput laut)
menjadi
produk pangan
yang ada di wilayah
setempat
|
(ikan, udang,
cumi, rumput laut)
yang ada di wilayah setempat
menjadi produk pangan serta
menyajikan
atau melakukan
pengemasan
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar